12 Ton Nanas Segar Semarang Diekspor ke Jeddah Arab Saudi

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Juni 2020 - 16:00 WIB

Buah Nanas (Foto Ist)
Buah Nanas (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Semarang -- Pemberlakukan kondisi pembukaan pembatasan secara bertahap atau "new normal" telah memberikan dampak yang signifikan diberbagai sektor termasuk pertanian, khususnya lalu lintas produk pertanian baik antar area atau domestik, ekspor dan impor.

 Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Semarang melaporkan pelepasan perdana  buah nanas segar asal Kabupaten Pemalang,  Jawa Tengah (Jateng) ke Jeddah.

"Ini awal yang baik, 12 ton nanas segar, senilai Rp. 176 juta telah kami pastikan memenuhi persyaratan negara tujuan ekspor dan siap diberangkatkan, "kata Parlin Robert Sitanggang, Kepala Karantina Pertanian Semarang  di Depo Pelindo III Tanjung Emas Semarang, belum lama ini

Menurut Parlin, di tahun 2019 pihaknya hanya memfasilitasi lalu lintas komoditas asal sub sektor hortikuktura ini secara domestik dengan total 7,3 ton senilai Rp. 1,9 milyar. Dan kini buah nanas segar asal panen dari petani di Desa Beluk, kecamatan Belik Pemalang Jawa Tengah telah dapat menembus pasar ekspor, tambahnya.

"Sinergitas direktorat teknis, instansi pertanian didaerah, pelaku usaha dan petani yang baik, sehingga produk ini bisa masuk pasar global," imbuhnya lagi.

Komoditas Unggulan Ekspor Baru Asal Jateng

Buah nanas (ananas comosus) merupakan buah yang banyak manfaatnya, memiliki rasa manis asam, mengandung pektin seperti serat yang memberikan tekstur kenyal.

Saat ini tercatat 1.529 hektar lahan yang dimiliki oleh para petani di desa Beluk, tepat berada di kaki Gunung Slamet. Kondisi lingkungan dengan topografis yang cocok untuk pertumbuhan ini, menjadikan nanas madu belik Pemalang yang sudah digemari pasar domestik ini tembus pasar ekspor.

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil menyampaikan bahwa ia dan jajarannya terus mendorong pertumbuhan ekspor sesuai dengan gerakan tiga kali lipat ekspor, Gratieks yang di gagas oleh Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red).

"Tidak boleh berhenti, apalagi soal pangan yang menyangkut kepentingan masyarakat. 11 bahan pangan pokok sudah ditentukan untuk terus dipantau ketersediaannya. Sementara dengan banyaknya ragam komoditas pertanian kita, ini yang kita dorong untuk di ekspor agar dapat juga menopang ekonomi," jelas Jamil.

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS, 3/6) yang menyebutkan adanya pertumbuhan ekspor pertanian sebesar 12,66% atau senilai  US$0,28 dibandingkan periode yang sama tahun 2019 (YoY) merupakan energi bagi sektor pertanian.

Barantan memiliki aplikasi yang memuat data potensi ekspor yang dapat diakses masyarakat melalui jajaran karantina pertanian di tanah air. Pihaknya juga melakukan sinergisitas dengan pemangku kepentingan untuk peningkatan ekspor.  "Seperti nanas ini sudah tembus Jeddah, tambah lagi negara tujuannya, terus gali lagi komoditas unggulan lain di Jawa Tengah," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Farida Dewi M, Pranathumas Ahli Madya dalam agenda bimbingan teknis Pengelolaan Relasi Media : “Bijak dan Pro Aktif” yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan peserta dinas daerah yang berlokasi di Bali, 18 September 2024.

Minggu, 22 September 2024 - 09:57 WIB

Kominfo: Pemerintah Daerah Berperan Menjaga Ekosistem Media Massa

Jakarta– Dalam perkembangan teknologi saat ini, peran media massa sebagai pilar keempat demokrasi mulai tergerus oleh perkembangan platform sosial media.

Luna Maya dan Darius Sinathrya menemukan sesuatu yang menarik di film Sumala.

Minggu, 22 September 2024 - 08:15 WIB

Pengalaman Baru Luna Maya dan Darius Sinathrya di Film Sumala

Diangkat dari kisah nyata di Semarang, Luna Maya dan Darius Sianthrya menemukan sisi menarik dari sosok Sumala yang konon suka menculik anak-anak yang bermain hingga magrib.

 PT JIEP Bagikan 350 Buku Bacaan dan Berikan Fasilitas Perpustakaan Sekolah melalui Program TJSL JIEP Goes to School.

Sabtu, 21 September 2024 - 22:11 WIB

PT JIEP Donasi Buku dan Fasilitas Perpustakaan di SDN Rawa Terate 03 Pagi Jakarta

Dalam kegiatan bertajuk JIEP Goes to School, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung mendonasikan 350 buku bacaan dan menyediakan fasilitas perpustakaan baru bagi SDN Rawa Terate 03 Pagi, Jakarta.

Penerapan Teknologi ERP sebagai Kunci Sukses Industri Manufaktur 4.0 di Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 - 21:22 WIB

Penerapan Teknologi ERP sebagai Kunci Sukses Industri Manufaktur 4.0 di Indonesia

Jakarta-PT Bisnis Sistem Indonesia (BSI) sebagai penyelenggara bersama Infor, pada tanggal 19 September 2024 menggelar event Indonesia Manufacturing Symposium 2024 di Holiday Inn Cikarang Jababeka.

Menlu Retno

Sabtu, 21 September 2024 - 20:53 WIB

Menlu Retno Resmikan 'Indonesia House Amsterdam', Pusat Promosi RI Terbesar di Eropa

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L. P. Marsudi, bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Mayerfas, membuka papan nama di dinding depan gedung 5 lantai beralamat…