Ini Cara Menangani Bantuan Pangan ke Korban Bencana

Oleh : Wiyanto | Selasa, 02 Juli 2019 - 13:30 WIB

Logo Human Initiative
Logo Human Initiative

INDUSTRY.co.id

Depok - Bencana yang menimpa manusia biasanya akan ada lembaga kemanusiaan yang akan menangani dalam rangka menyelamatkan nyawa korban bencana tersebut. Banyak hal yang diperhatikan terutama fase awal menangani korban terutama untuk kehidupan, dasar pengetahuan tersebut dikenal sebagai sphere atau standar minimum dalam bantuan kemanusiaan.

Presiden Human Initiative Tomy Hendrajati mengatakan perlunya lembaga kemanusiaan yang akan membantu korban mengetahui keperluan dasar apa saja yang dilakukan. Hal tersebut untuk mempercepat pemulihan tanggap bencana.

"Kita harus mengetahui untuk satu orang di daerah bencana, butuh berapa liter air nah itu yang perlu diketahui," katanya di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Menurut dia, kewajiban pelaku lembaga kemanusiaan menyemangati hidup para korban bencana dalam pengungsian. Jangan sampai menggambarkan kepedihan, saat mengambil dokumentasi. Justru kedepankan harapan - harapan yang manis untuk mereka bebas dari derita bencana.

Sphere dimulai sejak tahun 1997 oleh sekelompok Organisasi Non-Pemerintah (NGO) bidang kemanusiaan dan gerakan Palang Merah Internasional.

Sphere bertujuan untuk meningkatkan mutu tindakan organisasi kemanusiaan pada saat bencana terjadi baik itu bencana alam maupun bencana manusia (konflik). Falsafah Sphere yang perlu diketahui yakni Pertama, bagi para penyintas atau warga terdampak bencana tetap memiliki hak-hak asasi untuk tetap hidup bermartabat.

Oleh karena itu mereka berhak mendapat bantuan dan pertolongan dari pihak yang memiliki kemampuan untuk melakukan aksi kemanusiaan. Kedua, semua tindakan yang diperlukan harus dilakukan untuk meringankan beban penderitaan manusia akibat bencana.

Panduan Sphere menjelaskan mengenai Piagam Kemanusiaan, Kebutuhan Standar Minimum, Prinsip-prinsip Perlindungan, dan Standar Inti Kemanusiaan.

Standar Minimum menggambarkan kondisi-kondisi yang harus dicapai dalam semua tindakan tanggap kemanusiaan agar masyarakat penduduk yang terkena bencana dapat bertahan dan pulih ke kondisi stabil dan bermartabat.

Keseluruhan panduan Sphere agar bantuan kemanusiaan dapat berjalan dengan baik dengan mengedepankan kode etik kemanusiaan dan menghormati hak serta martabat para penyintas.

"Mengangkat korban bencana dengan mengunggah harapan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dua dokter spesialis ortopedi dari Siloam Hospitals Mampang, berbagi wawasan komprehensif mengenai strategi pemulihan yang efektif untuk cedera lutut dan tangan.

Minggu, 06 Oktober 2024 - 00:20 WIB

Siloam Hospitals Mampang Bahas Penanganan Komprehensif Cedera Orthopedi pada Bincang Sehat

Bincang Sehat digelar Siloam Hospitals Mampang untuk mengupas secara mendalam tentang penanganan cedera dan penyakit orthopedi dengan pendekatan komprehensif, melibatkan berbagai disiplin ilmu.

American Standard berpartisipasi dalam Jakarta Family Walk (JFWalk) 2024.

Minggu, 06 Oktober 2024 - 00:12 WIB

American Standard Dukung Kesehatan Keluarga di Jakarta Family Walk 2024

Dalam JFWalk 2024, American Standard bersama sponsor lainnya juga menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas yang mendukung pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

26 Tahun Bank Mandiri adaftif dan solutif

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 21:41 WIB

HUT ke-26 Bank Mandiri: Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk menghadirkan kemudahan, kenyamanan, dan pengalaman perbankan yang lebih personal. Mengusung tema…

Pembeli membayar dengan QRIS BRImo

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 20:01 WIB

Melalui Pemberdayaan, BRI Angkat Potensi Klaster Buah Kelengkeng di Tuban

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung sektor pertanian melalui pemberdayaan klaster buah kelengkeng di Tuban, Jawa Timur. Upaya ini merupakan…

Direktur Utama BRI Sunarso saat perayaan HUT BRI ke 129 Tahun

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 19:49 WIB

Kick Off Semarak HUT 129 BRI, Usung Tema Brilian dan Cemerlang

Sebagai awal rangkaian perayaan ulang tahun yang akan jatuh pada 16 Desember 2024 mendatang, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara resmi mengadakan Kick-Off HUT ke-129 di Kantor Pusat…