Kata Psikolog: Cara Cegah Remaja Terlibat Geng Motor

Oleh : Irvan AF | Rabu, 31 Mei 2017 - 13:46 WIB

Ilustrai geng motor. (Foto: IST)
Ilustrai geng motor. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Psikolog dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jane Cindy MPsi Psi mengatakan orang tua yang bisa menjadi panutan atau "role model" yang baik bagi anak-anaknya dapat mencegah remaja terpengaruh bergabung dengan geng motor.

"Orang tua perlu menerapkan pola komunikasi yang baik dan kualitas hubungan yang positif dengan anak," kata Jane dihubungi di Jakarta, Rabu.

Selain itu, orang tua perlu mengarahkan anak remajanya untuk mengikuti kegiatan yang positif bersama dengan teman sebayanya seperti kegiatan olahraga maupun seni seperti grup musik.

Bila remaja sudah terlanjur terpengaruh bahkan menjadi anggota geng motor, Jane menyarankan orang tua untuk membawa anaknya berkonsultasi dengan tenaga profesional seperti psikolog untuk mengetahui kondisi anaknya secara lebih mendalam.

"Penerimaan dari kedua orang tua terhadap kondisi yang dialami anak serta langkah selanjutnya adalah dengan memperbaiki pola komunikasi dan kualitas hubungan antara orang tua dengan anak," tuturnya.

Jane mengatakan seorang remaja tidak akan terpengaruh untuk ikut-ikutan menjadi anggota geng motor selama memiliki konsep diri yang berkembang baik dan perkembangan identitas diri yang positif.

"Remaja yang memiliki kualitas hubungan dan komunikasi yang baik dengan orang tua serta lingkungan teman sebaya yang positif juga relatif tidak akan ikut-ikutan bergabung dengan geng motor," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sebanyak 220 agen propolis wisata ke Mesir bersama Ippho Santosa dan Oki Setiana Dewi.

Sabtu, 28 September 2024 - 20:34 WIB

Distributor Propolis Berwisata ke Mesir

Dipimpin pendiri British Propolis, Ippho Santosa, Sebanyak 220 orang agen propolis mendapat kesempatan melakukan perjalanan wisata eksklusif ke Mesir.

Presiden Jokowi menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana yang disematkan oleh Panglima TNI jenderal Agus Subiyanto di KRI RJW-992

Sabtu, 28 September 2024 - 20:31 WIB

Panglima TNI Sematkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana Kepada Presiden Joko Widodo di KRI RJW-992

(Puspen TNI) - Presiden Joko Widodo menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang digelar di atas geladak KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW-992), Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok,…

Ilustrasi Bermain Gadget (ist)

Sabtu, 28 September 2024 - 19:28 WIB

Dorong Penjualan Q3/2024, Erajaya Gelar Festival Belanja Erafone

Erajaya Digital tengah menggenjot penjualannya selama periode kuartal tiga tahun 2024. Salah satu upaya yang dilakukan melalui Festival Belanja Erafone 2024.

GIIAS Bandung 2024 hadirkan area permainan yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang membawa keluarga mulai dari anak-anak maupun orang dewasa.

Sabtu, 28 September 2024 - 19:06 WIB

Akhir Pekan di GIIAS Bandung 2024, Jelajahi Inovasi Hingga Hiburan Menarik

Seri pameran otomotif GIIAS Bandung 2024 memasuki dua hari terakhir penyelenggaraanya di Sudirman Grand Ballroom. Antusiasme pengunjung untuk menghabiskan akhir pekan dengan melihat inovasi…

Sandiaga Uno Menparekraf saat di IDEAward

Sabtu, 28 September 2024 - 18:21 WIB

IDeaward 2024 Mengapresiasi Kreativitas dan Inovasi Bangsa

Malam penganugerahan IDeaward 2024 yang diadakan di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, menjadi ajang penghargaan paling bergengsi dalam menghormati instansi dan individu yang memberikan…