Virtus Showcase 2019 Percepatan Perkembangan Digital di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Agustus 2019 - 19:30 WIB

Virtus Showcase 2019 Percepatan Perkembangan Digital di Indonesia
Virtus Showcase 2019 Percepatan Perkembangan Digital di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Setelah  sukses diadakan di Surabaya, Bali dan Yogyakarta, kali ini Virtus Technology Indonesia, penyedia solusi infrastruktur TI dan anak  perusahaan CTI Group, kembali menggelar Virtus Showcase 2019  ini di kota Jakarta Ini menjadi tahun keenam Virtus Technology Indonesia mengadakan konferensi yang membahas tentang trend dan isu-isu seputar IT yang terbaru.

Tahun ini, Virtus Showcase  Jakarta secara khusus mengangkat tema tentang “Impact of Trade War to the adoption of Industry 4.0” dan dilangsungkan di Hotel Mulia, Jakarta Selatan. Konferensi ini dihadiri ratusan professional dari berbagai industri untuk membahas bagaimana dampak dan apa yang harus dilakukan di tengah panas dinginnya Perang Dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang masih terus berlanjut sampai saat ini terhadap adopsi teknologi di dalam negeri untuk mendukung pengembangan Industy 4.0. 

Hal ini bermula pada April 2018 lalu, dimana AS mengenakan tarif sebesar 25% atas impor senilai US$50 miliar dari Tiongkok dan secara sepihak memicu perang dagang dan berdampak secara global termasuk Indonesia. Ini menimbulkan kegalauan dan kebingungan bagi pelaku industry di tanah air dalam memilih teknologi mana  yang dapat mendukung industry mengadopsi Industry 4.0 secara umum dan Transformasi Digital secara spesifik. Oleh karena itu, salah satu langkah yang perlu dilakukan saat ini adalah meningkatkan daya saing industri Indonesia agar bisa lebih kompetitif dengan negara-negara tetangga, dengan memberikan saran akan teknologi mana yang paling tepat untuk mendukung transformasi digital dalam Virtus Showcase 2019 ini. 

“Indonesia saat ini menjadi perhatian bagi pelaku usaha dunia sebagai salah satu negara yang serius dalam mengembangkan perekonomian digital, sehingga perkembangan teknologi di negara kita harus terus menerus kita pacu. Kita bisa melihat di tahun 2017, menurut studi dari Microsoft bahwa sekitar 4% Produk Domestik Bruto Indonesia berasal dari produk dan layanan digital seperti mobility, cloud computing, , Internet of Things, dan artificial intelligence. Perdebatan akan teknologi mana yang paling cocok untuk mendukung transformasi salah satu tujuan dari Virtus Showcase 2019 ini, dimana “Trade War” diharapkan tidak menunda percepatan perkembangan digital di Indonesia, sehingga di saat muncul konflik global Trade War ini, Indonesia tetap fokus pada tujuan dan inovasi, dan tidak menjadikan pemilihan teknologi sebagai kendala namun sebagai pemicu untuk terus maju paling depan.” ujar Christian Atmadjaja selaku Direkur PT. Virtus Technology Indonesia.  (Kamis 15/8/2019)

Berdasarkan riset Google dan Temasek, pasar ekonomi digital di Indonesia mencapai US$27 miliar dan berpotensi meningkat menjadi US$100 miliar pada 2025. Dari aliran investasi asing per tahun di level US$20 miliar-US$25 miliar, diperkirakan 10%-nya disumbang dari sektor ekonomi digital. Oleh karena itu, sejak lima tahun terakhir infrastruktur ekonomi digital mulai disiapkan dengan matang bersamasama dengan negara lain. 

“Sejumlah besar perusahaan mengalami transformasi digital di seluruh dunia. Tiga tren teknologi informasi yang saat ini sedang meningkat di Indonesia adalah : 1. Data menjadi mata uang baru; 2. Semakin banyak model platform baru akan mengambil alih saluran tradisional; dan terakhir, Pertumbuhan perusahaan sekarang sangat tergantung pada cloud computing. Karena itulah Dell EMC menyederhanakan IT dengan menyatukan komputasi, penyimpanan, jaringan, dan perlindungan data dalam sistem yang sepenuhnya direkayasa dan desain yang tervalidasi untuk menunjang infrastruktur IT di Indonesia” kata Adir Ginting sebagai Infrastructure Director of Dell EMC Indonesia

Virtus Showcase 2019 menghadirkan Prof. Rhenald Kasali sebagai pembicara utama yang mengupas dampak dan peluang perang dagang US-Tiongkok bagi Indonesia. Selain itu, Adir Ginting dari Dell EMC yang juga membawakan materi tentang Digital Organization Powered by Data & Multi Cloud. Ada juga Dhany Kurniawan dari Check Point Indonesia yang menjelaskan mengenai The Zero Trust Approach dalam mengamankan pelaku industri dari Cyber Trap dan E. Wiryadi Salim Dari Huawei Enterprise yang membahas tentang Building the Foundation for the Digital World.

“Kami turut bersemangat bisa menjadi bagian dari Virtus Showcase 2019 ini. Kita lihat bagaimana saat ini infrastruktur digital terus menerus berkembang.  Namun, dari sisi lain justru menimbulkan tantangan keamanan. Tidak ada lingkungan yang kebal terhadap serangan cyber. Pelaku ancaman terus mengembangkan perangkat dan teknik baru, menargetkan aset perusahaan yang tersimpan di infrastruktur cloud, aplikasi third-party, dan bahkan platform e-mail. Itu adalah hasil riset dari tim Check Point Security sendiri dan kami menyadari betul hal tersebut. Oleh karena itu kami menyediakan solusi terintegrasi dengan Architecture Check Point Infinity  untuk memberikan jaminan keamanan bagi pengguna kami.” ujar Country Manager Check Point, Dhany Kurniawan. 

“Indonesia bisa dikatakan masih dalam tahap awal dalam era transformasi digital ini. Agar tetap dapat bersaing, kita perlu memprioritaskan pengembangan infrastruktur TIK, terutama konektivitas pita lebar dan adopsi cloud ke tingkat strategis dalam perencanaan ekonomi untuk mengaktifkan sumber daya lokal dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Bagi Huawei sendiri, kami menekankan konsep Intelligent Connectivity yang tentunya akan bergantung pada berbagai faktor seperti dukungan regulasi pemerintah, transformasi digital perusahaan, inovasi bisnis dan teknologi, serta ekosistem digital.” Tutup E. Wiryadi Salim sebagai Senior Solution Manager Huawei Enterprise. 

Tentang Virtus   

Didirikan pada tahun 2007, PT. Virtus Technology Indonesia diakusisi oleh CTI Group pada 2011. Virtus mampu menghadirkan nilai tambah dalam memperluas jaringan pasar, penawaran produk lengkap,  peningkatan penjualan dan meraih peluang yang tersedia di pasar seiring dengan pesatnya  pertumbuhan bisnis TI di Indonesia.

Berangkat dengan visi menjadi penyedia solusi infrastruktur TI  terdepan di Indonesia, Virtus telah menjadi pilihan para mitra bisnis dan end user berkat tenaga  profesional di bidang bisnis dan teknologi. Untuk informasi lengkap, kunjungi  www.virtusindonesia.com.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pamerkan Inovasi, IKM Alat Angkut Siap Bersaing di Era Kendaraan Listrik

Minggu, 27 Oktober 2024 - 13:24 WIB

Pamerkan Inovasi, Kemenperin: IKM Alat Angkut Siap Bersaing di Era Kendaraan Listrik

Perkembangan pasar kendaraan listrik (electric vehicle/EV), tidak hanya memberikan manfaat pada upaya pelestarian lingkungan, namun juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memajukan ekosistem…

Press conference Indonesian Music Awards (“IMA”) 2024 yang digelar RCTI dan Langit Musik.

Minggu, 27 Oktober 2024 - 13:13 WIB

Langit Musik dan RCTI Kembali Gelar IMA 2024, Ini Cara Votingnya

Tahun ini, sebanyak 16 nominasi Indonesian Music Awards 2024 akan diperebutkan oleh musisi berbakat Indonesia.

GIIAS Semarang 2024

Minggu, 27 Oktober 2024 - 10:05 WIB

GIIAS Semarang 2024 : Keseruan Akhir Pekan dengan Deretan Teknologi Otomotif dan Program Interaktif

Memasuki akhir pekan di hari keempat penyelenggaraan GIIAS Semarang 2024, para penggemar otomotif di Semarang dan sekitarnya kini hanya memiliki satu hari tersisa untuk menyaksikan pameran otomotif…

LDS umumkan keberhasilan Cutt & Grill raih penghargaan “Best Premium Steakhouse 2024” oleh Exquisite Awards

Minggu, 27 Oktober 2024 - 10:03 WIB

Cutt & Grill Raih Penghargaan Best Premium Steakhouse 2024

Perkuat Posisi di Industri Kuliner Indonesia, Cutt & Grill Raih Penghargaan Best Premium Steakhouse 2024 ajang Exquisite Awards 2024.

Raut kebahagiaan para pemenang BSI Aceh Muslimpreneur 2024 terlihat dari piala dan hadiah yang diberikan oleh BSI untuk pengembangan usaha kedepan

Minggu, 27 Oktober 2024 - 09:49 WIB

BSI Lahirkan Bibit Wirausaha Muda Unggulan Aceh

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) kembali melahirkan bibit wirausaha unggulan dari Provinsi Aceh. Mereka adalah bagian dari 12 grand finalis yang telah mengikuti serangkaian acara penjurian…