Bangkit dari Bangkrut, Ini Kisah Sukses Kattoen Brand Lokal Asal Malang

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 26 Oktober 2021 - 08:42 WIB

Sempat Dikira dari Jakarta, Begini Kisah Berdirinya Kattoen
Sempat Dikira dari Jakarta, Begini Kisah Berdirinya Kattoen

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Jaman modern saat ini, kata Clothing Line bukanlah lagi kata yang asing di telinga kita, terutama bagi yang mengikuti perkembangan fashion. Di Indonesia, seiring industri fashion yang terus berkembang dan banyak brand luar negeri yang berinvestasi di bidang ini, membuat bisnis clothing inline semakin diminati, sehingga banyak anak muda yang menggeluti bidang ini sebagai bisnis. Salah satunya adalah Kattoen yang bisa kita temukan di kota Malang.

Berawal tanpa kesengajaan, muncul sebuah brand fashion bernama “Kattoen” di Malang. Sebelum memiliki nama besar seperti sekarang, ada perjuangan luar biasa yang dilalui sang owner. Kisah ini bisa menjadi inspirasi anak muda yang sedang membangun bisnis dan ingin memajukan produk lokal.

Kattoen memulai bisnisnya dengan tujuan agar orang lain bisa membuat brand dengan lebih mudah. Mereka memilih kaos polos sebagai produk utamanya. Awalnya mereka belum terpikir soal nama, namun kemudian tercetuslah nama “Kattoen” setelah hampir setahun berjalan. Nama tersebut kini sudah terdaftar di HAKI.

Setelah berjalan 2 tahun, Kattoen memberanikan diri membuat event berskala kecil di Malang Town Square. Brand kaos polos ini kemudian dikenal berkat sering mengikuti event. Namun sayangnya bisnis mereka jadi sangat bergantung pada event yang diadakan. “Waktu awal 2015 sampai 2017 kita itu sudah kesulitan dari sisi penjualan. Kita baru bisa hidup kalau ikut event. Hidup kita di event. Kalau tidak ikut event, selesai (bangkrut),” ungkap Rizky, owner Kattoen.

Di tengah kondisi yang semakin sulit, tepatnya di bulan November 2017, Kattoen mengalami kerugian hingga ratusan juta. Tidak ada Modal lagi untuk melanjutkan bisnisnya, namun ada kewajiban yang tetap harus dipenuhi, Rizky berusaha mencari solusi. untuk menguatkan diri, Ia kemudian mencari cara untuk bangkit dari bangkrut di internet. Dari situ ia melihat berbagai macam penawaran, salah satunya adalah internet marketing.

“Saya beranikan diri untuk belajar online. Saya cuma punya waktu belajar sebulan. Desember awal saya mulai belajar, 2018 langsung saya praktekkan,” tuturnya.

Belajar dari kegagalan sebelumnya, Kattoen menyadari bahwa sebagian besar konsumennya berasal dari luar Malang. Konsumen Kattoen tersebar di berbagai kota di Indonesia, mulai  Aceh hingga Papua. Meski tidak banyak, pelanggan mereka juga ada yang berasal dari luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura.

Kattoen mencapai puncak tertingginya pada tahun 2019. Tapi lagi-lagi harus berjuang akibat diterpa Covid-19 pada Agustus 2020. Penjualan yang awalnya lebih banyak melalui website, kemudian beralih ke marketplace.

Untungnya Kattoen masih dapat bertahan dengan mengandalkan bisnis kaos polos. Mereka mengamati setiap konsumen yang membeli produknya, kemudian menjadikannya sebagai peluang baru.

“Kebanyakan orang yang membeli di kita itu karena untuk mengoleksi warna,” ungkapnya. Di lansir dari @kattoen, brand local ini masih terus berinovasi dengan produk yang ditawarkannya. Brand lokal asal Malang ini akan membuat produk yang eksklusif, hanya mereka yang memiliki produk tersebut.

“Kita ingin menyediakan warna yang hanya kita yang jual. Kita mengeluarkan series 5 sampai 10 warna, tapi cuma kita yang jual,” bebernya.

Banyaknya orang yang mengenal Kattoen lewat event, membuat banyak yang mengira brand ini berasal dari Ibukota, nyatanya ini adalah brand lokal asal Malang yang sukses menjalankan bisnis clothing line.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kelola Minyak Mentah Dalam Negeri, Pangkas Impor dan Tingkatkan Kemandirian Energi

Kamis, 30 Januari 2025 - 08:50 WIB

Bahlil: Kelola Minyak Mentah Dalam Negeri, Pangkas Impor dan Tingkatkan Kemandirian Energi

Jakarta - Pemerintah Indonesia terus menunjukkan komitmen kuat dalam meningkatkan kemandirian energi nasional.

Apple (Ist)

Kamis, 30 Januari 2025 - 08:22 WIB

Lika-liku Izin Edar iPhone 16, Kemenperin: Tergantung Keputusan Apple

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menegaskan hingga saat ini belum menerima revisi proposal Apple pasca negosiasi tanggal 7 Januari 2025 lalu.

Ilustrasi Anggota Polri/ Brimob (Foto Ist)

Rabu, 29 Januari 2025 - 20:40 WIB

Memahami Secara Utuh Hasil Survei Litbang Kompas Terkait Citra Positif Polri

Jakarta-Hasil survei Litbang Kompas menempatkan Polri sebagai institusi negara dengan citra positif sebesar 65,7 persen. Angka tersebut merupakan yang paling rendah bila dibandingkan dengan…

Motor Listrik Polytron

Rabu, 29 Januari 2025 - 16:58 WIB

Polytron Hadirkan Program Diskon Spesial Imlek Rp5.000.000 Untuk Setiap Pembelian Motor Listrik

Menjelang ulang tahun ke-50 dan dalam momentum tahun baru Imlek 2025, Polytron menghadirkan promo spesial berupa potongan harga senilai Rp5.000.000 untuk setiap pembelian motor listrik.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Rabu, 29 Januari 2025 - 16:46 WIB

Kirim Uang Ke Luar Negeri Makin Mudah Lewat Fitur Kirim Uang di Pegadaian Digital

Fitur ini di Inisiasi oleh Pegadaian melihat tingginya layanan transfer uang lintas negara yang dilakukan oleh Warga Negara Indonesia ke luar negeri.