Lintasarta, Membangun ICT Hingga Pelosok Negeri

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 31 Januari 2020 - 08:34 WIB

Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi
Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Lintasarta merupakan anak perusahaan PT Indosat Tbk. Didirikan sejak April 1988,  Lintasarta telah menjadi perusahaan ICT yang menghadirkan layanan komunikasi data serta internet handal hingga ke wilayah-wilayah terpencil di Nusantara.

Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi dengan lebih 35.000 jaringan yang meliputi layanan komunikasi data fiber optik, jaringan satelit, Managed Security & Collaboration, Data Center dan DRC, Cloud Computing, Managed Services, E-Health, Third Party Administrator (TPA) dan solusi total komunikasi data. Didukung oleh lebih dari 1000 staf berpengalaman diantaranya memiliki sertifikasi Internasional yang tersebar di dari 44 kota di Indonesia.

Lintasarta terus meningkatkan transformasi digital bisnis perusahaan. Dari yang tadinya penyedia jaringan layanan komunikasi data (komdat) menjadi ICT total solution provider. Lintasarta telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun untuk menyediakan solusi korporat yang melibatkan komunikasi data, internet, dan layanan TI. Saat ini telah membangun jaringan luas di negara ini dan sudah melayani 2.400 klien dalam tiga dekade operasinya, kualitas layanan juga telah menjadi salah satu komitmen perusahaan.

Operasi TI yang disederhanakan dan efisien diyakini berkontribusi terhadap produktivitas dan daya saing perusahaan. Terinspirasi oleh moto SAFE (aman, terjangkau, fleksibel, keunggulan), Lintasarta berupaya untuk memberikan solusi komputasi awan terbaik kepada klien.

Lintasarta telah membangun reputasi yang membuatnya mendapatkan pengakuan domestik dan internasional dengan penghargaan terbaru datang di Frost & Sullivan: Penghargaan Praktik Terbaik Asia Pasifik 2019 sebagai Layanan Infrastruktur Cloud Indonesia Penyedia Tahun Ini.

Ada beraoa produk dan layanan Lintasarta. Pertama Connectivity. Yaitu Solusi komunikasi untuk digunakan antara kantor pusat dan kantor cabang di berbagai lokasi termasuk daerah terpencil, didukung infrastruktur serta para ahli yang andal, termasuk dalam mengoperasikan VSAT di lebih dari 13.000 titik di seluruh Indonesia.

Kedua  IT SERVICES. Solusi IT end-to-end dengan infrastruktur handal, dukungan tenaga ahli bersertifikasi internasional dan berpengalaman dalam menangani kebutuhan IT yang kompleks dari berbagai macam perusahaan, pelanggan pun dapat lebih fokus pada bisnis intinya. Ketiga  DIGITAL SOLUTIONS, yaitu  Solusi digital dalam meningkatkan kinerja bisnis dengan efisien melalui aplikasi digital berbasis cloud.

 “Ya Lintasarta memiliki solusi layanan yang lengkap untuk IT services seperti Data Center, Cloud Services, yang terbaru layanan Managed SOC,Wifi marketing, Digital Queuing system,TPCM, Skota data hingga Smart campus,” ujar Senior Manager Corporate Communicaton Lintasarta Suci Andirini, dalam temu media, di Kantor Lintasarta, Jakarta, Kamis (30/1/2019).

Andirini memasang target agar bisa terus meningkatkan sektor solusi digitalisasi di segmen finance, pemerintah, healthcare dan edukasi yang menjadi fokus kami di tahun 2020. Sementara General Manager Marketing Bayu Adi Pramono mengatakan, Lintasarta berkomitmen untuk menjadi mitra perusahaan terbaik dalam layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu Indonesia mempercepat transformasi digital.

"Kami akan terus berekspansi setelah mendorong pembangunan infrastruktur melalui kabel fiber optic maka saatnya kini membangun tranformasi digital di tiap bidang, Salah satunya melalui penerapan kota cerdas atau smart city," pungkasnya.

Jika selama ini 70 persen pendapatan perusahaan dari bisnis jaringan, Lintasarta mulai menangkap tren transformasi digital yang dilakukan oleh banyak lembaga. Berbagai segmen pun menjadi bidikan perusahaan, mulai dari segmen manufaktur, keuangan, pendidikan, hingga pemerintahan.

“Tahun 2019 berhasil kami lalui dengan sangat baik. Pertumbuhan bisnis di angka 10%-15% pun bisa kami capai. Tahun ini, angka tersebut akan kami pertahankan. Salah satu cara dengan melebarkan bisnis kami ke solusi digital,” ujar Ade Kurniawan, General manager Corporate Secretary Lintasarta di Jakarta, Kamis (30/1/2020)

Di lini bisnis ini, Lintasarta memiliki dua produk, Skota dan Owlexa. Keduanya memiliki berbagai layanan. Secara keseluruhan, Lintasarta memberikan layanan menyeluruh untuk proses digitalisasi.

Misalnya pada produk Skota, Lintasarta menyediakan sistem informasi kota. Mulai dari monitoring kota, command center, berbagai aplikasi, atau video analytics untuk berbagai kebutuhan. Produk ini pun ditujukan untuk segmen pemerintahan, seperti digitalisasi kota dan kabupaten.

“Kini kami telah bekerjasama dengan 20 kota dan kabupaten untuk mendigitalisasikan wilayah mereka. Sektornya pun beragam, bisa di sektor pendidikan, kesehatan, atau lingkungan. Untuk melayani segmen ini, tantangannya pun cukup besar,” ujar Senior Advisor Strategic Business Development Yosi Widiyanti.

Sepanjang perjalanan bisnsnya, Lintasarta menemukan kondisi dan sumber daya yang berbeda di setiap daerah. Misalnya saja ketersediaan internet, visi para pemimpin di daerah tersebut, hingga kebutuhan di sektor tertentu.

“Tahun 2020, kami targetkan pendapatan dari bisnis smart city hingga puluhan miliar rupiah. Pasar ini cukup seksi mengingat anggaran yang besar dan harus dikeluarkan,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan Mazda Transyogi

Rabu, 26 Februari 2025 - 13:03 WIB

Mazda Transyogi Resmi Dibuka di Cibubur, Perkuat Jaringan Dealer Mazda di Jawa Barat

Mazda Transyogi menjadi dealer pertama Mazda yang dibuka pada 2025 dan menambah jumlah total dealer Mazda di Indonesia menjadi 29 lokasi.

Ultrachem menggelar Seminar Internasional bertajuk "Integrated Technology for Structural Repair and Strengthening".

Rabu, 26 Februari 2025 - 12:27 WIB

Ultrachem Dorong Inovasi Infrastruktur melalui Seminar Internasional

Seminar internasional yang digelar Ultrachem menjadi ajang penting yang mempertemukan para pakar, akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan dalam industri konstruksi untuk membahas inovasi…

Iftar mewah ekslusif selama Ramadan di Sheraton Jakarta Soekarno Hatta Airport

Rabu, 26 Februari 2025 - 11:53 WIB

Sheraton Jakarta Soekarno Hatta Airport Sajikan Iftar Mewah dengan Nuansa Timur Tengah dan Nusantara

Melalui program “Perjalanan Kuliner Iftar Eksklusif”, Sheraton Jakarta Soekarno Hatta Airport menghadirkan kombinasi sempurna antara tradisi, kemewahan, dan cita rasa autentik dari Timur…

Kerjasama TIKI dan BRI

Rabu, 26 Februari 2025 - 11:20 WIB

Kolaborasi TIKI dan BRI, Permudah UMKM Akses Layanan Keuangan dan Peluang Keagenan Kurir

Perusahaan jasa pengiriman, PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) mengumumkan kerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. untuk mempermudah UMKM Indonesia dalam memperoleh akses terhadap…

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara RDS dengan CFIN

Rabu, 26 Februari 2025 - 11:15 WIB

RDS – CFIN Jalin Kolaborasi Percepat Kredit Teknologi Digital

PT Reycom Document Solusi (RDS) telah resmi menjalin kerja sama strategis dengan PT Clipan Finance Indonesia Tbk (CFIN) untuk mengembangkan Aplikasi Mobile Order/Sales, Loan Origination System…