Deklarasi Persatuan Dukun di Banyuwangi Bikin Heboh, MUI Melarang! DPR Tak Mempersoalkan, Asal...

Oleh : Candra Mata | Rabu, 10 Februari 2021 - 16:40 WIB

Ilustrasi Dukun
Ilustrasi Dukun

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Masyarakat dihebohkan oleh kabar Persatuan Dukun Nusantara atau Perdunu yang mendeklarasikan keberadannya di Kota Banyuwangi, Jawa Timur beberapa waktu lalu. 

Pro kontra pun terjadi. ada yang melarang dan ada juga yang tidak mempersoalkan hal tersebut sepanjang tidak bertujuan negatif.

Terkait itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengingatkan bahwa perdukunan itu dilarang.

Hal tersebut tertuang dalam fatwa MUI terkait perdukunan, yakni fatwa MUI nomor 2/MUNAS VII/MUI/6/2005.

"Ya, kalau dari MUI, kan sudah ada fatwa kan, terhadap perdukunan dan peramalan," ujar Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan, kepada wartawan dikutip Rabu (10/2/2021).

"Intinya perdukunan itu dilarang, itu karena menimbulkan banyak mudarat, di antaranya merusak keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT," tandasnya.

MUI pun meminta agar kegiatan Perdunu tersebut dihentikan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasompang menilai Perdunu yang dideklarasikan di Kota Bayuwangi tersebut tidak dapat diputuskan sebagai sesuatu kegiatan negatif. 

Ia mengatakan persatuan tersebut merupakan tabib dengan menggunakan pengobatan secara tradisional serta bertumpu pada doa-doa kepada Allah SWT.

“Saya kira yang dimaksud itu sebetulnya tabib, yang bertumpu pada doa-doa kepada Allah SWT itu merupakan pengobatan selain medis,” kata Marwan dalam keterangan pers kepada Parlementaria, Rabu (10/2/2021).

Lebih lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan, deklarasi Perdunu akan menjadi polemik apabila tujuannya menjerumuskan masyarakat kearah yang negatif. 

Ia menuturkan dukun bukan sesuatu yang baru di Indonesia tetapi sudah lama.

“Jika persatuan Perdunu itu bertujuan untuk membantu dan melindungi masyarakat kenapa tidak? Saya kira tidak perlu dibesar-besarkan dan menjadi polemik, dari dulu juga dukun sudah ada kan tidak semuanya berbuat jahat," ucap Marwan.

"Untuk itu jangan menganggap perdukunan sebagai syirik dan perbuatan jahat,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) Indonesia mendeklarasikan diri di Banyuwangi. 

Perlu diketahui, Perdunu sendiri beralasan deklarasi tersebut tidak untuk hal negatif melainkan membantu masyarakat terhindar dari penipuan dukun palsu.

Namun demikian, kekhawatiran sebagian  masyarakat Banyuwangi terkait pernah adanya tragedi pembantaian dukun santet yang terjadi pada tahun 1998 pun bermunculan dan menciptakan polemik baru ditengah masyarakat, khususnya di Banyuwangi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Sunarso

Jumat, 28 Juni 2024 - 05:54 WIB

Direktur Utama BRI Sunarso Dinobatkan Sebagai The Best CEO, BRI Borong 11 Penghargaan Internasional Dari Finance Asia

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan kiprah di industri keuangan global. Yang terbaru, berkat kinerja positif di sepanjang tahun lalu membuat BRI mendapatkan 11 penghargaan…

MediaTek Indonesia Media Gathering.

Kamis, 27 Juni 2024 - 23:24 WIB

Jadi Vendor Cipset Selular Nomor 1 Dunia, MediaTek Fokus Data Cloud

MediaTek melihat teknologi AI dan AI generatif sebagai peluang penting dan transformatif yang akan membentuk masa depan teknologi.

Etihad Airways, maskapai penerbangan nasional UEA meluncurkan layanan reguler antara Abu Dhabi dan Bali.

Kamis, 27 Juni 2024 - 23:12 WIB

Ettihad Airways Luncurkan Layanan Reguler Abu Dhabi-Bali

Penerbangan perdana rute baru Ettihad Airways, dirayakan di Bandara Internasional Zayed sebelum lepas landas pada Selasa malam. Setibanya di Denpasar, pesawat disambut dengan penghormatan meriam…

Indonesia Energy & Engineering Series Kembali Diadakan, Tampilkan Sejarah Panjang Sektor Energi dan Engineering

Kamis, 27 Juni 2024 - 20:50 WIB

Indonesia Energy & Engineering Series Kembali Diadakan, Tampilkan Sejarah Panjang Sektor Energi dan Engineering

Jakarta— Rangkaian pameran Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2024 akan segera digelar kembali pada bulan Agustus-September 2024. Kegiatan IEE Series telah menjadi pameran B2B untuk…

Raih Penghargaan dari Pemprov Jakarta, Bank DKI Apresiasi Kinerja Kejati DKI Jakarta

Kamis, 27 Juni 2024 - 20:39 WIB

Raih Penghargaan dari Pemprov Jakarta, Bank DKI Apresiasi Kinerja Kejati DKI Jakarta

Jakarta - Konsisten berikan pendampingan hukum, pertimbangan hukum, dan tindakan hukum lainnya bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan BUMD milik DKI Jakarta, Bank DKI berikan apresiasi…