Dahsyat! Dua Raksasa Otomotif Impor Perdana Lewat Cikarang Dry Port

Oleh : Ridwan | Rabu, 14 Juli 2021 - 12:05 WIB

PT Hyundai Motors Indonesia dan PT Nozomi Otomotif Indonesia lakukan impor perdaa lewat Cikarang Dry Port
PT Hyundai Motors Indonesia dan PT Nozomi Otomotif Indonesia lakukan impor perdaa lewat Cikarang Dry Port

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Cikarang Dry Port, sebuah pelabuhan darat umum yang berlokasi di Kota Jababeka Cikarang, baru saja menjadi tempat impor perdana dua perusahaan otomotif besar di Indonesia, yaitu PT Hyundai Motors Indonesia dan PT Nozomi Otomotif Indonesia.

Adapun PT Hyundai Motors Indonesia mengimpor rak penyimpanan suku cadang otomotif untuk kebutuhan Parts Center mereka. Tercatat, 28 kotak peti kemas ukuran 40 kaki dalam kegiatan impor perdananya ke Cikarang Dry Port. 

Sedangkan PT Nozomi Otomotif Indonesia mengimpor sepeda motor roda tiga dalam kondisi completely knocked down (CKD). Impor perdananya dimulai dengan 5 kotak peti kemas ukuran 40 kaki yang dikirim ke Cikarang dry Port.

Sementara itu, saat ditanya alasan mereka memilih Cikarang Dry Port, mereka punya jawaban masing-masing. Kedekatan lokasi dan fleksibilitas dalam penyimpanan peti kemas menjadi alasan utama Hyundai menggunakan Cikarang Dry Port.

"Kedua hal tersebut memberikan kepastian sekaligus fleksibilitas dalam pengelolaan rantai pasok kami yang dalam jangka panjang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi serta daya saing kami secara umum," tegas Tony Hadiyanto, Kepala Departemen Suku Cadang PT Hyundai Motors Indonesia, beberapa waktu lalu.  

Sedangkan pihak PT Nozomi Otomotif Indonesia memilih Cikarang Dry Port karena alasan efisiensi. 

Tugianto, Manager Ekspor Impor PT Nozomi Otomotif Indonesia, menjelaskan, harapan utama kami sekarang adalah bagaimana meningkatkan efisiensi biaya dan waktu dalam kegiatan logistik serta rantai pasok kami. 

"Kami sudah mempelajari cukup lama, dan kami merasa layanan Cikarang Dry Port dapat membantu memenuhi harapan tersebut. Selain itu lokasinya juga dekat dengan fasilitas perakitan kami di Subang- Jawa Barat," katanya.

Menanggapi hal itu, Imam Wahyudi selaku General Manager of Commercial, Cikarang Dry Port mengaku senang dan berterima kasih atas kepercayaan PT Hyundai Motors Indonesia dan PT Nozomi Otomotif Indonesia kepada Cikarang Dry Port, salah satu unit usaha Jababeka Group. 

Ia mengatakan, kepercayaan tersebut menjadi motivasi bagi Cikarang Dry Port untuk terus memberikan manfaat kepada penggunanya dan juga dunia logistik pada umumnya.

"Kami berharap dapat terus berkolaborasi dan mendukung PT Hyundai Motors Indonesia dan PT Nozomi Otomotif Indonesia sebagai bagian dari ekosistem logistik yang kami bangun di Cikarang Dry Port. Sudah menjadi komitmen kami untuk selalu menjaga kepercayaan dari para pelanggan Cikarang Dry Port," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hashim S Djojohadikusumo Ketua Dewan Penasehat KADIN dan Ketua Umum KADIN Anindya Bakrie (tengah)

Minggu, 27 Oktober 2024 - 20:27 WIB

Kadin Akan Bentuk Satgas Penyelesaian Utang UMKM

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2024 – 2029 Anindya Bakrie menyambut baik rencana Presiden Prabowo Subianto yang akan menghapuskan utang kredit macet sekitar 6 juta…

Bazar UMKM BRILian

Minggu, 27 Oktober 2024 - 18:42 WIB

Mengecap Manisnya Bisnis Stroberi dengan Pemberdayaan BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Salah satu bentuk dukungan nyata…

BRI di Markting Gallery Sinarmas Land

Minggu, 27 Oktober 2024 - 18:37 WIB

BRI Property Expo Goes to Sinarmas Land: Miliki Hunian Idaman dengan Penawaran Menarik

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus mendorong pertumbuhan sektor properti di Indonesia. Terbaru, BRI menggelar "KPR BRI Property Expo Goes to Sinarmas Land" pada 26-27 Oktober…

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Masrokhan

Minggu, 27 Oktober 2024 - 13:42 WIB

Gelar Ericsson Hackathon 2024, Kemenperin Pacu Implementasi Smart Manufacturing

Percepatan transformasi digital merupakan salah satu program prioritas bagi industri manufaktur di Indonesia. Implementasi smart manufacturing di Indonesia diyakini dapat mendongkrak nilai ekonomi…

Pamerkan Inovasi, IKM Alat Angkut Siap Bersaing di Era Kendaraan Listrik

Minggu, 27 Oktober 2024 - 13:24 WIB

Pamerkan Inovasi, Kemenperin: IKM Alat Angkut Siap Bersaing di Era Kendaraan Listrik

Perkembangan pasar kendaraan listrik (electric vehicle/EV), tidak hanya memberikan manfaat pada upaya pelestarian lingkungan, namun juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memajukan ekosistem…