Asiiik...Konstruksi Proyek MRT Jakarta Fase II Sudah Dimulai Lagi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 18 Juni 2020 - 09:28 WIB

Pembangunan MRT
Pembangunan MRT

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Konstruksi proyek Moda Raya Terpadu (MRT) Fase II yang sempat molor akibat virus Corona akhirnya dimulai kembali. Konstruksi yang seharusnya dimulai pada Maret lalu ini telah dimulai sejak tanggal 15 Juni 2020 kemarin.

Direktur Utama PT. MRT Jakarta, William Syahbandar mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan surat perintah untuk meneruskan pekerjaan kepada kontraktor, salah satunya adalah pada pengerjaan paket CP201. Paket ini merupakan pembangunan terowongan dan jalur MRT bawah tanah yang akan menghubungkan Bundaran HI sampai Harmoni.

William mengungkapkan, saat ini kontraktor paket CP201 sedang melakukan kegiatan mobilisasi tenaga kerja menuju Jakarta. Salah satu hal yang menjadi perhatianya adalah memastikan protokol kesehatan saat mau memasuki Jakarta.

"Fase II per 15 Juni kemarin itu kami sudah mengeluarkan surat perintah kerja kepada kontraktor dan CP201 sudah melakukan kegiatan mobilisasi personil. Tenaga kerja sudah datang, kita tetap mempersiapkan protokol kesehatan bagi seluruh tenaga kerja yang datang dari luar Jakarta," ungkap William di Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Karena adanya PSBB, lanjut William, semua yang masuk ke Jakarta diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan serta melakukan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Selain itu, pihaknya juga sudah menerapkan protokol kesehatan pada lokasi proyek dan domisili tenaga kerja. 

Menurut William, setidaknya akan ada 2 ribuan tenaga kerja secara bertahap datang ke Jakarta. "Kita akan jamin tempat proyeknya dan tempat domisili pekerja itu. Di CP201 saja itu nanti ada 2 ribu pekerja dan bertahap pelan-pelan datang," ujar William.

Sebelumnya, proyek CP201 dijadwalkan akan dimulai pengerjaannya pada bulan Maret. William mengatakan dengan molornya pembangunan selama 3 bulan, dia memprediksi fase II CP201 akan selesai paling lambat Maret 2025. Target awalnya sendiri proyek ini bisa selesai Desember 2024.

"Tiga bulan tidak ada kegiatan, otomatis waktu dimulai pekerjaan bulan Juni. Jadi kalau bulan Juni 58 bulan itu akan selesai pada Februari atau Maret di 2025," jelas William.

Dari sisi pendanaan, William mengatakan, pihaknya sudah menjamin dana dari JICA tetap berjalan dengan lancar. "Fase II ini tidak masalah dari sisi pendanaan kita jamin dengan pihak JICA," ujar William.

Pihak William sendiri pada bulan Februari 2020 lalu sudah melakukan penandatanganan paket kontrak CP201 dengan konsorsium Shimizu-Adhi Karya JV (SAJV) yang akan menggarap paket CP201 tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi anugerahkan Tanda Kehormatan Samkarya Nugraha kepada Kodim 1714 / Puncak Jaya pada peringatan Pucak HUT TNI ke-79 di Silang Monas, Jakarta.

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 16:48 WIB

Presiden Jokowi Anugerahkan Samkarya Nugraha Kepada Kodim 1714 / Puncak Jaya

Kodim 1714/Puncak Jaya menjadi salah satu satuan penerima Penghargaan Tanda Kehormatan Samkarya Nugraha pada puncak peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Monas, Sabtu (5/10/2024).

Nina Nugroho memberi sambutan di pembukaan offline store keduanya di Trans Studio Mall Cibubur.

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 14:28 WIB

Nina Nugroho Buka Offline Store Kedua di Trans Studio Mall Cibubur

Desainer fashion muslimah terkemuka, Nina Nugroho, meresmikan pembukaan offline store keduanya di Trans Studio Mall Cibubur. Setelah sukses dengan outlet pertamanya di Jl. Alternatif Cibubur.

Santunan yang diberikan Bank Mandiri di TMII

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 14:05 WIB

Rayakan Kehangatan HUT ke-26, Bank Mandiri Bagikan Santunan Pendidikan ke 2.600 Anak Yatim Piatu

Merayakan kehangatan hari jadi ke-26, Bank Mandiri sekali lagi menunjukkan komitmen kuatnya terhadap tanggung jawab sosial dengan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Melalui inisiatif…

Prundential edukasi keuangan ke masyarakat

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 13:52 WIB

Prudential Indonesia Bangun Literasi dan Inklusi Keuangan bagi Komunitas Disabilitas

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berkolaborasi dengan KONEKIN, sebuah platform sosial yang mendorong ekosistem inklusif di Indonesia, dalam mengadakan Pelatihan Literasi Keuangan…

Gedung Telkom (Foto: Ist)

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 13:48 WIB

Telkom Terus Kembangkan Inovasi Untuk Jawab Tantangan Efisiensi dan Digitalisasi

Jakarta-Transformasi digital di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menjadi fokus utama pemerintah Indonesia untuk meningkatkan daya saing, efisiensi, dan kinerja BUMN.