Keistimewaan Ketiga Varian Samsung Galaxy S20 Series

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 07 Mei 2020 - 10:18 WIB

Tiga varian Samsung Galaxy S20 Series yang diluncurkan, Samsung Electronics Indonesia pada awal Maret 2020. (Foto: Youtube.com)
Tiga varian Samsung Galaxy S20 Series yang diluncurkan, Samsung Electronics Indonesia pada awal Maret 2020. (Foto: Youtube.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada awal Maret 2020, Samsung Electronics Indonesia, meluncurkan ponsel pintar (smartphone) terkini Samsung Galaxy S20 Series dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. Samsung Galaxy S20 Series ini terdiri dari tiga varian, yaitu Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20+ (baca: Samsung Galaxy S20 plus) dan Samsung Galaxy S20 Ultra.

Hingga tulisan ini dibuat, para calon pengguna produk baru Samsung ini masih bertanya-tanya mengenai perbedaan ketiga varian tersebut. Karena itu, mari kita tinjau satu per satu varian Samsung Galaxy S20 Series ini.

 

 

 

 

Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra adalah varian yang paling lengkap dan istimewa di antara Samsung Galaxy S20 Series yang ada saat ini, terutama pada teknologi kamera yang diusung smartphone ini. Ponsel pintar ini memiliki empat kamera. Salah satunya adalah kamera sensor beresolusi 108 megapixel (MP) berteknologi Nona-Binning.

 

Teknologi tersebut memampukan kamera Samsung Galaxy S20 Ultra menggabungkan sembilan pixel bayangan gambar ke dalam satu rangkaian gambar untuk menghasilkan gambar foto berkualitas tinggi serta memiliki warna yang lebih cerah dan tajam kendati diambil dalam kondisi sinar matahari berkualitas rendah (low-light).

 

Ponsel pintar ini juga memiliki fitur perbesaran kamera (space zoom) hingga 100 kali yang memanfaatkan kamera Telephoto 100X Super Resolution Zoom. Kamera ini juga dilengkapi dengan teknologi Folded Lens dan lensa optik hibrida yang mampu melakukan perbesaran objek secara hybrid hingga 10 kali (10X Hybrid Optical Zoom) sehingga memampukan kamera Samsung Galaxy S20 Ultra mengambil gambar dari jarak jauh dengan kualitas foto seperti kamera yang dimiliki para fotografer profesional.

 

Bahkan, smartphone ini juga mengusung perekam video beresolusi 8K serta RAM LPDDR5 yang nantinya bakal menjadi standar baru di industri ponsel masa depan. Perekam video ini juga mempermudah membantu proses pengeditan karena adanya fitur built-in video editing di dalamnya.

 

Berbagai permainan (games) digital berkapasitas tinggi juga pun cocok dimainkan di ponsel pintar Samsung Galaxy S20 Ultra ini karena kehadiran prosesor Exynos 990 dan RAM LPDDR5 yang berkapasitas 16 gigabyte (GB).

 

Selain itu, layar ponsel berukuran 6,9 inci berkekuatan 120 Hz yang disertai kemampuan merespon perubahan gambar dalam 46,6 milisekon (ms) per gambar membuat gerakan gambar pada games maupun video tampak lebih mulus. Ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh untuk menggerakkan seluruh perangkat elektroniknya ketika digunakan dalam waktu yang relatif lama.

 

 

 

 

Samsung Galaxy S20+

Samsung Galaxy S20+ memiliki teknologi kamera yang tidak kalah menarik. Smartphone ini dilengkapi dengan kamera DepthVision, serta fitur Super Steady untuk menghasilkan foto tanpa goncangan.

 

Empat kamera yang terdapat di belakang body ponsel memiliki kapasitas resolusi 64 MP. Selain itu terdapat pula fitur perbesaran gambar hingga 30 kali yang mampu memberikan opsi pengambilan gambar yang beragam.

 

Dengan kapasitas memori eksternal hingga 1 TB (terrabyte), pengguna tidak perlu khawatir dengan penyimpanan stok video, foto, dan data-data penting. Selain itu, ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500mAh yang dapat menemani aktifitas penggunanya selama seharian tanpa harus di-charge.

 

 

 

 

Samsung Galaxy S20

Ponsel pintar Samsung Galaxy S20 dilengkapi dengan fitur single take yang berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intellegence/AI). Fitur tersebut mampu menangkap berbagai versi dari sebuah momen ke dalam sebuah foto (gambar) serta mengelompokkan foto-foto tersebut ke dalam galeri secara otomatis. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat lebih mudah memilih hasil foto yang disukai tanpa melakukan banyak pengambilan gambar.

 

Smartphone ini mengusung layar Dynamic AMOLED 2X Quad HD+ dengan layar display berkekuatan 120 Hz serta dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Samsung Galaxy S20 Series, silakan kunjungi https://www.samsung.com/id/galaxylaunchpack/.

 

 

 

 

Kendati terdapat beberapa perbedaan seperti yang dijelaskan di atas, ketiga varian Samsung Galaxy S20 Series tersebut memiliki keistimewaan, yaitu dapat melakukan shooting film dengan kualitas gambar serupa dengan yang dihasilkan kamera profesional yang biasa digunakan dalam dunia perfilman.

 

Itu diungkapkan oleh Joko Anwar, sutradara yang telah berkecimpung dalam dunia perfilman dan dikenal sebagai sutradara film-film horor. Joko mengakui, Samsung Galaxy S20 Series mampu menghasilkan film berkualitas layar lebar.

 

“Tantangan terbesar dalam membuat film adalah biaya yang tinggi untuk kamera yang mumpuni. Belum lagi, beberapa lokasi yang cukup sulit untuk membawa kamera besar. Karena itu, kecanggihan kamera Samsung Galaxy S20 Series sangat mumpuni untuk membuat video layaknya film berkualitas profesional," ujar Joko di sela-sela acara offline class Galaxy Movie Studio di Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

Sutradara film Perempuan Tanah Jahanam dan Pengabdi Setan ini mengemukakan, resolusi video adalah salah satu aspek krusial untuk menentukan kualitas film secara keseluruhan. Pasalnya, setiap scene memiliki arti dan konsep bagi pembuat film. Karena itu, setiap kali shooting untuk satu scene, seluruh detail harus dapat terekam dengan jelas dan jernih.

 

“Detail-detail kecil ini sering berpengaruh pada alur dan konsep cerita. Kamera Samsung Galaxy S20 Series mampu merekam video dengan kapasitas resolusi 8K, sehingga setiap detail dapat terekam jelas,” papar Joko.

 

Samsung Galaxy S20 Series dilengkapi dengan kemampuan merekam video hingga kualitas 8K dengan resolusi sebesar 7.680 x 4.320 pixel, setara 33 juta pixel (33 megapixel/33MP). Fitur 8K Snap pada Galaxy S20 juga dapat menghasilkan foto beresolusi 33 MP.

 

Untuk membuat rekaman video yang stabil, Samsung Galaxy S20 Series hadir dengan fitur Super Steady 2.0 dengan teknologi Advanced Rolling Correction hingga 60 derajat. Dibekali dengan teknologi AI Motion Analysis and Prediction, sehingga pengguna dapat mengambil video layaknya menggunakan gimbal seperti videographer profesional.

 

“Biasanya, pembuat film menggunakan perangkat tambahan berupa gimbal untuk mendapatkan hasil video yang stabil dan minim guncangan. Dengan kecanggihan Samsung Galaxy S20 Series, mengambil video yang stabil tidak perlu repot-repot lagi. Fitur Super Steady 2.0 sangat membantu saya dalam proses pengambilan video di medan yang menantang dengan hasil yang maksimal,” tukas Joko.

 

Lebih lanjut Joko mengungkapkan, pencahayaan juga merupakan aspek penting dalam pembuatan film. Tetapi para pembuat film seringkali berhadapan dengan kondisi pencahayaan yang tidak menguntungkan dan tidak sesuai dengan yang diharapkan sebelumnya.

 

“Berkat teknologi low light Nona-Binning, merekam film di pencahayaan rendah tidak lagi menjadi sebuah persoalan bagi Samsung Galaxy S20 Series. Pasalnya, kamera smartphone ini mampu menggabungkan sembilan pixel bayangan gambar ke dalam satu rangkaian gambar yang berkualitas dengan warna yang lebih tajam kendati diambil dalam kondisi sinar yang minim (low-light),” pungkas Joko.

 

Untuk menghasilkan video yang berkualitas maksimal, Samsung Galaxy S20 Series juga dilengkapi Video HDR dan mode Pro Video untuk pengaturan ISO, Shutter Speed dan White Balance sesuai kebutuhan. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tak Disangka! Rahasia Rumah Mewah Raffi Ahmad di BSD yang Jarang Diketahui Orang

Minggu, 08 September 2024 - 21:25 WIB

Tak Disangka! Rahasia Rumah Mewah Raffi Ahmad di BSD yang Jarang Diketahui Orang

Jakarta-2024-Artis dan Youtuber beken, Raffi Ahmad selalu berhasil mencuri perhatian, baik dari kehidupan pribadinya maupun properti mewah yang ia miliki.

Store H&D Home Living, departemen store furniture terkemuka di Jakarta.

Minggu, 08 September 2024 - 21:24 WIB

H&D Home Living Hadirkan Store Berkonsep One-Stop Solution

Menyediakan beragam furnitur berkualitas dari merek-merek ternama, H&D Home Living menjadi destinasi utama bagi konsumen yang ingin mengubah hunian mereka menjadi cerminan impian dan gaya hidup…

Agung Priyambada: Dari Modal Pinjaman hingga Trader Sukses di Usia Muda

Minggu, 08 September 2024 - 21:18 WIB

Agung Priyambada: Dari Modal Pinjaman hingga Trader Sukses di Usia Muda

Jakarta-Agung Priyambada, seorang trader muda asal Banyuwangi, Jawa Timur, telah menorehkan prestasi di dunia trading Forex.

Pengrajin alat musik binaan BRI

Minggu, 08 September 2024 - 15:53 WIB

Berkat Pemberdayaan BRI, UMKM Ini Optimalkan Produk Bambu Hingga Mancanegara

Inspirasi tak terduga ternyata bisa menuntun seseorang membuat usaha baru dan sukses. Hal ini dialami oleh Adang, seorang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bandung, yang berhasil…

[Kiri ke kanan] Head of Esports Performance EVOS Mohammad Refie Fakhreno dan Perwakilan Yayasan Mizan Amanah Ustadz Yusuf menyerahkan bantuan buku tulis secara simbolik.

Minggu, 08 September 2024 - 15:42 WIB

EVOS Esports Gelar ROAR Fest: Luncurkan EVOS Academy dan EVOS HOPE

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-8, EVOS, organisasi gaming entertainment terkemuka di Asia Tenggara, dengan bangga mempersembahkan ROAR FEST, sebuah festival tahunan dimana kali ini…