Sejumlah RS Buka Pendaftaran dan Tetapkan Harga Vaksin, Azis DPR Geram: Vaksin Gratis, Rumah Sakit Jangan Offside!

Oleh : Candra Mata | Jumat, 18 Desember 2020 - 08:38 WIB

Ilustrasi Perawatan Rumah Sakit (Foto: AnalisaDaily)
Ilustrasi Perawatan Rumah Sakit (Foto: AnalisaDaily)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamuddin geram dan menyesalkan maraknya sejumlah rumah sakit (RS) di Indonesia, seperti RS UII, RS Primaya Hospital,  RSU Bunda Jakarta yang telah membuka pendaftaran dan menetapkan harga vaksinasi Covid-19, sementara belum ada penetapan ketentuan vaksinasi oleh pemerintah. 

Untuk itu, Azis mengimbau seluruh RS di Indonesia, masyarakat dan pihak-pihak terkait agar dapat menunggu arahan dari pemerintah.

“Presiden Jokowi sudah menegaskan bahwa pemberian vaksin kepada Masyarakat gratis. Pihak rumah sakit jangan offside, harap bersabar, tunggu regulasinya, tunggu arahan, dan keputusan pemerintah kembali. Kementerian Kesehatan perlu mengkoordinir rumah sakit agar tidak mencuri start sampai diterbitkannya peraturan resmi dari pemerintah,” kata Azis dalam siaran pers yang diterima redaksi Industry.co.id pada Jumat (18/12).

Tak hanya itu, Azis juga mendesak pemerintah dan Kemenkes untuk segera menerbitkan regulasi terkait program vaksinasi.

hal tersebut menurutnya penting untuk menghindari komersialisasi dan proses teknis di lapangan. 

Selain itu, peraturan tersebut juga harus dapat memastikan program vaksinasi berjalan lancar dan efektif untuk menuntaskan pandemi Covid-19, serta tidak menimbulkan benturan pihak-pihak terkait.

"Peraturan terkait vaksinasi harus mengatur secara detail mekanisme vaksinasi, harga vaksin, bagaimana ketentuan vaksin mandiri, bagaimana ketentuan vaksin subsidi, Skala prioritas distribusi vaksin, tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 serta pasien-pasien yang kritis perlu diprioritaskan, rumah sakit yang akan mendistribusikan vaksin, hingga bentuk pengawasannya" tegasnya.

Selain itu, Ia juga mendorong pemerintah memastikan program vaksinasi berjalan setelah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga masyarakat dapat merasa yakin dan aman untuk divaksinasi.

“Mari kita tunggu informasi yang resmi dan valid dari pemerintah mengenai program vaksinasi. Masyarakat dan pihak-pihak terkait harap bersabar dan menunggu arahan dari pemerintah,” pungkas Azis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tumbuh Positif, Pendapatan PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk Alami Kenaikan 47,51 Persen

Jumat, 28 Juni 2024 - 11:32 WIB

Keren! Tumbuh Positif, Pendapatan PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk (SHID), Alami Kenaikan 47,51 Persen

Jakarta– PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk (SHID), menggelar Public Expose yang memaparkan rangkuman hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), pada Jumat (28/06/2024) bertempat…

Semuel Abijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, saat memberikan _keynote speech_ dalam seminar _“The Future of Artificial Intelligence in Public Sector”_ yang digelar Multipolar Technology di Pullman Jakarta Thamrin, Kamis pekan lalu.

Jumat, 28 Juni 2024 - 11:06 WIB

Kinerja Sektor Publik Bakal Terdongkrak Jika Terapkan Teknologi AI

Jakarta– Indonesia diperkirakan bakal menjadi negara dengan perekonomian keempat terbesar di dunia pada 2045 dan akan menjadi pusat pertumbuhan bagi kawasan Asia Tenggara. Salah satu pendorong…

Asian Sky Forum

Jumat, 28 Juni 2024 - 11:05 WIB

Pesawat 'Plat Hitam' Bikin Menjerit Pengusaha Pesawat 'Plat Kuning'

Fenomena grey charter menjadi keprihatinan mendalam para pelaku industri pesawat carter di Indonesia. Selain faktor jaminan keselamatan penumpang, potensi pendapatan negara dari sejumlah sektor…

Areum Parc

Jumat, 28 Juni 2024 - 11:05 WIB

MAS Group Hadirkan Areum Parc, Hunian Berkonsep Korean Dreams Seharga Rp400 Jutaan di Bogor

MAS Group (Mekar Agung Sejahtera) meluncurkan proyek terbarunya Areum Parc, hunian berkonsep korean dreams di Kawasan Kemang, Bogor.

Peluncuran Delium Velocita DTX

Jumat, 28 Juni 2024 - 10:46 WIB

IKD Hadirkan Inovasi Baru Ban Mobil High Performance untuk Teknik Menyetir Ekstrem

Produsen Ban, PT. Industri Karet Deli (IKD), meluncurkan sebuah produk ban terbaru, Delium Velocita DTX, ban mobil high performance yang dirancang khusus untuk para pengendara yang menginginkan…