Usung Konsep Grab and Go, Kopi Kenangan Optimis Raih Pendapatan Dua Kali Lipat

Oleh : Herry Barus | Selasa, 29 Desember 2020 - 13:00 WIB

Kopi Kenangan
Kopi Kenangan

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Industri peritel minuman  grab-and-go Kopi Kenangan yang tengah berkembang  pesat saat ini, mencatat kenaikan transaksi daring selama tahun 2020.

Kopi Kenangan optimis dapat meningkatkan pendapatan hingga dua kali lipat di tahun pandemi ini.

Kopi Kenangan sendiri mengoptimalkan penerapan model ‘new retail’ yang telah digaungkan sejak awal berdiri untuk  menggabungkan kenyamanan dan keragaman pilihan  belanja online dengan pengalaman belanja offline melalui aplikasi Kopi Kenangan yangtelah diluncurkan sejak April 2019.

Dari November 2019 hingga 2020 Kopi Kenangan mencatat kenaikan jumlah pengguna baru pada aplikasi Kopi Kenangan sebesar hampir 500% begitu pula transaksi yang dilakukan melalui aplikasi mengalami kenaikan hingga  lebih dari 200%.

Aplikasi difokuskan pada  fitur personalisasi yang menjadikannya 'barista pribadi' yang benar-benar tahu preferensi minuman yang diinginkan pelanggan.

Saat ini, aplikasi Kopi Kenangan telah menjangkau lebih dari satu juta  pelanggan dan termasuk  dalam salah satu  aplikasi dengan Monthly Active User (MAU) terbanyak di Indonesia dengan lebih dari 600.000 MAU.

Dan nomor dua terbesar di kategori makanan dan  minuman di Indonesia serta merupakan aplikasi F&B nomor tiga terbanyak diunduh di Indonesia pada September 2020 berdasarkan data App Annie.

Sebagian besar pesanan yang diterima Kopi Kenangan adalah dalam format take away.

“Kami menyadari bahwa dengan konsep grab-and-go, efisiensi waktu dan efektivitas metode transaksi menjadi poin penting bagi pelanggan kami. Oleh karena itu, tidak heran kalau transaksi online menjadi metode yang disukai para pelanggan,” jelas Chief of Business Development Officer dan Co-Founder Kopi Kenangan James Prananto.

Hal ini juga yang membuat Kopi Kenangan dinobatkan sebagai brandkopi Top of Mind nomor dua di Indonesia oleh perusahaan riset dan penelitian Kantar.

Selain produk terlarisnya yaitu Es Kopi Kenangan Mantan, kehadiran seri minuman Milk Tea dan Caramel Macchiato  yang baru diluncurkan pada awal tahun 2020 juga  mendorong penjualan dan menjadi beberapa produk   favorit pelanggan saat ini.

Kopi Kenangan kini telah mengoperasikan 411 toko di  berbagai wilayah Indonesia dengan penjualan terbesar di  area Jabodetabek.

Baru-baru ini Kopi Kenangan juga mulai merambah ke industri makanan dengan meluncurkan Cerita Rotidi 33 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek.

Sejak awal diluncurkan pada 22 November 2020, Cerita Roti selalu habis terjual pada siang hari di ke-33 gerai Kopi Kenangan serta dua gerai independen Cerita Roti di mal Pacific Place dan Kota Kasablanka. 

Saat ini, Central Kitchen milik Kopi Kenangan  memproduksi 5.000 roti per hari dan berencana untuk memproduksi 10.000 roti perhari pada akhir Januari 2021

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AIA luncurkan PHS Saver.

Senin, 02 Desember 2024 - 21:21 WIB

AIA Luncurkan PHS Saver, Proteksi Kesehatan Inovatif dengan Premi Terjangkau

AIA menghadirkan PHS Saver, yang tidak hanya memberikan akses ke layanan kesehatan tetapi juga mendukung nasabah menjalani gaya hidup sehat.

Peresmian pembukaan fasilitas MRO terbesar FL Technics Indonesia

Senin, 02 Desember 2024 - 21:15 WIB

Hanggar MRO Terbesar FL Technics Indonesia Resmi Dibuka di Bali

FL Technics Indonesia secara resmi membuka fasilitas Maintenance, Repair, and Overhoul (MRO) terbaru dan terbesarnya di Bali. Pembukaan MRO yang juga bertepatan dengan perayaan Anniversary ke-8…

(kiri-kanan) Direktur Utama Perumnas, Budi Saddewa Soediro, Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, Menteri Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Maruarar Sirait saat mengunjungi lahan Blok K di Pulogebang, Jakarta Timur.

Senin, 02 Desember 2024 - 20:38 WIB

Dukung Program 3 Juta Rumah, Perumnas Kembangkan Lahan Blok K di Pulogebang

Perum Perumnas terus berkomitmen mendukung program strategis nasional pemerintah, yaitu Program 3 Juta Rumah. Dukungan ini melalui berbagai pengembangan aset Perumnas salah satunya lahan di…

Launching Colorfit Perfect Glow Cushion SPF 40 PA+++ dan Colorfit 5D Blur Cloud Cushion SPF 50 PA+++

Senin, 02 Desember 2024 - 20:15 WIB

Ini The New Era Cushion dengan Glow dan Soft-Matte Finish dari Wardah Untuk Semua Skin-tone Perempuan Indonesia

Wardah meluncurkan upgraded version dari Colorfit Cushion yang telah menjadi cult-favorit, yakni Colorfit Perfect Glow Cushion dengan glow finish look dan Colorfit 5D Blur Cloud Cushion dengan…

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif

Senin, 02 Desember 2024 - 18:00 WIB

PMI Manufaktur November 2024 Masih Kontraksi, Kemenperin: Dibutuhkan Kebijakan Pro Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, menjelang akhir tahun 2024 Purchasing Manager’s Index (PMI) manufaktur Indonesia masih menunjukkan posisi kontraksi pada November ini, yaitu…