Hadapi New Normal, Kawan Lama Maksimalkan Platform Digital untuk Industrial

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Juni 2020 - 09:18 WIB

PT Kawan Lama Sejahtera
PT Kawan Lama Sejahtera

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, distributor kebutuhan industrial, PT Kawan Lama Sejahtera telah menerapkan pola kenormalan baru (new normal) dengan protokol kesehatan serta mengembangkan aktivitas digital selama menjalankan operasional perusahaan.

Untuk tetap produktif pada masa new normal, perusahaan mengambil langkah strategis dengan memaksimalkan platform digital. Beberapa aktivitas digital yang lakukan diantaranya adalah Sharing Session berbentuk seminar online yang berhubungan dengan dunia industrial, mulai dari otomotif, machinery, measuring, packaging, cleaning, dan lainnya.

Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera mengungkapkan bahwa, implementasi new normal akan membawa pada perubahan cara berpikir dan cara kerja.

"Yang sekarang ini Kawan Lama lakukan ialah dengan memanfaatkan platform digital sebagai media komunikasi, baik untuk internal dan eksternal. Oleh sebab itu digital marketing juga kita perkuat. Serta infrastruktur digital meeting juga kita manfaatkan," ungkap Tony melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (29/6/2020).

Memaksimalkan ruang digital sebagai wadah edukasi dunia industri dapat memberi informasi sekaligus kemudahan berinteraksi antara Kawan Lama dengan para pelaku bisnis. 

Aktivitas digital tersebut diharapkan juga dapat membantu memberikan support terhadap pemulihan pada sektor-sektor yang terkena dampak pandemi melalui edukasi dari para praktisi. Dengan demikian dapat meningkatkan produktivitas, serta keamanan dalam beraktivitas pun terjamin.

Adanya perubahan pola konsumsi digital sejak masa pandemi, akan menghasilkan perubahan baru pada perekonomian Indonesia, terutama dalam ekonomi digital, yakni mempercepat transformasi ekonomi Indonesia. Melihat hal tersebut, infrastruktur digital akan terus menjadi dukungan utama bagi sebagian besar kegiatan produktif di masyarakat.

Sementara, secara internal Kawan Lama juga menerapkan protokol kesehatan sesuai standar di area kerja dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan infrared thermometer dan thermal scanning, mewajibkan karyawan untuk memakai masker, menyediakan hand sanitizer serta fasilitas cuci tangan yang memadai, serta penyemprotan disinfektan di seluruh area kerja secara berkala.

Selain itu, penerapan physical distancing juga dilakukan, seperti pembagian kelompok kerja karyawan, serta pembatasan jumlah orang di dalam lift.

Untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, tim service center Kawan Lama juga menggunakan APD sesuai dengan standar operasional industri dan menerapkan protokol kesehatan; serta dilengkapi dengan surat tugas dan surat keterangan sehat untuk menunjang protokol kesehatan dari pemerintah. Untuk memastikan karyawan bebas COVID-19, seluruh karyawan Kawan Lama juga sudah menjalani rangkaian rapid test.

“Kita menyadari bahwa COVID-19 ini masih ada di sekeliling kita. Maka dari itu, menyambut new normal ini lebih baik kita bersiap diri supaya proses bisnis tetap berjalan. Tentunya, yang terutama adalah kesehatan harus dipersiapkan dengan baik,” tutup Tony.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para Perusahaan penerima penghargaan

Sabtu, 07 Desember 2024 - 00:34 WIB

Mengoptimalkan Customer Experience dan Digital Engagement untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Di tengah perubahan cepat yang terjadi di dunia bisnis, perusahaan semakin mengutamakan customer experience (CX) dan digital engagement untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Customer experience…

Ketua Dewan Masjid Indonesia Muhammad Jusuf Kalla saat tinjau Pabrik Aqua di Sukabumi

Sabtu, 07 Desember 2024 - 00:21 WIB

AQUA dan Dewan Masjid Indonesia Tandatangani Nota Kesepahaman, Meningkatkan Kemitraan Strategis

AQUA hari ini menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) bertempat di Pabrik AQUA di Mekarsari, Sukabumi. Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk semakin memperkuat…

Dompet Dhuafa kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih penghargaan kategori EXCELLENT dalam ajang “Indonesia Customer Experience & Digital Customer Engagement 2024”

Jumat, 06 Desember 2024 - 23:58 WIB

Dompet Dhuafa Raih Penghargaan EXCELLENT Dalam Ajang Indonesia Customer Experience & Digital Customer Engagement 2024

Berkat kepercayaan seluruh donatur, mitra, stakeholder, juga para relawan, Dompet Dhuafa kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih penghargaan kategori EXCELLENT dalam ajang “Indonesia…

Kopi Ilustrasi

Jumat, 06 Desember 2024 - 23:45 WIB

Ini Wujud Nyata TMMIN Dorong Hilirisasi Industri Agro di Tanah Air

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melalui inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) terus mendorong hilirisasi industri agro di Tanah Air.

Tim Relawan Dompet Dhuafa bergerak mengevakuasi warga yang terjebak banjir di sejumlah daerah di Sukabumi, Jawa Barat.

Jumat, 06 Desember 2024 - 23:33 WIB

Gerak Cepat! Relawan DMC Dompet Dhuafa Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Sukabumi

Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa Jawa Barat terjunkan tim relawan guna membantu penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah di Sukabumi, Jawa Barat, dengan…