Pemerintah Tegaskan Giant Sea Wall Dibangun Tahun Ini

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 09 Maret 2017 - 12:12 WIB

Proyek Giant Sea Wall Dibangun Tahun Ini (foto:idntimes)
Proyek Giant Sea Wall Dibangun Tahun Ini (foto:idntimes)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah memastikan tetap akan membangun mega proyek pembangunan tanggul laut raksasa yang berada di bagian utara Jakarta.

Pembangunan proyek yang kerap disebut Giant Sea Wall ini rencananya akan diteruskan tahun 2017.

"Ya pokoknya tahun ini harus dimulai pembangunan 20 km tanggul pantai, untuk selamatkan Jakarta dari banjir rob," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala, Bappenas Bambang Brodjonegoro, Rabu (8/3).

Bambang menjelaskan, dana pembangunan untuk protek ini memang tidak sedikit. Namun, jika tidak dimulai maka proyek tersebut justru bisa merugikan banyak pihak termasuk masyarakat dan pemerintah yang bernaung di Ibukota Jakarta.

Untuk itu, pendanaan awal akan dikucurkan Pemerintah melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Dana sebesar Rp 9 triliun bakal dijadikan anggaran awal agar pengerjaan ini bisa mulai berjalan.

"Harus mulai tahun ini, dan pengerjaanya pasti multiyears," ungkapnya.

Namun, proyek ini bukan tanpa hambatan. Salah satu yang tidak setuju pembangunan tanggul tersebut adalah Greenpeace Indonesia. Organisasi tersebut menegaskan kembali sikapnya menolak berbagai rencana reklamasi pantai di Indonesia, termasuk di Teluk Jakarta.

Pasalnya alih-alih membawa manfaat, reklamasi pantai dinilai justru akan menimbulkan masalah dan bencana ekologis baru, serta tidak menghormati sejumlah norma hukum dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ALLPack Indonesia 2024 yaitu pameran berskala Internasional ke-23 akan menampilkan teknologi pengolahan dan pengemasan.

Rabu, 02 Oktober 2024 - 23:01 WIB

ALLPack dan ALLPrint Indonesia 2024 Mengungkap Potensi Industri Kemasan dan Percetakan

Krista Exhibitions kembali menggelar ALLPack Indonesia 2024 yang akan diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 9 hingga 12 Oktober.

LIXIL Day of Architecture and Design 2024

Rabu, 02 Oktober 2024 - 22:36 WIB

LIXIL Day of Architecture and Design 2024 Apresiasi Kreativitas dan Inovasi Arsitek-Desainer Indonesia

Karya-karya pemenang LADC menunjukkan pemahaman mendalam terhadap arsitektur adaptif dan solusi kreatif dalam pemanfaatan ruang yang terbengkalai, sesuai dengan tema LDAD tahun ini.

Ketua Gerindra DIY Terpilih Jadi Wakil Rakyat dari Jawa Tengah

Rabu, 02 Oktober 2024 - 22:30 WIB

Unik! Ketua Gerindra DIY Terpilih Jadi Wakil Rakyat dari Jawa Tengah

Jakarta-Sebanyak 580 anggota DPR terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik pada Selasa (1/10/2024) di ruang sidang paripurna, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Acara pelantikan ini dihadiri…

Khabib Nurmagomedov di Kahforward 2024

Rabu, 02 Oktober 2024 - 22:21 WIB

Khabib Nurmagomedov Berbagi Inspirasi di Kahforward 2024

Di Kahforward 2024, Khabib Nurmagomedov menyampaikan pesan agar kaum muda berani mengambil langkah kecil yang dapat membawa perubahan signifikan.

Mantan Menkeu Bambang Brodjonegoro: Dukung Penguatan kelembagaan BPKH untuk Optimalkan Investasi Dana Haji

Rabu, 02 Oktober 2024 - 22:12 WIB

Mantan Menkeu Bambang Brodjonegoro: Dukung Penguatan kelembagaan BPKH untuk Optimalkan Investasi Dana Haji

Jakarta - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memainkan peran penting dalam pelaksanaan ibadah haji di tanah air. Karena itu posisinya harus diperkuat agar selalu berada di garis terdepan pelayanan…