Masyarakat dan Prajurit TNI AL Marore Sangihe Laksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Laut

Oleh : Herry Barus | Minggu, 16 Agustus 2020 - 05:00 WIB

Masyarakat dan Prajurit TNI AL Marore Sangihe Laksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Laut
Masyarakat dan Prajurit TNI AL Marore Sangihe Laksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Laut

INDUSTRY.co.id - Sangihe- Ragam cara yang dilakukan masyarakat untuk menyemarakkan dan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya. Seperti halnya yang dilakukan masyarakat Kampung Marore, Kecamatan Marore, Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara dalam peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020.

Dipimpin langsung oleh Komandan Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Marore Letda Laut (P) Suendra, masyarakat pesisir Kampung Marore beserta instansi pemerintah daerah, TNI-POLRI, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama tetap bersemangat, bersama-sama melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Laut Marore, tepatnya di perairan Pelabuhan Marore, meskipun Bangsa Indonesia masih diselimuti keprihatinan karena wabah Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Posal Marore ini tidak halnya ada di Marore. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di Posal Posal di bawah Lanal Tahuna di bawah pimpinan Danlanal Tahuna Letkol Laut (P) Yulis Andreas Lorentius M.Tr Hanla,.M.M pelaksanaan Upacara di Kab Kepl Sangihe.

Acara ini dibuat secara sederhana, namun tidak mengurangi makna dan kekhidmatannya. Dengan melibatkan para nelayan dari 3 kampung (Ledongan), masyarakat menyambut baik dan sangat antusias dalam momentum yang sakral bagi Bangsa Indonesia ini, terbukti sebanyak 54 nelayan di atas pamboatnya, dengan penuh khidmad memberikan penghormatan kepada Sang Merah Putih dan ikut serta dalam pengibaran bendera secara bersama di atas Pamboat.

Upacara yang diikuti oleh puluhan nelayan beserta pambutnya ini terdiri dari masyarakat Ledongan 1 mengerahkan 22 armada pambutnya, Ledongan 2 mengerahkan 11 perahu dan Ledongan 3 mengirim 21 pamboat.

Posal Marore merupakan satuan yang berada di bawah kendali Lanal Tahuna, berkedudukan di pulau Marore kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, merupakan  salah satu pulau terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Filiphina.

Dalam perayaan HUT Ke-75 RI ini, Lantamal VIII dan jajarannya membagikan dan mengibarkan sebanyak 1945 bendera merah putih, tersebar di daerah satuan masing-masing.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut dintaranya, Camat Marore Ibu Imelda Lawendatu, Danramil 10 Marore Mayor Inf Komang, Kapolsek Marore Iptu Rudin P. lanta ka, Dansatga 711 Sertu Firmam, PLO Philipina Sergen Morano, Karantina kesehatan Pelabuhan sdri Mahdalena, Karantina Ikan sdr. Hardi, Syahbandar sdr. Fahdli, Kepala Puskesmas Ibu Berwin, Kepala Jamaat Marore Bpk. Simolang, Kepala Kampung Marore.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MediaTek luncurkan chipset Dimensity 9400

Kamis, 10 Oktober 2024 - 22:06 WIB

MediaTek Luncurkan Dimensity 9400: Chipset Flagship dengan Performa AI dan Gaming Terdepan

Dirancang dengan fokus pada efisiensi daya dan kemampuan komputasi canggih, chipset MediaTek Dimensity 9400 menghadirkan pengalaman terbaik dalam gaming, AI generatif, dan fotografi berkualitas…

Kampanye Duta Baca Berdaya Dengan Buku di Jambi pada Kamis (10/10/2024).

Kamis, 10 Oktober 2024 - 21:00 WIB

Bangun Masyarakat Cerdas Lewat Literasi, Jambi Dorong Lahir Penulis-Penulis Muda

Membaca adalah cara kita membuka cakrawala dunia, sedangkan menulis adalah langkah nyata untuk mengekspresikan pemikiran dan berbagi pengetahuan.

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, (ke empat dr kanan) bersama Direktur Utama Kideco, Muhammad Kurnia Ariawan, (ketiga dr kiri) seusai melakukan penanaman pohon di area kerja Kideco, di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur

Kamis, 10 Oktober 2024 - 20:50 WIB

Pj Gubernur Kaltim Apresiasi Kideco Jaya Agung Konsisten Lestarikan Lingkungan & Sejahterakan Masyarakat

Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik mengungkapkan bahwa perusahaan tambang telah memberikan dampak positif terhadap kelestarian lingkungan di sekitar lokasi tambang.

Ilustrasi Penyedia Teknologi Mata Uang Digital (cryptocurrency) (Patrick George / Getty Images)

Kamis, 10 Oktober 2024 - 20:24 WIB

FEKDI x KKI 2024: Digitalisasi sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Keuangan Digital

FEKDI x KKI 2024 tak hanya berbasis pada sosialisasi kebijakan dan pameran semata, tetapi juga dimeriahkan oleh berbagai hal seperti halnya music performance.

Anugrah Pakerti, CEO dari Avoskin.

Kamis, 10 Oktober 2024 - 20:17 WIB

Satu Dekade, Avoskin Mantap sebagai Brand Skincare Lokal dengan Inovasi dan Keberlanjutan

Sejak didirikan pada 2014 di Yogyakarta, Avoskin terus menghadirkan produk-produk inovatif dengan komitmen kuat pada keberlanjutan.