Lintasarta, Membangun ICT Hingga Pelosok Negeri

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 31 Januari 2020 - 08:34 WIB

Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi
Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Lintasarta merupakan anak perusahaan PT Indosat Tbk. Didirikan sejak April 1988,  Lintasarta telah menjadi perusahaan ICT yang menghadirkan layanan komunikasi data serta internet handal hingga ke wilayah-wilayah terpencil di Nusantara.

Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi dengan lebih 35.000 jaringan yang meliputi layanan komunikasi data fiber optik, jaringan satelit, Managed Security & Collaboration, Data Center dan DRC, Cloud Computing, Managed Services, E-Health, Third Party Administrator (TPA) dan solusi total komunikasi data. Didukung oleh lebih dari 1000 staf berpengalaman diantaranya memiliki sertifikasi Internasional yang tersebar di dari 44 kota di Indonesia.

Lintasarta terus meningkatkan transformasi digital bisnis perusahaan. Dari yang tadinya penyedia jaringan layanan komunikasi data (komdat) menjadi ICT total solution provider. Lintasarta telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun untuk menyediakan solusi korporat yang melibatkan komunikasi data, internet, dan layanan TI. Saat ini telah membangun jaringan luas di negara ini dan sudah melayani 2.400 klien dalam tiga dekade operasinya, kualitas layanan juga telah menjadi salah satu komitmen perusahaan.

Operasi TI yang disederhanakan dan efisien diyakini berkontribusi terhadap produktivitas dan daya saing perusahaan. Terinspirasi oleh moto SAFE (aman, terjangkau, fleksibel, keunggulan), Lintasarta berupaya untuk memberikan solusi komputasi awan terbaik kepada klien.

Lintasarta telah membangun reputasi yang membuatnya mendapatkan pengakuan domestik dan internasional dengan penghargaan terbaru datang di Frost & Sullivan: Penghargaan Praktik Terbaik Asia Pasifik 2019 sebagai Layanan Infrastruktur Cloud Indonesia Penyedia Tahun Ini.

Ada beraoa produk dan layanan Lintasarta. Pertama Connectivity. Yaitu Solusi komunikasi untuk digunakan antara kantor pusat dan kantor cabang di berbagai lokasi termasuk daerah terpencil, didukung infrastruktur serta para ahli yang andal, termasuk dalam mengoperasikan VSAT di lebih dari 13.000 titik di seluruh Indonesia.

Kedua  IT SERVICES. Solusi IT end-to-end dengan infrastruktur handal, dukungan tenaga ahli bersertifikasi internasional dan berpengalaman dalam menangani kebutuhan IT yang kompleks dari berbagai macam perusahaan, pelanggan pun dapat lebih fokus pada bisnis intinya. Ketiga  DIGITAL SOLUTIONS, yaitu  Solusi digital dalam meningkatkan kinerja bisnis dengan efisien melalui aplikasi digital berbasis cloud.

 “Ya Lintasarta memiliki solusi layanan yang lengkap untuk IT services seperti Data Center, Cloud Services, yang terbaru layanan Managed SOC,Wifi marketing, Digital Queuing system,TPCM, Skota data hingga Smart campus,” ujar Senior Manager Corporate Communicaton Lintasarta Suci Andirini, dalam temu media, di Kantor Lintasarta, Jakarta, Kamis (30/1/2019).

Andirini memasang target agar bisa terus meningkatkan sektor solusi digitalisasi di segmen finance, pemerintah, healthcare dan edukasi yang menjadi fokus kami di tahun 2020. Sementara General Manager Marketing Bayu Adi Pramono mengatakan, Lintasarta berkomitmen untuk menjadi mitra perusahaan terbaik dalam layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu Indonesia mempercepat transformasi digital.

"Kami akan terus berekspansi setelah mendorong pembangunan infrastruktur melalui kabel fiber optic maka saatnya kini membangun tranformasi digital di tiap bidang, Salah satunya melalui penerapan kota cerdas atau smart city," pungkasnya.

Jika selama ini 70 persen pendapatan perusahaan dari bisnis jaringan, Lintasarta mulai menangkap tren transformasi digital yang dilakukan oleh banyak lembaga. Berbagai segmen pun menjadi bidikan perusahaan, mulai dari segmen manufaktur, keuangan, pendidikan, hingga pemerintahan.

“Tahun 2019 berhasil kami lalui dengan sangat baik. Pertumbuhan bisnis di angka 10%-15% pun bisa kami capai. Tahun ini, angka tersebut akan kami pertahankan. Salah satu cara dengan melebarkan bisnis kami ke solusi digital,” ujar Ade Kurniawan, General manager Corporate Secretary Lintasarta di Jakarta, Kamis (30/1/2020)

Di lini bisnis ini, Lintasarta memiliki dua produk, Skota dan Owlexa. Keduanya memiliki berbagai layanan. Secara keseluruhan, Lintasarta memberikan layanan menyeluruh untuk proses digitalisasi.

Misalnya pada produk Skota, Lintasarta menyediakan sistem informasi kota. Mulai dari monitoring kota, command center, berbagai aplikasi, atau video analytics untuk berbagai kebutuhan. Produk ini pun ditujukan untuk segmen pemerintahan, seperti digitalisasi kota dan kabupaten.

“Kini kami telah bekerjasama dengan 20 kota dan kabupaten untuk mendigitalisasikan wilayah mereka. Sektornya pun beragam, bisa di sektor pendidikan, kesehatan, atau lingkungan. Untuk melayani segmen ini, tantangannya pun cukup besar,” ujar Senior Advisor Strategic Business Development Yosi Widiyanti.

Sepanjang perjalanan bisnsnya, Lintasarta menemukan kondisi dan sumber daya yang berbeda di setiap daerah. Misalnya saja ketersediaan internet, visi para pemimpin di daerah tersebut, hingga kebutuhan di sektor tertentu.

“Tahun 2020, kami targetkan pendapatan dari bisnis smart city hingga puluhan miliar rupiah. Pasar ini cukup seksi mengingat anggaran yang besar dan harus dikeluarkan,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rekomendasi Pencegahan Penyakit Menular Pernapasan bagi Jemaah Haji dan Umrah.

Kamis, 27 Februari 2025 - 00:06 WIB

Inilah Rekomendasi Pencegahan Penyakit Menular Pernapasan bagi Jemaah Haji dan Umrah.

Jakarta– Ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang ditunggu-tunggu oleh para umat Islam. Meski demikian, waktu tunggu haji yang panjang, membuat umat Islam baru bisa beribadah ketika usia…

Jaga Harga di Tingkat Konsumen, ID FOOD Gelar Operasi Pasar Siapkan Daging, Gula, hingga Minyak Goreng

Rabu, 26 Februari 2025 - 23:55 WIB

Jaga Harga di Tingkat Konsumen, ID FOOD Gelar Operasi Pasar Siapkan Daging, Gula, hingga Minyak Goreng

Jakarta – Holding BUMN Pangan ID FOOD gelontorkan produk-produk pangan unggulan dalam Operasi Pasar Pangan Murah yang dilaksanakan selama HBKN Ramadan dan Idulfitri 1446 H/2025 M

Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI Romy Wijayanto Raih Indonesia Best CFO Awards 2025

Rabu, 26 Februari 2025 - 23:44 WIB

Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI Romy Wijayanto Raih Indonesia Best CFO Awards 2025

Jakarta - Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto meraih penghargaan sebagai Best Chief Financial Officer 2025 for Leading Financial Sustainability through Inclusive Growth and…

El Rumi dan Syifa Hadju tampil di Shopee Big Ramadan Sale 2025.

Rabu, 26 Februari 2025 - 23:30 WIB

Shopee Big Ramadan Sale 2025 Dukung UMKM dan Brand Lokal dengan Kolaborasi El Rumi dan Syifa Hadju

Shopee menghadirkan kemeriahan melalui kolaborasi dengan El Rumi dan Syifa Hadju dalam kampanye belana terbesar di Indonesia, Shopee Big Ramadan Sale, yang berlangsung mulai 25 Februari hingga…

SIG dan anak usahanya berhasil meraih dua Green Leadership, tiga PROPER Emas dan lima PROPER Hijau pada ajang penghargaan PROPER tahun 2024 di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin (24/2/2025).

Rabu, 26 Februari 2025 - 23:28 WIB

Borong Dua Green Leadership, Tiga PROPER Emas dan Lima PROPER Hijau, SIG Pimpin Transformasi Industri Semen Menuju Ekonomi Hijau

Jakarta– Keunggulan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dalam menjalankan praktik bisnis berwawasan lingkungan dan sosial kembali mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH)…