Tarif Pass Masuk Pelabuhan Naik, Pelindo IV Cabang Manado: Kami Akan Beri Pelayanan Lebih Baik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 13 November 2020 - 16:55 WIB

Pelabuhan Manado
Pelabuhan Manado

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berkomitmen meningkatkan pelayanan khususnya di Cabang Manado seiring kenaikan tarif pass masuk pelabuhan yang resmi diberlakukan mulai 1 November 2020.

General Manager (GM) Pelindo IV Cabang Manado, Rudi Lontaan mengatakan, kenaikan tarif pass masuk pelabuhan dalam rangka pihaknya berbenah menjadikan pelayanan di Pelabuhan Manado layaknya di bandar udara. 

“Jadi kami akan menyediakan televisi di ruang tunggu terminal penumpang yang akan menampilkan jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal, sehingga penumpang tidak lagi repot bertanya,” bebernya.

Selain menempatkan televisi, di terminal penumpang juga bakal dilengkapi dengan ruang informasi untuk penumpang yang membutuhkan informasi terkait kapal dan lain sebagainya. 

“Kami juga akan memasang videotron di depan gate atau pintu masuk pelabuhan, untuk lebih memudahkan lagi para penumpang memeroleh kabar atau berita terkait kunjungan kapal baik kedatangan maupun keberangkatannya,” terang Rudi.

Dia mengakui, sedikit terjadi gejolak saat pihaknya menaikkan tarif pass masuk pelabuhan. Namun hal itu sudah dijelaskan kepada semua pihak, bahwa kenaikan tersebut akan seiring dengan peningkatan pelayanan yang ada.

“Kami akan membuat pelayanan di Pelabuhan Manado lebih baik dari sebelumnya, sehingga penumpang merasa lebih aman dan nyaman.”  ungkapnya.

Saat ini, sebut Rudi, kapasitas terminal penumpang di Pelabuhan Manado bisa menampung sebanyak 150 orang. Adapun jumlah debarkasi atau penumpang yang turun dan embarkasi atau penumpang yang berangkat setiap hari mencapai 1.000 orang.

“Semuanya berasal dari 4 hingga 5 kapal yang setiap hari sandar di dermaga Pelabuhan Manado. Rata-rata kapal yang masuk berasal dari Sanger Talaud, Tahuna dan Ternate, yaitu kapal-kapal antar pulau sekitar Manado,” tukas Rudi. 

Dia menuturkan, selama ini pendapatan Pelindo IV Cabang Manado fokus pada pass masuk pelabuhan, serta sharing hasil pemanduan luar biasa yang dilakukan di Labuan Uki dan Amurang bekerja sama dengan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) setempat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah, Selasa (24/9/2024).

Rabu, 25 September 2024 - 16:17 WIB

BPKH Naikan Distribusi Nilai Manfaat Jemaah Haji Tunggu Menjadi Rp4,4 Triliun pada Tahun 2025

Jakarta - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memaparkan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) 2025, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VIII DPR RI, Selasa, (24/09).

Gerbang Tol Sinaksak

Rabu, 25 September 2024 - 16:07 WIB

Gelaran PON Berakhir, Jalan Tol Tebing Tinggi - Serbelawan - Sinaksak Tetap Beroperasi Tanpa Tarif

PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) selaku pengelola jalan tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat (Kutepat) mengoperasikan tanpa tarif ruas tol seksi 3 Tebing Tinggi - Dolok Merawan dan sebagian…

Kasum TNI membuka Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Staf Ahli (Sahli) Panglima TNI dengan mengangkat tema “Mewujudkan Angkatan Siber sebagai Matra Keempat TNI Dalam Menghadapi Tuntutan Tugas dan Perkembangan Lingkungan Strategis."

Rabu, 25 September 2024 - 14:35 WIB

Kasum TNI Buka FGD Pembentukan Angkatan Siber TNI

(Puspen TNI). Kasum TNI Letjen TNI Richard Tampubolon mewakili Panglima TNI membuka Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Staf Ahli (Sahli) Panglima TNI

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama Jamkrida Jakarta Agus Supriadi (dua dari kiri) dan SVP of International & Financial Institusion BSI Anna Kristanti (tiga dari kiri).

Rabu, 25 September 2024 - 14:27 WIB

BSI Perluas Layanan Bank Garansi Gandeng Jamkrida Jakarta

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperluas layanan Bank Garansi melalui kerja sama dengan Unit Usaha Syariah PT Penjaminan Kredit Daerah Jakarta (Jamkrida Jakarta).

Ilustrasi ruang kerja Infomedia

Rabu, 25 September 2024 - 14:20 WIB

Infomedia Dinobatkan Sebagai Customer Experience Management Services Company of the Year 2024

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Infomedia Nusantara yang berfokus pada penyediaan solusi Business Process Outsourcing (BPO), berhasil meraih penghargaan sebagai “The…