Heboh Video Lurah Ngamuk Lantaran Siswa Titipannya Gagal Masuk SMAN 3 Tangsel

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 18 Juli 2020 - 15:59 WIB

Dok. IST
Dok. IST

INDUSTRY.co.id - Tangsel – Video Lurah Benda Baru, Tangerang Selatan, Banten mengamuk dan menendang toples dihadapanya akibat calon siswa titipan tidak diterima di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Tangerang Selatan yang beredar luas di masyarakat mendapat perhatian serius dari masyarakat, khususnya Generasi Tujuh (G7).

Deputi Sosial Politik G7, Akhrom Saleh menilai kejadian dan sikap tidak terpuji tersebut sepatutnya tidak terjadi, apalagi kebijakan yang diberlakukan pemerintah pusat melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan harusnya dapat diterjemahkan dan diimplementasikan oleh pemangku kebijakan, khususnya pejabat di Tangerang Selatan.

"Bukan malah menyalahgunakan kekuasaannya dengan mengintervensi pihak sekolah,” ujar Akhrom melalui keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Sabtu (18/7/2020).

Selain itu pria yang sejak 28 tahun silam yang telah bermukim di Tangerang Selatan ini juga menyampaikan, bahwa dengan kejadian tersebut pihaknya juga mendukung pihak kepolisian untuk menegakkan hukum yang seadil-adilnya, agar dapat menjadi contoh bagi para pejabat di Kota Tangerang Selatan.

“Kita tidak boleh juga menghakimi lurah Benda Baru, seolah-olah kita hakimnya, serahkan kepada pihak yang berwenang,” tegas Akhrom.

Ia juga menyesalkan sikap Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie yang seolah-olah lepas tangan, yang mengatakan di salah satu media online nasional, bahwa ia sangat menyesalkan perbuatan anak buahnya, kendati Lurah tersebut bagian dari binaan dan strukturalnya.

“Saya kira Pak Benyamin Davnie sebagai Wakil Wali Kota juga turut bertanggungjawab, setidaknya secara moral dan akhirat. Nggak lucu juga kalau lepas tangan, sementara kejadian itu di wilayah administratifnya,” ungkapmya.

Oleh karena itu pihaknya meminta dan mendesak pemerintah dan DPRD Kota Tangerang Selatan untuk melakukan investigatif ke bawah, khususnya sekolah-sekolah negeri di Kota Tangerang Selatan dari SD, SMP sampai dengan SMU agar adanya transparansi penerimaan murid baru.

“Saya kira sangat penting pemkot dan DPRD untuk investigatif memeriksa sekolah-sekolah negeri di Tangsel, itu kan semata-mata untuk transparansi dan keterbukaan publik. Ya jujur aja, dengan kejadian itu kami curiga jangan-jangan banyak murid baru yang diterima tidak sesuai zonasi tempat tinggalnya,” pungkas Akhrom.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama SIG, Donny Arsal (empat dari kanan) dan Direktur Utama KLN, Fery Hendriyanto (kelima dari kanan) bersama para pemegang saham KLN menandatangani Amandemen dan Pernyataan Kembali Perjanjian Antar Pemegang Saham KLN di Habitare Apart Hotel Rasuna, Jakarta, pada Kamis (27/06/2024).

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:41 WIB

SIG Lakukan Ekspansi di IKN dengan Kepemilikan 20,9% Saham PT Karya Logistik Nusantara

Jakarta– Pembangunan IKN yang mayoritas porsinya konstruksi, menjadi incaran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melakukan ekspansi bisnisnya. Volume kebutuhan semen dan bahan baku konstruksi…

Rumah Bebas Semut dengan Solusi Praktis dari Gravel

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:15 WIB

Rumah Bebas Semut dengan Solusi Praktis dari Gravel

Jakarta- Masalah semut di rumah sering menjadi tantangan yang dihadapi banyak pemilik hunian. Hampir setiap rumah pernah mengalami invasi semut yang bisa mengganggu kenyamanan, bahkan menimbulkan…

Asiana Soccer School

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:14 WIB

TOP! Asiana Soccer School, Skuad Tim Sepak Bola Binaan Menperin Agus Sukses Juarai Top Skor 2024

Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan rasa bangganya sekaligus mengucapkan rasa syukur atas keberhasilan skuad tim sepak bola binaannya yakni Asiana Soccer…

Tips Lifepal - Salah Kaprah Pemakaian Lampu Hazard, Ini Fungsi Sesungguhnya

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:07 WIB

Salah Kaprah Pemakaian Lampu Hazard, Ini Fungsi Sesungguhnya, Ayo Simak Tips Lifepal

Jakarta- Masih banyak pengemudi di jalan raya yang salah kaprah dengan fungsi lampu hazard. Padahal, sudah jelas fungsi lampu hazard hanya boleh digunakan saat kondisi darurat.

Menparekraf, Sandiaga Uno

Jumat, 28 Juni 2024 - 12:45 WIB

Menparekraf Dorong Penguatan Ekonomi Digital di Kawasan Asia Tenggara

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong penguatan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara, terutama di negara-negara anggota ASEAN (Association…