Waduh! Proyek Super Prioritas Tol Cisumdawu Masih Terganjal Pembebasan Tanah Wakaf dan TKD, Apa Langkah Pemerintah?

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Februari 2021 - 11:41 WIB

Pembangungan tol Cisumdawu
Pembangungan tol Cisumdawu

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) menjadi perhatian yang cukup penting/prioritas dalam Pemerintah sebagai kunci bisa aktifnya bandara Kertajati dan sumber kemajuan Jawa Barat. 

Namun, Tol yang menjadi salah satu proyek super prioritas pemerintah ini masih terganjal pembebasan tanah wakaf dan tanah kas desa (TKD) yang harus diselesaikan oleh pemerintah.

“Permasalahan TKD tidak hanya di Cisumdawu saja. Ruas Tol lain juga terdapat permasalahan TKD dan wakaf,” ujar Tenaga Ahli Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Niki Ekos Kosasih pada rapat koordinasi lintas kementerian/lembaga, Jumat (29/1/2021).

Rakor ini diikuti oleh Sekda Kabupaten Sumedang, Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat, Kepala Kantor Pertanahan  Kabupaten Sumedang, PPK Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu seksi 1, Para Camat dan Kepala Desa yang wilayahya terkena penggusuran untuk Tol Cisumdawu seksi 1.

Pemerintah menargetkan penyelesaian pembebasan lahan tol Cisumdawu untuk seksi 1,2, dan 3 pada awal sampai pertengahan Bulan Februari 2021. “Sementara untuk seksi 4,5, dan 6 ditargetkan sebagian besar mulai dilakukan konstruksi,” jelas Niki.

Untuk permasalahan pengalihan TKD dan tanah wakaf, Niki mengatakan, pemerintah akan dibantu oleh beberapa tokoh kunci untuk menyamakan persepsi terkait tanah wakaf yang terkena dampak Jalan Tol Cisumdawu.

Pada rakor tersebut terdapat 10 bidang tanah wakaf yang dibahas secara detail permasalahan yang terkait dengan Tol Cisumdawu. Pembahasan tentang lahan TKD dan wakaf ini ditargetkan selesai pada minggu ke-4 Bulan Januari untuk mengejar  target konstruksi pada tahun 2021.

Niki menyebutkan bahwa pemerintah telah mengidentifikasi dan memetakan masalah dari 22 bidang TKD dan 10 tanah wakaf yang terkena dampak pembangunan Tol Cisumdawu Tahap 1 sampai 6. 

“Minggu depan mudah-mudahan ada keputusan strategis karena semua ini akan disampaikan ke level Menteri,” urainya. 

Niki berharap agar pemerintah daerah segera memproses perizinan terkait pembangunan Tol Cisumdawu untuk pemasalahan terkait yang ada di level daerah.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Sumedang Herman Surya berharap agar permasalahan status tanah untuk pembangunan Tol Cisumdawu dapat segera diselesaikan. 

“Jalan tol sepanjang 60 km yang melewati Kabupaten Sumedang ini bukan semata-mata menjadi kepentingan Pemerintah Pusat saja, namun menjadi kepentingan bersama,” ujarnya.

Menurutnya, jika Tol Cisumdawu dapat dipergunakan maka akses menuju  Bandara Kertajati  akan menjadi lebih mudah. “Ini akan berdampak pada perkenomonian regional dan nasional,” tambah Herman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PURESIA dan Waste tunjukkan komitmen atasi limbah plastik

Rabu, 11 September 2024 - 23:45 WIB

Puresia dan Waste4Change Berkolaborasi untuk Menanggulangi Limbah Plastik

Puresia menghadirkan rangkaian produk perawatan tubuh yang menggunakan bahan-bahan alami, sudah melalui uji dermatologi, dan pastinya sudah bersertifikat vegan melalui Lab Biorius dari Eropa.

Jalan-jalan ke Korea Selatan gratis bersama Benings Clinic.

Rabu, 11 September 2024 - 21:41 WIB

Berlibur ke Korea Gratis Bersama Benings Clinic!

Program yang berlangsung dari 1 September 2024 hingga 31 Januari 2025 ini terbuka bagi semua pelanggan, baik yang baru maupun yang sudah lama menggunakan layanan Benings Clinic untuk berlibur…

PT Gaya Makmur Mobil (GMM) merupakan distributor dari First Automobile Works (FAW) yang mulai memasarkan unit FAW Truck sejak 2005

Rabu, 11 September 2024 - 21:22 WIB

Kiprah GMM Pemberi Solusi Truk di Sektor Logistik, Konstruksi, Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan.

Jakarta-PT Gaya Makmur Mobil (GMM) merupakan distributor dari First Automobile Works (FAW) yang mulai memasarkan unit FAW Truck sejak 2005.

Dalam Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2024, Castrol kenalkan Castrol CRB Mining, teknologi pelumas untuk industri pertambangan.

Rabu, 11 September 2024 - 21:03 WIB

Hadir di IEE Series, Castrol Kenalkan Inovasi Pelumas di Sektor Pertambangan

Castrol telah mengembangkan Castrol CRB Mining, sebuah pelumas mesin yang diformulasikan untuk memberikan perlindungan maksimal pada alat berat di sektor pertambangan.

Mersi boru Silalahi (memegang mikrofon), menangis sedih, menceritakan kisah traumatik atas penangkapan Thomson Ambarita, suaminya, saat jumpa pers di Kantor PGI Jakarta, Rabu (11/9/2024). Thomson bersama 4 masyarakat adat Lamtoras Sihaporas ditangkap personel Polres Simalungun Senin (22/7/2024) pukul 03.00 dinihari atas konflik agraria/tenurial. Mersi bersama pegiat masyarakat adat sudah 15 hari di Jakarta untuk mencari keadilan.

Rabu, 11 September 2024 - 20:53 WIB

Suami Ditangkap Polisi Kali Kedua, Mersi Silalahi Tinggalkan 5 Anak demi Mencari Keadilan di Jakarta

Jakarta-Suara Mersi boru Silalahi (40 tahun), bergetar. Kata-kata tetiba berhenti meluncur dari mulutnya. Air tampak berlinang di matanya. Ia teringat akan lima anaknya, empat di antaranya masih…