Baitul Wakaf Launching Program Ramadhan Produktif

Oleh : Wiyanto | Rabu, 22 April 2020 - 13:14 WIB

Logo Baitul Wakaf
Logo Baitul Wakaf

INDUSTRY.co.id - Jakarta--Baitul Wakaf sebagai nazhir wakaf produktif dari Laznas BMH yang dibentuk Hidayatullah menggelar launching Program Ramadhan Produktif, Sebulan Pahala, Sejuta Manfaat bersama sejumlah media dan narasumber melalui meeting online.

Diangkatnya tema Ramadhan Produktif merupakan upaya untuk melakukan edukasi tentang wakaf produktif di bulan Ramadhan sekaligus mengajak umat islam tetap produktif dalam mengisi Ramadhan meski dalam kondisi ditengah ujian wabah yang melanda negeri.

“Ramadhan produktif merupakan program yang bertujuan memberikan manfaat yang seluas luasnya kepada masyarakat yang membutuhkan melalui pengelolaan wakaf ditengah kondisi pandemi wabah ini termasuk menjadi tantangan tersendiri bagi nazhir wakaf berperan,” ujar Direktur Baitul Wakaf Rama WIjaya, Rabu ( 22/04/2020).

Menurut Rama, meningkat serta cepatnya wabah Covid-19 menyebar membuat organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkannya sebagai pandemi global. Sehingga, dalam waktu singkat banyak yang terpapar virus, tertular bahkan meninggal dunia. Termasuk pemberlakuan social distancing dan PSBB telah diterapkan di sejumlah daerah.

“Kondisi wabah telah menggoyang stabilitas ekonomi. Yang paling merasakan dampaknya adalah golongan ekonomi lemah, miskin dan dhuafa. Maka, ini membuat Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagaimana saat ini kita tidak hanya beribadah ritual untuk diri sendiri tapi kami mengajak untuk meringankan beban sesama yang terdampak wabah agar juga bisa beribadah dengan tenang. Inilah essensi Ramadhan Produktif,” jelas Rama.

Sejumlah narasumber. Diantaranya Iwan Agustiawan Fuad selaku komisioner Badan Wakaf Indonesia, Ustad Asih Subagyo yang merupakan pembina Baitul Wakaf dan Rama Wijaya, Direktur Baitul Wakaf.

Pada even ini, Rama menyebutkan sejumlah even yang tengah dijalankan Baitul Wakaf dalam meningkatkan peran wakaf dalam berkontribusi dalam berbagai sektor. Diantara program Ramadhan produktif adalah pembangunan Rumah Sakit, Wakaf Sawah Produktif, Wakaf Minimarket, Wakaf Peternakan, hingga Wakaf Sosial Pendidikan.

Menurutnya, program yang telah berjalan akan dikolaborasikan dalam membantu penanganan dampak COVID 19, baik dari sektor pangan, pendidikan, kesehatan hingga ekonomi. Tentunya juga perlu dorongan dan kesadaran dari masyarakat luas dalam berwakaf agar manfaat yang diberikan bisa lebih besar kedepan.

"Saat ini untuk berwakaf sudah sangat mudah dilakukan bisa dimana saja dan kapan saja. Maka semua bisa ambil peran. Saat kondisi makin sulit, maka diperlukan banyak orang baik membantu dan ambil bagian. Saatnya Ramadhan kita tahun ini Ramadhan Produktif membantu sesama," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presscon AMI Awards 2024.

Selasa, 15 Oktober 2024 - 23:25 WIB

Nominasi AMI Awards 2024, Merayakan Keberagaman Musik Generasi Baru

Dengan Musik Generasi Baru sebagai tema, AMI Awards 2024 tidak hanya menjadi ajang penghargaan, tetapi juga perayaan semangat kreatif yang terus tumbuh di kalangan musisi muda.

Aice Luncurkan Edisi Terbatas Crispy Balls dengan Wajah Gregoria dan Veddriq.

Selasa, 15 Oktober 2024 - 22:46 WIB

Aice Luncurkan Edisi Terbatas Crispy Balls dengan Wajah Gregoria dan Veddriq, Rayakan Prestasi Atlet Olimpiade

Peluncuran Aice Crispy Balls edisi khusus ini merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap perjuangan Gregoria dan Veddriq yang telah mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade 2024 Paris.

Ilustrasi Digitalisasi (Ist)

Selasa, 15 Oktober 2024 - 22:17 WIB

FEKDI x KKI 2024 : Inovasi Ekonomi dan Keuangan Digital

FEKDI x KKI 2024 bertujuan untuk selebrasi atas kemajuan pesat digitalisasi Indonesia, sekaligus komitmen bersama untuk akselerasi transformasi digital ke depan.

Agen BRILink

Selasa, 15 Oktober 2024 - 21:27 WIB

AgenBRILink Bukti Nyata Peran BRI Ciptakan Pemerataan Ekonomi yang Inklusif

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, melalui inisiatif AgenBRILink, membuktikan perannya sebagai agen pembagunan khususnya dalam menciptakan pemerataan ekonomi yang inklusif di seluruh Indonesia.…

Topping Off Gedung Institut Neurosains Nasional di RS Pusat Otak Nasional (RSPON).

Selasa, 15 Oktober 2024 - 21:26 WIB

Menteri Kesehatan Topping Off Gedung INN di RSPON, Pusat Layanan Penelitian dan Layanan Unggulan Otak dan Saraf

Menkes Budi Gunadi Sadikin resmikan dua gedung INN di RSPON sebagai pusat pelayanan kesehatan komprehesif berbasis sitem cluster dan pusat pendidikan serta penelitian.