Pembangunan Rumah Susun di Daerah Terkendala Regulasi

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 13 Mei 2017 - 14:23 WIB

Ilustrasi Rumah Susun (ist)
Ilustrasi Rumah Susun (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Perusahaan pengembang dalam membangun rumah susun (rusun) di daerah masih terkendala dengan regulasi.

Direktur Pemasaran Perum Perumnas, Muhammad Nawir mengatakan, perusahaan akan lebih fokus pada pengembangan Rusun di tiap daerah. Sayangnya, seringkali pembangunan terganjal pada regulasi yang belum dibuat.

Menurutnya, pengembangan hunian ke atas adalah satu keniscayaan. Apalagi di daerah perkotaan lahan yang kian sempit sehingga membuat harga rumah tapak menjadi makin mahal.

“Kami butuh tiap daerah memiliki kejelasan regulasi tentang rusun sehingga di dalamnya dapat dengan jelas mengatur ketentuan teknis, seperti misalnya ketetapan harga yang selama ini menjadi acuan pengembang,” katanya belum lama ini.

Nawir menambahkan, sejak 2013 pemerintah tidak lagi mengatur acuan harga rusun. Hal itu berbeda dengan ketentuan harga rumah tapak bersubsidi yang dipastikan naik 5% setiap lima tahun.

"Pentingnya Perda Rusun untuk menjamin akselerasi penghunian rumah susun dalam konteks yang tearah," kata Ketua Umum Masyarakat Peduli Perumahan dan Permukiman Indonesia (MP3I) Noer Soetrisno.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chef Devina yang hadir bersama Ariel Noah dan Ahn Hyo Seop di acara Come See Mie dari Mie Sedaap.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 21:49 WIB

Hadirkan Kembali Come See Mie, Mie Sedaap Gandeng Ahn Hyo Seop, Chef Devina, dan Ariel Noah

Semangat perayaan 20 tahun Mie Sedaap menghadirkan Ahn Hyo Seop, Chef Devina Hermawan, dan Ariel 'Noah' sebagai bintang tamu yang merepresentasikan varian-varian terbaru.

Kolaborasi APR X DuniaTex X EMBA di Jakarta Fashion Week 2025.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 21:36 WIB

Kolaborasi APR X DuniaTex X EMBA Tampilkan Koleksi Fesyen Berkelanjutan di JFW 2025

Kolaborasi APR X DuniaTex X EMBA di JFW 2025 menghasilkan 48 koleksi yang mengusung tema "Fashion Evolution," menampilkan inovasi dan kreasi dalam penggunaan material berkelanjutan.

Momami luncurkan Momami Kids.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:35 WIB

Momami Rayakan 5 Tahun dengan Meluncurkan Momami Kids

Momami Kids menghadirkan dua varian Body Wash dan Shampoo dengan aroma menyenangkan seperti Watermelon Apple dan Raspberry Vanilla untuk Body Wash, serta Mango Peach dan Kiwi Berries untuk Shampoo.

Jakarta Fashion Week (JFW) 2025 kembali hadir di City Hall, Pondok Indah Mall 3.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:22 WIB

Jakarta Fashion Week 2025 Resmi Dibuka, Usung Tema Future Fusion Paduan Tradisi dan Inovasi

JFW tahun ini bertujuan untuk mengangkat karya desainer Indonesia ke tingkat global dengan menyeimbangkan unsur tradisional dan modern.

Yang menarik di Ekrafest 2024, di ajang Ekrafs Talk, sesi obrolan seru bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (bank BTN) selaku kolaborator.

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:06 WIB

Ekrafs Talk Bersama BTN di Ekrafest 2024, Paparkan DUkungan Perbankan untuk Ekonomi Kreatif J

Yang menarik di Ekrafest 2024, di ajang Ekrafs Talk, sesi obrolan seru bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (bank BTN) selaku kolaborator.