Sebanyak 292 Karya Masuki Tahap Evaluasi Sayembara Gagasan Desain IKN

Oleh : Hariyanto | Selasa, 03 Desember 2019 - 07:30 WIB

Sayembara Gagasan Desain IKN
Sayembara Gagasan Desain IKN

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi telah mengumumkan Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) tingkat nasional terhitung sejak tanggal 2 Oktober 2019 yang diluncurkan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurut informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (3/12/2019) saat ini tercatat 292 peserta yang telah melakukan tahap pemasukan karya dalam situs sayembaraikn.pu.go.id dari keseluruhan 755 peserta yang mendaftar.

Sayembara bertujuan untuk memperoleh berbagai ide/gagasan desain kawasan melalui partisipasi masyarakat, khususnya yang berkecimpung pada bidang arsitektur, perencanaan dan perancangan kota,maupun disiplin lain yang terkait di Indonesia.

"Perencanaan dan perancangan IKN ini merupakan langkah awal yang menentukan dalam mewujudkan IKN yang sesuai dengan harapan kita semua. Dalam sayembara ini, kami berharap agar para peserta dapat mencurahkan gagasan-gagasannya untuk mentransformasikan setiap kriteria ke dalam bentuk desain kota yang kita impikan dan akan kita wujudkan bersama," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Untuk tahap selanjutnya, akan dilakukan evaluasi administrasi terhadap karya yang masuk mulai tanggal 2 hingga 6 Desember 2019. Selanjutnya proses penjurian akan dilakukan mulai tanggal 9 sampai dengan 13 Desember 2019 yang melibatkan 13 tim Juri yang telah ditetapkan oleh Menteri PUPR.

Ketua Dewan Juri adalah Imam Santoso Ernawi selaku Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN dan Andy Siswanto selaku Wakil Ketua Praktisi Urban Desain.

Anggota dewan juri yakni Gunawan Tjahjono (Arsitek), Wiendu Nuryanti (Arsitek, Budayawan & Ahli Pariwisata), Masjaya (Rektor Universitas Mulawarman), Rudy Soeprihadi Prawiradinata (Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas), Ridwan Kamil (Arsitek dan Ahli Urban Desain), Nyoman Nuarta (Pemahat Patung), Danang Priatmodjo (Ahli Rancang Kota/IARKI), Ikaputra (Arsitek/IAI), Denny Zulkaidi (Ahli Perencanaan Kota/IAP), Bintang A.Nugroho (Arsitek Lanskap), dan Daliana Suryawinata (Arsitek & Ahli Perancang Kota/Diaspora).

Setelah proses penjurian tahap 1 & 2 akan dilakukan dengan proses penetapan pemenang yang berlangsung dari tanggal 16 hingga 20 Desember 2019. Penetapan pemenang sayembara akan diumumkan pada tanggal 23 Desember 2019. Selanjutnya pemberian hadiah akan dilaksanakan tanggal 27 Desember 2019.

Sebagai pemenang desain IKN nantinya adalah 3 pemenang utama dan 2 juara harapan yang akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai total Rp 5 miliar dan piagam penghargaan. 

Setiap pemenang akan mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah. Pemenang I Rp 2 miliar, Pemenang II Rp 1,25 miliar, pemenang III Rp 1 miliar, Harapan I 1 Rp 500 juta dan Harapan II Rp 250 juta. 

Konsep dari para pemenang sayembara tingkat nasional akan menjadi bagian dari kerangka acuan untuk Sayembara taraf internasional pada 1 Januari-31 Maret 2020. Hasilnya akan dilakukan pengayaan rancangan kota hasil sayembara nasional oleh para ahli internasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

REI Bekasi Golf Tournament Jilid ke-3

Kamis, 03 Oktober 2024 - 15:45 WIB

REI Bekasi Golf Tournament Jilid ke-3 Sukses Digelar, Pererat Sulaturahmi Antar Anggota dan Mitra Bisnis

Realestat Indonesia (REI) Komisariat Bekasi kembali menggelar turnamen golf, yang merupakan agenda rutin, setelah sebelumnya sukses digelar pada Maret 2023 dan Oktober 2023 lalu. Untuk tahun…

BSI memperkuat kerjasama bisnis dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI dalam penandatanganan kerjasama payroll. Ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Jujun Endah Wahjuningrum Sekretaris (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan).

Kamis, 03 Oktober 2024 - 14:33 WIB

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll. Hingga Agustus 2024, dana payroll kelolaan BSI mencapai Rp21 triliun dengan lebih dari 1,2 juta nasabah.

Pembukaan Pameran IASGE 2024

Kamis, 03 Oktober 2024 - 14:10 WIB

Hadirkan Industri Alat Tulis dan Souvenir, Pameran Akbar IASGE 2024 Resmi Dibuka

Pameran alat tulis dan souvenir terbesar di Indonesia, ASEAN Stationery & Gift Expo (IASGE) 2024 resmi dibuka pada Kamis (3/10/2024) di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta. Digelar…

Tim Pakar IRN bersama manajemen Indofood melaksanakan sosialisasi program IRN periode 2024 – 2025 secara daring.

Kamis, 03 Oktober 2024 - 13:35 WIB

Mahasiswa S1 Bisa Dapat Dana Riset dari Indofood, Begini Caranya

Program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2024-2025 kembali menerima proposal penelitian dari mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir yang akan menyelesaikan studi strata 1-nya. Program ini terbuka bagi…

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto meresmikan Batalyon Infanteri Penyangga Daerah Rawan (PDR) di wilayah Papua, bertempat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (02/10/2024).

Kamis, 03 Oktober 2024 - 13:27 WIB

Panglima TNI Resmikan Lima Yonif PDR di Papua

(Puspen TNI) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto meresmikan Batalyon Infanteri Penyangga Daerah Rawan (PDR) di wilayah Papua, bertempat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (02/10/2024).