Rayakan Hari Anak Nasional, DANCOW Luncurkan'Dongeng Aku Dan Kau’

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 20 Juli 2019 - 09:52 WIB

Rayakan Hari Anak Nasional, DANCOW Luncurkan'Dongeng Aku Dan Kau’
Rayakan Hari Anak Nasional, DANCOW Luncurkan'Dongeng Aku Dan Kau’

INDUSTRY.co.id - Jakarta, 18 Juli 2019 - Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional, DANCOW Advanced Excelnutri+meluncurkan ‘Dongeng Aku Dan Kau’ sebagai bentuk kontribusinya dalam melestarikan kekayaan budaya dan nilai-nilai asli masyarakat Indonesia. Inisiatif ini didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), dan merupakan wujud komitmen DANCOW Advanced Excelnutri+ untuk menyiapkan Si Buah Hati menjadi Anak Unggul Indonesia.

Drs. Hendra Jamal, M.Si, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, menyambut baik
kemitraan dengan DANCOW Advanced Excelnutri+ dalam upaya mencari solusi terkait perlindungan dan
pemenuhan hak anak Indonesia. “Setiap anak memiliki hak-hak seperti Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, dan Kegiatan Budaya yang harus dipenuhi oleh setiap elemen masyarakat, terutama oleh keluarga sendiri.

Agar tumbuh kembang Si Buah Hati optimal dan kelak menjadi Anak Unggul Indonesia, kami percaya peran orang tua begitu penting untuk berperan aktif dan berinisiatif dalam melakukan berbagai aktivitas yang kreatif dan imajinatif bersama buah hati.” Lydia Sahertian, Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ menambahkan, “Sebagai mitra terpercaya orang tua Indonesia, serta sejalan dengan program KPPPA, DANCOW Advanced Excelnutri+ mengajak para orang tua Indonesia untuk berperan aktif dalam proses tumbuh kembang optimal Si Buah Hati, dengan memberikan gizi seimbang yang akan melindungi Si Buah Hati dalam bereksplorasi, memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia pertumbuhan, dan mendukung Si Buah Hati dengan berkata ‘Iya Boleh’ sebagai bentuk cinta orang tua.

Ketiga hal ini membantu Si Buah Hati untuk tumbuh menjadi Anak Unggul Indonesia yang memiliki
lima karakter penting, yaitu berani, cerdas, kreatif, peduli dan pemimpin.” Salah satu bentuk stimulasi yang dapat dilakukan orang tua adalah memperkenalkan Si Buah Hati kepada ‘Dongeng Aku Dan Kau’, yaitu 15 dongeng asli Indonesia yang dikemas dalam bentuk menarik dan interaktif sesuai usia pertumbuhan Si Buah Hati, seperti dongeng Burung Cendrawasih untuk usia 1 tahun ke atas, dongeng Raja Parakeet untuk usia 3 tahun ke atas, serta dongeng Timun Mas untuk usia 5 tahun ke atas.

‘Dongeng Aku Dan Kau’ juga tersedia dalam bentuk video interaktif yang dapat diakses melalui
dancowparentingcenter.com. Peneliti dan pakar sastra anak Indonesia, Dr. Murti Bunanta SS., MA. turut beri komentar positif terhadap upaya melestarikan dongeng asli Indonesia kepada anak-anak sejak usia dini. “Adanya semangat mendongeng dan memperkenalkan cerita Nusantara yang melibatkan peran orang tua adalah hal positif yang patut diapresiasi.

Sepatutnya, cerita rakyat Nusantara tidak digantikan oleh kehadiran film dan cerita terjemahan yang tidak berkualitas karena cerita Nusantara menyangkut masalah kehidupan umat manusia yang relevan sampai sekarang, mengandung nilai-nilai budaya dan moral, jauh dari isu ras dan agama, serta bersifat universal.“

"Mendongeng adalah sebuah proses stimulasi yang menyenangkan bagi Si Buah Hati, dan bermanfaat untuk mengembangkan daya imajinasi, kemampuan bahasa dan ekspresi emosi secara lebih baik. Membacakan 'Dongeng Aku dan Kau' juga dapat membantu mempererat hubungan orang tua dengan anak sambil menanamkan nilai-nilai moral yang positif bagi pembentukan karakter Anak Unggul Indonesia ke depannya,” ujar dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis.

DANCOW Advanced Excelnutri+ juga berkolaborasi dengan DAMN! I Love Indonesia, sebuah brand lokal yang berupaya menginspirasi generasi muda Indonesia agar semakin mencintai nilai dan sejarah Indonesia, dengan meluncurkan kaos bertema karakter dari dongeng Timun Mas. Daniel Mananta, Chief Executive Officer Damn! I Love Indonesia mengatakan: “DAMN! I Love Indonesia hadir dengan semangat untuk memperkenalkan Indonesia dengan cara yang revolusioner. Saat ini DAMN berkolaborasi dengan DANCOW Advanced Excelnutri+ untuk menyampaikan kearifan lokal dalam dongeng anak dengan media baru. Nilai keberanian dan pantang menyerah dalam dongeng Timun Mas disampaikan melalui ilustrasi dan karakter dalam koleksi kolaborasi ini”.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hwang Yoona, pegolf berusia 22 tahun asal Korea berhasil menjuarai Indonesia Women's Open 2025

Minggu, 26 Januari 2025 - 22:46 WIB

Indonesia Women's Open 2025: Gelar Pertama Hwang Yoona Dalam Debut di Indonesia

Hwang Yoona berhasil menjuarai Indonesia Women’s Open 2025 setelah melalui perjuangan dramatis di Damai Indah Golf-BSD Course. Pegolf Korea berusia 22 tahun tersebut mengalahkan pimpinan leaderboard…

Event Pucuk Cool Jam

Minggu, 26 Januari 2025 - 20:40 WIB

Event Pucuk Cool Jam Besutan Teh Pucuk Harum Sabet Penghargaan Bergengsi

Teh Pucuk Harum, brand market leader teh dalam kemasan dibawah naungan Mayora Group sukses meraih penghargaan Entertainment Marketing to Gen Z di Marketeers Youth Choice Award 2025 untuk event…

Pedagang Bakso binaan BSI

Minggu, 26 Januari 2025 - 16:13 WIB

BSI & BSI Maslahat Dorong UMKM Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan Zakat

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus berupaya memberikan kemaslahatan dan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM agar lebih berdaya. Salah satunya dilakukan Perseroan…

Klaster New Palm Town House di Kota Jababeka

Minggu, 26 Januari 2025 - 15:15 WIB

Cukup Modal 10 Juta Masyarakat Sudah Bisa Punya Bisnis Kost Sendiri di Jababeka

PT Jababeka Tbk di awal tahun ini meluncurkan New Palm Town House di Kota Jababeka Cikarang. Berbeda dengan town house lainnya, hunian ini tidak hanya dirancang untuk menjadi rumah tinggal tetapi…

Pertamina Enduro VR46 Racing Team

Minggu, 26 Januari 2025 - 15:00 WIB

Didominasi Warna Kuning & Putih Pertamina Enduro VR46 Racing Team Diluncurkan di Jakarta

Pertamina Enduro VR46 Racing Team resmi meluncurkan warna tim yang akan digunakan pada MotoGp 2025. Memasuki tahun kedua berturut-turut, tim yang berbasis di Tavullia ini kembali didukung oleh…