XL Axiata dan Kumpulan Emak Blogger Gelar “Arisan Ilmu

Oleh : Herry Barus | Selasa, 09 Juli 2019 - 13:26 WIB

Logo PT XL Axiata Tbk (Foto;Xl)
Logo PT XL Axiata Tbk (Foto;Xl)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Pertumbuhan teknologi digital terus melaju dengan cepat, sementara itu tidak semua orang adaptif terhadap perubahan ini. Tantangan bagi mayoritas perempuan Indonesia, terutama ibu-ibu, di era serba digital seperti saat ini adalah bagaimana memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui program Sisternet bekerjasama dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB) menggelar satu rangkaian edukasi literasi digital bernama “Arisan Ilmu” di enam kota, sepanjang Juli-September 2019.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, “Sesuai dengan namanya “arisan”, program ini akan berupa sharing ketrampilan dan pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk berbagai keperluan yang produktif dan positif dengan narasumber para praktisi berbagai bidang yang telah tergabung dalam KEB. Kami berharap masyarakat, khususnya ibu-ibu di kota-kota di mana acara ini nanti digelar, bisa memanfaatkan secara maksimal kesempatan ini.”

Lebih lanjut Tri Wahyuningsih menjelaskan bahwa sejak diperkenalkan pada 2015, Sisternet terus berupaya untuk menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi bagi banyak permasalah sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan wanita Indonesia. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjembatani kesenjangan digital yang dianggap dapat menjadi akses bagi para perempuan Indonesia untuk terus maju.

Enam kota tempat berlangsungnya acara Arisan Ilmu Sisternet ini nanti adalah Jakarta pada 6 Juli 2019, Yogyakarta (13 Juli), Solo (14 Juli), Lampung (3 Agustus), Bandung (18 Agustus), dan Makassar (14 September). Materi acara di Jakarta, yaitu “Memaksimalkan Instagram Dengan Konten yang Menarik”. Di Yogyakarta, “Cara Membangun Social Media Engagement”. Acara di Solo, “Hobi Menjadi Bisnis di Industri Kreatif”. Di Lampung dengan tema “Dari Hobi, Jadi Profesi yang Menguntungkan”. Di Bandung dengan tema “Digital Branding untuk UKM Perempuan”. Terakhir, di Makassar dengan tema “Ibu Pintar di Era Digital Zaman Now”.

XL Axiata juga menyediakan konten video yang berisi beragam modul pintar dalam bentuk video dan artikel terkait literasi digital bagi para Ibu di Indonesia. Keseluruhan informasi tersebut dapat diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar. Di setiap kota, tersedia 100 kursi untuk peserta. Masyarakat yang berminat mengikuti, bisa mendaftar dengan cara menjadi member Sisternet di https://www.sisternet.co.id/page/event.

Kumpulan Emak Blogger (KEB) merupakan komunitas blogger yang berisi para perempuan dengan latarbelakang berbeda yang sudah dikaruniai anak ataupun belum. Komunitas ini berdiri sejak 18 Januari 2012, tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, hingga Makassar, Bengkulu, dan kota-kota besar lainnya. Hal ini kemudian menjadi latarbelakang terciptanya kolaborasi antara Kelas Literasi Digital Sisternet dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang peduli dengan kemajuan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital saat ini. Harapannya, tingkat “melek digital” kaum perempuan di berbagai daerah di Indonesia akan terus meningkat.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh APJII pada 2018 memperlihatkan bahwa tingkat penetrasi pengguna Internet di Indonesia mengalami peningkatan mencapai 171,17 juta jiwa atau 64,8% dari total populasi dan diperkirakan masih terjadi peningkatan yang signifikan pada tahun selanjutnya melihat massifnya pertumbuhan teknologi saat ini. Penetrasi internet di kawasan urban dan rural pun terus mengalami pertumbuhan yang relatif seimbang. Sementara itu, masih dari data yang sama menunjukkan bahwa penetrasi internet di kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) di Indonesia baru mencapai 48,2%. Kondisi ini menjadi tantangan bagi XL Axiata untuk terus menghadirkan solusi kepada seluruh perempuan khususnya Ibu di Indonesia agar mampu adaptif dalam mengaplikasikan perkembangan teknologi digital saat ini ke dalam kehidupan sehari-hari.

Tentang XL Axiata

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember 2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PETFEST Indonesia 2025 akan digelar USS Networks pada tanggal 2–4 Mei 2025 di ICE BSD.

Selasa, 15 April 2025 - 21:06 WIB

PETFEST Indonesia 2025 Hadirkan Dua Bintang Internasional: Gabriel Feitosa dan Jackson Galaxy

Setelah sukses menarik lebih dari 20.970 pengunjung di tahun 2024, PETFEST Indonesia tahun ini kembali mempersembahkan beragam kegiatan menarik dengan bintang tamu Jackson Galaxy dan Gabriel…

Amway Indonesia hadirkan Healthy Sleep Solution lewat Nutrilite

Selasa, 15 April 2025 - 20:38 WIB

Nutrilite Luncurkan Healthy Sleep Solution, Solusi Alami untuk Tidur Berkualitas dan Hidup Lebih Sehat

Nutrilite dari Amway Indonesia resmi menghadirkan Healthy Sleep Solution, sebuah inovasi kombinasi suplemen berbahan alami yang mendukung tidur nyenyak dan pemulihan tubuh optimal.

ARVINDO: Industri vape Indonesia, khususnya segmen open system, tengah berada di titik krusial

Selasa, 15 April 2025 - 19:41 WIB

Industri Vape Nasional Terancam: ARVINDO Serukan Perlindungan untuk Segmen Open System

Data ARVINDO menunjukkan lebih dari 150 toko vape lokal tutup setiap tahunnya, yang membuat ribuan pekerja kehilangan penghasilan serta ekosistem bisnis lokal yang makin terhimpit.

Pembukaan MODENA Home Center Kota Wisata Cibubur.

Selasa, 15 April 2025 - 19:10 WIB

MODENA Home Center Resmi Hadir di Kota Wisata Cibubur, Perluas Jangkauan di Kawasan Penunjang Jakarta

Didukung oleh suasana gerai yang nyaman dan tim yang profesional, MODENA Home Center Kota Wisata hadir untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga modern.

Peserta lomba lari “Coup De Run” sedang bercengkrama usai melaksanakan lomba lari. (Foto: Humas Bibit.id)

Selasa, 15 April 2025 - 17:12 WIB

Ajak Investor Sehat Fisik dan Finansial, Bibit.id Sukses Hadirkan “Coup De Run”

Bagi sebagian orang, olahraga, kesenian, dan keuangan merupakan tiga bidang kehidupan yang berbeda dan tidak saling terkait. Bagi Bibit.id, aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia,…