Manfaatkan Media Sosial untuk Membangun Relasi dan untuk Menambah Pengetahuan
Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 07 Oktober 2021 - 20:00 WIB
Ilustrasi Bermain Medsos (Ist)
INDUSTRY.co.id - Pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia terbilang signifikan. Kini sudah ada 202,6 juta pengguna dengan pertumbuhan 27 juta selama pandemi berlangsung. Sebanyak 170 juta pengguna diketahui sudah aktif di media sosial dengan rata-rata durasi 3 jam 14 menit per hari.
Dengan fakta tersebut masyarakat Indonesia sudah dapat dikatakan melek digital dan penguasaan dalam menggunakan media sosial termasuk dalam digital skills yang harus dimiliki saat ini. Pada dasarnya media sosial merupakan tempat untuk berinteraksi, berhubungan dengan orang lain sehingga memiliki jaringan pertemana baru untuk dimanfaatkan maupun dijadikan sebagai peluang.
“Digital skills sendiri merupakan hal-hal yang diperlukan dalam menggunakan perangkat digital, aplikasi komunikasi dan jaringan untuk mengakses, mengelola informasi,” kata DJ Arie, seorang Broadcast Trainer & Communication Coach saat menjadi nara sumber di webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.
Digital skills tersebut meliputi hal dasar seperti menggunakan browser, menghubungkan ke internet dan menjaga keamanan akun. Hingga digital skills untuk berkomunikasi, bertransaksi serta kemampuan lainnya untuk digital marketing yang kini utamanya dilakukan melalui media sosial.
Saat masyarakat menggunakan media sosial, di sanalah terdapat kesempatan untuk membangun relasi, membagikan keahlian, menambah pengetahuan, hingga bisa terhubung kapan pun. Media sosial memungkinkan seseorang untuk membagikan hal yang diketahui dan ingin diketahui.
Berbagai keahlian akhirnya akan terhubung dalam koneksi secara profesional maupun pribadi. Termasuk untuk mengedukasi diri sendiri, sebab bila media sosial digunakan dengan benar maka akan ada banyak ilmu yang bisa digali.
“Jika teman-teman secara konsisten mengelola saluran sosial maka akan meningkatkan visibilitas, seperti kalau konsisten membagikan konten berkualitas semakin banyak orang yang membagikannya semakin banyak orang yang melihatnya,” katanya lagi.
Webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Golda Siregar, Senior Consultant at Power Character, Irma Nawangwulang, Lecture di IULI, dan Asep H. Nugroho, Dosen Fakultas Teknik di UNIS.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.
Komentar Berita