Lagi Lagi Nodeflux, Startup AI Asli Indonesia Bantu Pelaku Bisnis Industri dengan Sentuhan Teknologi Artificial Intelligence
Oleh : Kormen Barus | Jumat, 24 September 2021 - 14:28 WIB
Kika : Ivan Tigana, Chief Commercial Officer Nodeflux, Adhi Murbini COO of Nodeflux dan Richard Dharmadi, Group Product Manager Nodeflux berfoto usai acara
INDUSTRY.co.id, Jakarta-Menjelang akhir tahun, Nodeflux meluncurkan sebuah unit bisnis terbarunya yaitu Retailmatix (PT Retailmatix Teknologi Indonesia), yang menghadirkan konsep SaaS (Software as a Service) sebagai solusi ba i para pelaku bisnis di industri FMCG (Fast Moving Consumer Good) untuk membantu proses otomasi dengan bantuan teknologi artificial intelligence.
Unit bisnis ini menjadi sebuah langkah terbaru yang dilakukan oleh Nodeflux dalam implementasi teknologi AI, setelah sebelumnya sukses dengan produk IdentifAI dan VisionAIre. “Sebagai startup Indonesia yang sudah banyak pengalaman di area vision AI, kami mencoba untuk dapat memberikan impact yang lebih luas melalui keahlian kami,” ucap Meidy Fitranto, sebagai CEO Nodeflux. .
Penggunaan produk Retailmatix dalam membantu proses otomasi di industri FMCG dapat mempercepat proses dan meningkatkan efisiensi khususnya saat melakukan analisis in store execution.
“Setelah sebelumnya lebih banyak berkarya di bidang security, surveillance dan e-kyc, kini kami mencoba untuk memasuki sektor retail. Kami melihat banyak permasalahan di area retail yang bisa dibantu dengan AI. Kami mencoba mulai dari satu cakupan area yang disebut sales force automation” lanjut Meidy.
Ketersediaan barang, keberadaan material POSM (Point of Sale Materials), kehadiran merchandiser, dan pengaturan tata letak produk merupakan hal yang sangat penting dalam aktivitas in store execution bagi perusahaan FMCG, karena hal ini dapat berpengaruh secara langsung terhadap peningkatan penjualan suatu brand. Sebagai solusi ketepatan audit dalam menghindari kecurangan, ketidaksesuaian, ataupun ketidakpatuhan di lapangan, penggunaan sistem yang dilengkapi dengan fitur real time dashboard ini akan sangat membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan laporan dengan lebih cepat dan akurat.
Proses yang dilakukan secara manual memungkinkan terjadinya human error yang dapat berdampak pada anomali data laporan sehingga tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Selain itu, pembuatan analisis membutuhkan waktu lama sehingga suatu brand tidak dapat mengejar keterlambatan atau demand di store yang selalu berubah-ubah. Dengan produk Retailmatix, brand mampu mengikuti perkembangan yang ada di store secara real time.
Produk Retailmatix yang dipergunakan untuk membantu memudahkan proses sales route optimization, sales forecasting, dan in store analysis pada industri FMCG dapat diaplikasikan untuk meningkatkan produktivitas serta cakupan toko hingga 70%. Produk ini diinisiasi oleh Nodeflux yang merupakan perusahaan berbasis teknologi pertama dan terdepan dari Indonesia yang berfokus pada pengembangan teknologi AI Computer Vision (pengolahan citra visual) yang dapat diaplikasikan pada berbagai macam use case.
Dengan penggunaan teknologi pengenalan gambar (image recognition) yang didukung artificial intelligence, penggunaan produk Retailmatix memungkinkan peningkatan efisiensi operasional, kepuasan terhadap pengalaman berbelanja, dan memaksimalkan pendapatan karena dilengkapi dengan berbagai fitur dari mulai POSM recognition hingga aktivitas kompetitor. Retailmatix membantu suatu brand memahami bagaimana produk terlihat, tampil, dan bersaing di sebuah display.
Tutup Meidy, “Di tengah tantangan Covid 19 saat ini, kami berharap dengan kehadiran teknologi Retailmatix, maka para pelaku bisnis di industri FMCG dapat meningkatkan produktivitas, menghadirkan auditability dengan akurasi yang tinggi. Penggunaan produk Retailmatix juga dapat membantu industri FMCG untuk menciptakan behavior penjualan berbasis data sehingga perusahaan dapat menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.”
Komentar Berita