Erick Thohir Tegaskan Pembentukan Klaster BUMN Pariwisata Bukan Ingin 'Bunuh' Lion Air

Oleh : Ridwan | Rabu, 19 Agustus 2020 - 14:45 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir (foto Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir (foto Antara)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan bahwa pembentukan klaster BUMN di bidang pariwisata ditujukan untuk memperkuat alur rantai pasok sektor pariwisata nasional, termasuk industri pendukungnya.

"Pembentukan klaster BUMN ini tujuannya untuk memperkuat rantai pasok bukan membunuh sektor usaha lainnya yang sedang berjalan," tegas Erick di Jakarta (18/8/2020).

Seperti diketahui, terdapat 8 perusahaan pelat merah yang rencananya akan digabungkan oleh bekas pemilik klub sepak bola Inter Milan itu.

Dari 8 perusahaan itu, beberapadi antaranya yaitu PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Sarinah (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero) dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC.

"Bukan berarti kita menggabungkan Garuda dengan airport, hotel, atau Sarinah, berarti kita ingin membunuh pesaing seperti Lion Air, hotel-hotel swasta atau asing. Tapi kami ingin menjadi bagaimana membentuk ekosistem yang sehat," kata Erick.

Erick menjelaskan, BUMN memilik dua tugas yakni menjalankan tugas negara dan mencari profit atau keuntungan.

Di Indonesia, kata Erick, ada penugasan yang luar biasa saat terjadi pandemi Covid-19. Menurutnya, banyak penugasan bisa berjalan karena fundamental atau infrastruktur yang dimiliki BUMN.

Sejak awal menduduki jabatan sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir ingin memastikan adanya transformasi. Karena itu, dia ingin adanya konsolidasi, sehingga membuat perusahaan pelat merah turut menciptakan kompetisi sehat.

Erick mencontohkan sinergitas yang dilakukan bank-bank BUMN atau Himbara yang terdiri atas Bank Mandiri, BRI,BNI dan BTN. Menurutnya, kinerja bank-bank BUMN tersebut cukup baik.

Itu sebabnya, menurut Erick, tidak ada salahnya apabila hal yang sudah dilakukan oleh Himbara juga diterapkan pada klaster-klaster lain.

"Saya kasih contoh positif, kita bicara industri perbankan, di mana ada perbankan asing, ada perbankan swasta. Tapi kinerja bank BUMN juga tetap bagus seperti Mandiri, BRI, BNI dan BTN,” ujar Erick.

Kesuksesan itulah yang ingin dicapai oleh Erick Thohir. Caranya, dengan menggabungkan BUMN di sektor pariwisata dan transportasi.

Dia menilai, tanpa adanya konsolidasi, sulit bagi Sarinah memasarkan produk UMKM di bandara. Karena itu, perlu ada upaya konkret.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan Harpropnas Fest 2024

Senin, 09 September 2024 - 15:44 WIB

Digelar Selama 7 Hari, Harpropnas Fest 2024 Hadirkan Pengalaman Festival Properti Hingga Banjir Diskon

Setelah sukses menggelar peringatan Hari Properti Nasional melalui festival properti pertama dan terbesar di Indonesia pada tahun 2023 silam, Rumah123 kembali menyelenggarakan HARPROPNAS FEST…

Kelompok Budidaya Madu Trigona

Senin, 09 September 2024 - 15:40 WIB

Dompet Dhuafa Bersama PLN Peduli Gelar Pelatihan Bagi Kelompok Tani Madu

Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan bersama PLN Peduli kembali menggelar pelatihan pada (Kamis, 5/09) dalam rangka pengembangan Desa Mandiri Berdaya di Kabupaten Sinjai. Menggandeng DDV Sulawesi…

Ilustrasi Galon

Senin, 09 September 2024 - 15:40 WIB

Ancaman BPA itu Nyata, Industri Wajib Patuhi PerBPOM Label Bahaya BPA

Jakarta – Paparan senyawa kimia Bisfenol A (BPA) yang bersumber bahan kemasan pangan, semisal pada botol dan peralatan makan bayi, galon air minum dan makanan kaleng, menghadirkan risiko kesehatan…

Program plasma domba oleh Dompet Dhuafa

Senin, 09 September 2024 - 15:15 WIB

Bersama BMT BIF, Dompet Dhuafa Hadirkan Program Plasma Domba

Dompet Dhuafa Yogyakarta bekerja sama dengan BMT BIF mengembangkan peternakan domba di Berbah Sleman Yogyakarta pada (Minggu, 08/09/2024). Kebutuhan daging domba semakin hari terus bertambah.…

Presiden Jokowi resmikan 4 seksi jalan tol Sigli-Banda Aceh, Seksi 1 yang tersisa pada akhir tahun, sehingga jalan tol dapat segera dioperasikan sepenuhnya,

Senin, 09 September 2024 - 13:26 WIB

Telan Anggaran Rp13,55 Triliun, Presiden Jokowi Resmikan 4 Seksi Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Garapan Hutama Karya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, meresmikan 4 (empat) seksi Jalan Tol Sigli – Banda Aceh garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) pada hari ini, Senin…