SBY Angkat Bicara soal RUU HIP: Hati-hati, Kalau Keliru Dampaknya Sangat Besar, Kasihan Pancasila, Kasihan Rakyat

Oleh : Candra Mata | Rabu, 24 Juni 2020 - 11:10 WIB

Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono Angkat Bicara soal RUU HIP (captured INDUSTRY.co.id)
Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono Angkat Bicara soal RUU HIP (captured INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 'turun gunung' angkat bicara terkait ramainya pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang sedang digodok oleh DPR bersama Pemerintah. 

"Saya mengikuti hiruk pikuk sosial & politik seputar RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Saya juga sudah membaca & mengkaji RUU tsb. Tentu ada pendapat & tanggapan saya. Namun, lebih baik saya simpan agar politik tak semakin panas *SBY*," tulis Presiden RI keenam ini di media sosial twitter miliknya @SBYudhoyono kemarin Selasa siang (23/6).

SBY juga berpesan sekaligus mengingatkan agar Pansila sebagai dasar negara tidak boleh dikutak-katik kearah yang keliru. 

"Kita harus sungguh berhati-hati jika berpikir, berbicara & merancang sesuatu yg berkaitan dgn ideologi & dasar negara Pancasila. Apalagi jika menyentuh pula kerangka & sistem kehidupan bernegara. Kalau keliru, dampaknya sangat besar *SBY*," tuitnya. 

Selain itu, SBY juga menegaskan konsep pancasila merupakan konsesus bersama di yang menjadi sara negara sejak menyatakan diri merdeka pada tahun 1945.

"Memposisikan ideologi harus tepat & benar. Ingat, proses "nation building" & "consensus making" yg kita lakukan sejak tahun 1945 juga tak selalu mudah. Jangan sampai ada "ideological clash" & perpecahan bangsa yg baru. Kasihan Pancasila, kasihan rakyat *SBY*," sebutnya. 

Hingga berita ini diturunkan redaksi Industry.co.id, tiga tuitan SBY tersebut menuai banyak pujian dari para warganet atau netizen di platform sosial media twitter. 

Salah satu komentar datang dari akun @nikungranikung, Ia menyatakan Pancasila sudah tepat namun realisasi nya yang kadang belum bagus.

"Nahh betul, Pancasila sebenarnya udah cocok dan bagus, cuma penerapannya aja yg kadang tidak sesuai harapan," tuitnya. 

Warganet lain juga turut memberikan perhatian dan mengomentari tuitan SBY terkait RUU HIP. 

"Pemikiran terbaik serta mencerahkan kehidupan berbangsa dan bernegara," tulis akun @RicKY_KCh. 

"kasihan pancasila, kasihan rakyat. that's the point!," sebut @Putripuyo. 

"Pancasila ini sudah Final. Tapi masih di korek terus-menerus.. entah apa tujuannya," tuit akun @GilangmacZ09

"Pak SBY sebaiknya kasih statement yg jelas, mana yang harus diperbaiki. Jangan ngambang warna abu2. Selama ini bapak terkesan tidak tegas. Secara  umum saat bapak jadi president kami cukup puas dg kebijakan secara umum Dan perkembangan ekonomi," kata akun @Komari0071.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama SIG, Donny Arsal (empat dari kanan) dan Direktur Utama KLN, Fery Hendriyanto (kelima dari kanan) bersama para pemegang saham KLN menandatangani Amandemen dan Pernyataan Kembali Perjanjian Antar Pemegang Saham KLN di Habitare Apart Hotel Rasuna, Jakarta, pada Kamis (27/06/2024).

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:41 WIB

SIG Lakukan Ekspansi di IKN dengan Kepemilikan 20,9% Saham PT Karya Logistik Nusantara

Jakarta– Pembangunan IKN yang mayoritas porsinya konstruksi, menjadi incaran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melakukan ekspansi bisnisnya. Volume kebutuhan semen dan bahan baku konstruksi…

Rumah Bebas Semut dengan Solusi Praktis dari Gravel

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:15 WIB

Rumah Bebas Semut dengan Solusi Praktis dari Gravel

Jakarta- Masalah semut di rumah sering menjadi tantangan yang dihadapi banyak pemilik hunian. Hampir setiap rumah pernah mengalami invasi semut yang bisa mengganggu kenyamanan, bahkan menimbulkan…

Asiana Soccer School

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:14 WIB

TOP! Asiana Soccer School, Skuad Tim Sepak Bola Binaan Menperin Agus Sukses Juarai Top Skor 2024

Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan rasa bangganya sekaligus mengucapkan rasa syukur atas keberhasilan skuad tim sepak bola binaannya yakni Asiana Soccer…

Tips Lifepal - Salah Kaprah Pemakaian Lampu Hazard, Ini Fungsi Sesungguhnya

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:07 WIB

Salah Kaprah Pemakaian Lampu Hazard, Ini Fungsi Sesungguhnya, Ayo Simak Tips Lifepal

Jakarta- Masih banyak pengemudi di jalan raya yang salah kaprah dengan fungsi lampu hazard. Padahal, sudah jelas fungsi lampu hazard hanya boleh digunakan saat kondisi darurat.

Menparekraf, Sandiaga Uno

Jumat, 28 Juni 2024 - 12:45 WIB

Menparekraf Dorong Penguatan Ekonomi Digital di Kawasan Asia Tenggara

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong penguatan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara, terutama di negara-negara anggota ASEAN (Association…