Lintasarta, Membangun ICT Hingga Pelosok Negeri

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 31 Januari 2020 - 08:34 WIB

Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi
Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Lintasarta merupakan anak perusahaan PT Indosat Tbk. Didirikan sejak April 1988,  Lintasarta telah menjadi perusahaan ICT yang menghadirkan layanan komunikasi data serta internet handal hingga ke wilayah-wilayah terpencil di Nusantara.

Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi dengan lebih 35.000 jaringan yang meliputi layanan komunikasi data fiber optik, jaringan satelit, Managed Security & Collaboration, Data Center dan DRC, Cloud Computing, Managed Services, E-Health, Third Party Administrator (TPA) dan solusi total komunikasi data. Didukung oleh lebih dari 1000 staf berpengalaman diantaranya memiliki sertifikasi Internasional yang tersebar di dari 44 kota di Indonesia.

Lintasarta terus meningkatkan transformasi digital bisnis perusahaan. Dari yang tadinya penyedia jaringan layanan komunikasi data (komdat) menjadi ICT total solution provider. Lintasarta telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun untuk menyediakan solusi korporat yang melibatkan komunikasi data, internet, dan layanan TI. Saat ini telah membangun jaringan luas di negara ini dan sudah melayani 2.400 klien dalam tiga dekade operasinya, kualitas layanan juga telah menjadi salah satu komitmen perusahaan.

Operasi TI yang disederhanakan dan efisien diyakini berkontribusi terhadap produktivitas dan daya saing perusahaan. Terinspirasi oleh moto SAFE (aman, terjangkau, fleksibel, keunggulan), Lintasarta berupaya untuk memberikan solusi komputasi awan terbaik kepada klien.

Lintasarta telah membangun reputasi yang membuatnya mendapatkan pengakuan domestik dan internasional dengan penghargaan terbaru datang di Frost & Sullivan: Penghargaan Praktik Terbaik Asia Pasifik 2019 sebagai Layanan Infrastruktur Cloud Indonesia Penyedia Tahun Ini.

Ada beraoa produk dan layanan Lintasarta. Pertama Connectivity. Yaitu Solusi komunikasi untuk digunakan antara kantor pusat dan kantor cabang di berbagai lokasi termasuk daerah terpencil, didukung infrastruktur serta para ahli yang andal, termasuk dalam mengoperasikan VSAT di lebih dari 13.000 titik di seluruh Indonesia.

Kedua  IT SERVICES. Solusi IT end-to-end dengan infrastruktur handal, dukungan tenaga ahli bersertifikasi internasional dan berpengalaman dalam menangani kebutuhan IT yang kompleks dari berbagai macam perusahaan, pelanggan pun dapat lebih fokus pada bisnis intinya. Ketiga  DIGITAL SOLUTIONS, yaitu  Solusi digital dalam meningkatkan kinerja bisnis dengan efisien melalui aplikasi digital berbasis cloud.

 “Ya Lintasarta memiliki solusi layanan yang lengkap untuk IT services seperti Data Center, Cloud Services, yang terbaru layanan Managed SOC,Wifi marketing, Digital Queuing system,TPCM, Skota data hingga Smart campus,” ujar Senior Manager Corporate Communicaton Lintasarta Suci Andirini, dalam temu media, di Kantor Lintasarta, Jakarta, Kamis (30/1/2019).

Andirini memasang target agar bisa terus meningkatkan sektor solusi digitalisasi di segmen finance, pemerintah, healthcare dan edukasi yang menjadi fokus kami di tahun 2020. Sementara General Manager Marketing Bayu Adi Pramono mengatakan, Lintasarta berkomitmen untuk menjadi mitra perusahaan terbaik dalam layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu Indonesia mempercepat transformasi digital.

"Kami akan terus berekspansi setelah mendorong pembangunan infrastruktur melalui kabel fiber optic maka saatnya kini membangun tranformasi digital di tiap bidang, Salah satunya melalui penerapan kota cerdas atau smart city," pungkasnya.

Jika selama ini 70 persen pendapatan perusahaan dari bisnis jaringan, Lintasarta mulai menangkap tren transformasi digital yang dilakukan oleh banyak lembaga. Berbagai segmen pun menjadi bidikan perusahaan, mulai dari segmen manufaktur, keuangan, pendidikan, hingga pemerintahan.

“Tahun 2019 berhasil kami lalui dengan sangat baik. Pertumbuhan bisnis di angka 10%-15% pun bisa kami capai. Tahun ini, angka tersebut akan kami pertahankan. Salah satu cara dengan melebarkan bisnis kami ke solusi digital,” ujar Ade Kurniawan, General manager Corporate Secretary Lintasarta di Jakarta, Kamis (30/1/2020)

Di lini bisnis ini, Lintasarta memiliki dua produk, Skota dan Owlexa. Keduanya memiliki berbagai layanan. Secara keseluruhan, Lintasarta memberikan layanan menyeluruh untuk proses digitalisasi.

Misalnya pada produk Skota, Lintasarta menyediakan sistem informasi kota. Mulai dari monitoring kota, command center, berbagai aplikasi, atau video analytics untuk berbagai kebutuhan. Produk ini pun ditujukan untuk segmen pemerintahan, seperti digitalisasi kota dan kabupaten.

“Kini kami telah bekerjasama dengan 20 kota dan kabupaten untuk mendigitalisasikan wilayah mereka. Sektornya pun beragam, bisa di sektor pendidikan, kesehatan, atau lingkungan. Untuk melayani segmen ini, tantangannya pun cukup besar,” ujar Senior Advisor Strategic Business Development Yosi Widiyanti.

Sepanjang perjalanan bisnsnya, Lintasarta menemukan kondisi dan sumber daya yang berbeda di setiap daerah. Misalnya saja ketersediaan internet, visi para pemimpin di daerah tersebut, hingga kebutuhan di sektor tertentu.

“Tahun 2020, kami targetkan pendapatan dari bisnis smart city hingga puluhan miliar rupiah. Pasar ini cukup seksi mengingat anggaran yang besar dan harus dikeluarkan,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wamenekraf Irene Umar bersama Precious One menyimulasikan produk olahan kain percak hasil karya teman-teman dissabilitas saat melakukan audiensi di Gedung Menara Merdeka, Jakarta, Rabu (26/02/25)._

Kamis, 27 Februari 2025 - 08:25 WIB

Audiensi dengan Precious One, Wamenekraf Irene Dorong Pemberdayaan Ekonomi bagi Penyandang Disabilitas

Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) menggelar audiensi dengan Precious One untuk membahas program penguatan pelaku usaha disabilitas. Pertemuan ini bertujuan merancang strategi pemberdayaan…

BPKH Bersinergi dengan PP Muhammadiyah, Kuatkan Pengelolaan Keuangan Haji yang Berkeadilan

Kamis, 27 Februari 2025 - 08:24 WIB

BPKH Bersinergi dengan PP Muhammadiyah, Kuatkan Pengelolaan Keuangan Haji yang Berkeadilan

Jakarta- Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melakukan kunjungan ke Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Jakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dalam pengelolaan dana…

Sushi Tei Group support UMKM

Kamis, 27 Februari 2025 - 08:09 WIB

SUSHI TEI GROUP Gandeng UMKM untuk Menu Seasonal Terbaru

Seiring dengan anjuran pemerintah untuk menggerakkan perekonomian Indonesia dengan mendukung UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), Sushi Tei Group, sebagai sektor swasta, berkolaborasi dengan…

Kantor Bank Danamon

Kamis, 27 Februari 2025 - 08:01 WIB

Dahsyat, Danamon Gila Gilaan Bagikan Hadiah bagi Nasabah. Dari Mitsubishi Xforce Exceed hingga Tesla Model 3

Jakarta- PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dengan bangga mengumumkan lebih dari 680 pemenang regional serta pemenang grand prize program Danamon Hadiah Beruntun untuk periode undian regional…

Ilustrasi penetrasi internet kepada anak. (NurPhoto via Getty Images)

Kamis, 27 Februari 2025 - 07:44 WIB

Menjawab Kekhawatiran Publik, Pemerintah Susun RPP Perlindungan Anak di Ruang Digital

Jakarta– Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Digital tengah menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Perlindungan Anak di Ruang Digital untuk menjawab kekhawatiran publik…