Ratna Sari Dewi Soekarno, Istri Kelima Bung Karno yang Kini Jadi Youtuber di Jepang

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Agustus 2021 - 16:00 WIB

Ratna Sari Dewi Soekarno
Ratna Sari Dewi Soekarno

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ratna Sari Dewi Soekarno, istri kelima Presiden Pertama RI Soekarno ini sejak dua tahun terakhir aktif menjadi seorang Youtuber. Melalui kanal Youtube bernama Lady. Dewi Channel, dia rutin mengunggah konten-konten berbahasa Jepang dan Inggris.

“Perempuan yang terlahir dengan nama Naoko Nemoto tersebut memulai debutnya sebagai Youtuber sejak 9 Juli 2019 lalu. Melalui Youtube yang dibuatnya, Dewi Sukarno berjanji akan menyajikan berbagai hal menarik yang mungkin masih banyak orang belum mengetahuinya, demikian info dari Windi S – Anggota Perempuan Satu Indonesia, dalam siaran persnya Jumat (20/8/2021)

“Saya memulai sebagai Youtuber seperti juga orang lain melakukan hal yang sama,” kata dia.

Kanalnya pun cukup mendapat banyak perhatian, terutama dari warga Jepang. Namun netizen asal Indonesia pun banyak pula yang menikmati sajian kontennya. Salah satu videonya bahkan sudah mendapat 1,3 juta views.

Konten yang diunggah pun beragam, beberapa bahkan sempat viral di dalam negeri. Salah satunya ketika Dewi Sukarno mencoba mencoba permainan Yu-Gi-Oh. Video ini sempat mencuri perhatian warga net hingga masuk pemberitaan di Tanah Air.

Perempuan kelahiran Jepang tersebut memang tak pernah berhenti beraktivitas, meskipun usianya tak bisa disebut muda lagi. Bayangkan, Dewi Sukarno yang lahir pada 6 Februari 1940 ini sudah memasuki usia 81 tahun.

Namun begitu, dia memang tetap menyajikan konten yang jarang dilakukan orang sebayanya. Dalam unggahan terbarunya, dia bersemangat melakukan pemotretan bawah air di sebuah kolam renang, lengkap dengan gaun putih yang cantik.

Ketika itu, dia tengah mencoba ketahanan eyeliner terhadap air. Di akhir video, dia pun sempat mengungkapkan bahwa dia sangat menikmati pemotretan itu dan menyebutnya “menyenangkan”.

Video tersebut pun menuai beragam komentar dalam bahasa Jepang. Namun, beberapa komentar cukup menarik perhatian karena disampaikan dalam bahasa Indonesia.

“Wow, walaupun usia sudah lajut tapi tetap cantik,” kata akun juragan angler.

 

“Semoga ibu dewi soekarno panjang umur terus ya. Jangan lupakan negara indonesia ya bu,” tulis Daniel Gaming Channel.

“Salam dari indonesia Lady Dewi, semoga sehat selalu..” komen cumagw1.

Masih cinta

Perempuan yang lahir di Tokyo, Jepang, tersebut pernah menceritakan kisah pertemuannya dengan mendiang suaminya, Bung Karno. Ketika itu, usianya baru 19 tahun, terpaut jauh dengan Bung Besar.

 

Dewi bertemu dengan Soekarno pada Juni 1959. Gadis Jepang itu berkenalan dengan Soekarno lewat seseorang ketika Bung Karno berada di Hotel Imperial, Tokyo.

 

Ternyata, dia tak serta merta jatuh cinta saat melihat sosok Soekarno. Menurutnya, ia tak bisa langsung jatuh cinta begitu saja kepada sosok hebat seperti Soekarno.

“Kamu enggak bisa jatuh cinta gitu aja sih ke orang yang hebat seperti beliau. Itu akan terdengar biasa,” ucap dia ketika berbincang di kanal Youtube Maya Putri pada Selasa (17/8/2021).

Dia menilai Bung Karno seperti memiliki magnet. Kesan pertamanya, ia memandang Soekarno sebagai sosok yang bermartabat.

“Dia sangat bermartabat, dan matanya sangat sangat bersimpati, dan dia kharismanya luar biasa,” Dewi berkisah.

Lebih lanjut Dewi mengungkapkan, Soekarno adalah sosok yang sangat dermawan dan baik hati. Selain itu, Bung Karno juga sangat dihormati rakyatnya. Dewi pun mengaku mengagumi segala hal dalam diri Soekarno.

"Segalanya, beliau bagai kamus hidup. Beliau tahu segala hal," kata dia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

LISTERINE® secara resmi dianugerahi Top Halal Award 2024 dari IHATEC

Minggu, 22 September 2024 - 11:18 WIB

Kenvue Ajak Masyarakat Indonesia untuk Memiliki Mulut Bersih dan Sehat dengan Kampanye “Complete the Clean with LISTERINE®”

LISTERINE®, merek mouthwash terkemuka dari Kenvue, mengajak masyarakat Indonesia untuk berani berekspresi lepas melalui mulut yang bersih dan sehat dengan kampanye “Complete the Clean with…

Farida Dewi M, Pranathumas Ahli Madya dalam agenda bimbingan teknis Pengelolaan Relasi Media : “Bijak dan Pro Aktif” yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan peserta dinas daerah yang berlokasi di Bali, 18 September 2024.

Minggu, 22 September 2024 - 09:57 WIB

Kominfo: Pemerintah Daerah Berperan Menjaga Ekosistem Media Massa

Jakarta– Dalam perkembangan teknologi saat ini, peran media massa sebagai pilar keempat demokrasi mulai tergerus oleh perkembangan platform sosial media.

Luna Maya dan Darius Sinathrya menemukan sesuatu yang menarik di film Sumala.

Minggu, 22 September 2024 - 08:15 WIB

Pengalaman Baru Luna Maya dan Darius Sinathrya di Film Sumala

Diangkat dari kisah nyata di Semarang, Luna Maya dan Darius Sianthrya menemukan sisi menarik dari sosok Sumala yang konon suka menculik anak-anak yang bermain hingga magrib.

 PT JIEP Bagikan 350 Buku Bacaan dan Berikan Fasilitas Perpustakaan Sekolah melalui Program TJSL JIEP Goes to School.

Sabtu, 21 September 2024 - 22:11 WIB

PT JIEP Donasi Buku dan Fasilitas Perpustakaan di SDN Rawa Terate 03 Pagi Jakarta

Dalam kegiatan bertajuk JIEP Goes to School, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung mendonasikan 350 buku bacaan dan menyediakan fasilitas perpustakaan baru bagi SDN Rawa Terate 03 Pagi, Jakarta.

Penerapan Teknologi ERP sebagai Kunci Sukses Industri Manufaktur 4.0 di Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 - 21:22 WIB

Penerapan Teknologi ERP sebagai Kunci Sukses Industri Manufaktur 4.0 di Indonesia

Jakarta-PT Bisnis Sistem Indonesia (BSI) sebagai penyelenggara bersama Infor, pada tanggal 19 September 2024 menggelar event Indonesia Manufacturing Symposium 2024 di Holiday Inn Cikarang Jababeka.