Kian Prospektif, RPX Optimalkan Bisnis Logistik di Era Industri 4.0
Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 25 Januari 2019 - 18:36 WIB

RPX (One Stop Logistics)
INDUSTRY.co.id, Jakarta - Sektor logistik memiliki tantangan dalam menghadapi revolusi industri keempat atau Industri 4.0 mengingat semua aktivitas rata-rata sudah digerakan melalui teknologi. Pengunaan otomatisasi, teknologi artificial intelligence (AI) dan internet of things (IoT) akan berpengaruh terhadap kinerja logistik dan supply chain nasional.
Lantas strategi seperti apa yang dilakukan perusahaan jasa logistik dalam menghadapi era distrupsi. Kali ini media INDUSTRY.co.id berkesempatan mewawancarai kepada perusahaan pengiriman logistik terpadu yaitu RPX One Stop Logistik, Kamis (25/1/2019).
Vice President Express Corporate Sales RPX, Eko Marhendro Nugroho mengatakan prospek bisnis pengiriman logistik 2019 akan semakin menjanjikan terlebih saat ini dunia memasuki revolusi industri 4.0 dimana industri logistik juga terkena dampak dari revolusi tersebut, dan ini juga tidak terlepaas dari pertumbuhan industri e-commerce yang dinamis.
RPX telah melihat fenomena ini dari beberapa tahun kebelakang ketika bisnis online mulai mengubah perilaku orang dalam beraktifitas untuk itu, RPX selalu memberikan inovasi – inovasi dalam menghadapi perubahan ini.
“Salah satu inovasi kami yang menyasar pasar e-commerce adalah “Paket Antar/Ambil Suka – suka” (PAS) sebagai layanan khusus untuk e-commerce baik secara door to door ataupun antar/ambil di outlet,” ujarnya
RPX juga memiliki 9 bisnis line lain untuk menunjang layanan yang diberikan diantaranya E-commmerce, Logistiks Warehouse, International Express, Freight Forwarding, Custom Clearance, Domestic Express, Warehouse Transit, Trucking, dan Enabler. Kesembilan bisnis line tersebut telah terintegrasi yang kami sebut “One Stop Logistiks” sehingga RPX dapat memberikan end to end solutions kepada cutomer. Disamping inovasi, tentunya pada revolusi industri ini penggunaan teknologi akan meningkat.
“RPX sendiri memanfaatkan teknologi seperti halnya saat ini kami sedang mengembangkan enabler yang nantinya dapat lebih memperpudah para pebisnis dalam hal pengiriman, pergudangan, hingga inventory,” paparnya.
Selain itu, pihaknya juga menggunakan teknologi dalam beberapa layanan kami yaitu transportation management system (TMS), warehouse management system (WMS) serta RPX tracker.
Apa yang menjadi fokus RPX group tahun 2019, Lalu apa strategi yang akan ditempuh?
Focus kami adalah e-commerce karena kenaikannya cukup tinggi. Hal ini dilakukan dengan memperluas kembali jaringan yang ada sehingga dapat lebih mudah lagi untuk dijangkau. Selama ini RPX telah melayani pasar domestik dan internasional melalui proses yang efesien dan fleksibel untuk domestik akan perluas lagi jangkauannya.
Bagaimana aksi korporasi yang akan direalisasikan dalam waktu dekat ini?
Tentunya pengembangan network dan dalam waktu dekat RPX juga akan menghadirkan layanan hight value yang dikembangkan dari layanan yang suda ada.
Bagaimana Anda memandang persaingan jasa pengiriman tahun 2019 ini, adakah tantangan yang dihadapi RPX Indonesia kedepan?
Tantangannya lebih kepada membangun pusat logistik yang besar di Jawa Barat ataupun Jawa Timur. Investasi semacam ini sangat penting bagi kami untuk menjawab kebutuhan pengiriman baik dari infrastruktur, sistem dan teknologi dengan tujuan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.
Bagaimana dengan layanan pergudangan saat ini?
Meningkat seiring dengan perkembangan bisnis global, RPX saat ini tengah berinvestasi untukpusat logistik di Java Integrated Industrial and Port Esatate (JIIPE), Gresik, JawaTimur dan di Subang, Jawa Barat. Kedua kawasan tersebut nantinya dapat menjadi hub (penghubung) layanan RPX di barat dan timur.
Bagaimana RPX mempersepsikan dan memperlakukan pelanggan?
Bagi RPX pelanggan merupakan fokus utama kami untuk itu segala inovasi yang diberikan selalu mengacu pada kebutuhan pelanggan.Berbagai inovasi yang diberikan dapat memberikan jasa logistik yang efisien dan fleksibel.
Baca Juga
Artaboga Gandeng Brinks Optimalkan Pengelolaan Kas dengan Digital…
Delapan Tips Sukses Jalankan Bisnis Franchise di Indonesia ala Ninja…
Pelindo Solusi Logistik Layani Kedatangan dan Mobilisasi 24 Gerbong…
Benahi Kinerja Keuangan, ID FOOD Berhasil Turunkan Utang
AeXI, Garda Depan UMKM Indonesia Menembus Pasar Ekspor
Industri Hari Ini

Senin, 31 Maret 2025 - 10:19 WIB
Presiden Prabowo: Maknai Idulfitri Tahun Ini Sebagai Kesempatan bagi Umat Muslim untuk Memperkuat Nilai-Nilai Kebajikan
Jakarta-Dalam menyambut Idulfitri 1446 Hijriah, Presiden Prabowo Subianto memberikan ucapan selamat kepada seluruh umat Islam di Indonesia dan di dunia. Ucapan tersebut disampaikan dalam video…

Minggu, 30 Maret 2025 - 21:01 WIB
Dompet Dhuafa Bersama Stimuno Bagikan 150 Parsel Ramadan, Persiapkan Hari Kemenangan
Di bulan Ramadan, puasa bukan sekedar bentuk ketaatan kepada Allah, tetapi juga membawa manfaat bagi tubuh dan jiwa, termasuk memperbaiki sistem imun. Sebagai dukungan nyata bagi kesehatan masyarakat,…

Minggu, 30 Maret 2025 - 20:00 WIB
Langkah Kecil dalam Merawat Diri dan Merawat Kebaikan Lewat Change #StartsWithYOU Bersama Dompet Dhuafa
Perubahan tidak selalu dimulai dari langkah besar. Justru, setiap perubahan besar berawal dari hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari, mulai dari peduli terhadap diri sendiri hingga meluas…

Minggu, 30 Maret 2025 - 18:41 WIB
Dompet Dhuafa Kirim Bantuan Kemanusiaan, Respons Cepat Bagi Penyintas Gempa di Myanmar
Gempa berkekuatan 7,7 magnitudo yang terjadi pada Jumat (28/3/2025), menyebabkan kerusakan infrastruktur dan menimbulkan korban jiwa, serta luka-luka bagi masyarakat Myanmar. Guncangan gempa…

Minggu, 30 Maret 2025 - 18:30 WIB
Kehangatan Clean Plus Tissue Bersama Dompet Dhuafa Beri Senyuman Penghuni Panti Asuhan Werdha Khusnul Khotimah
Selain menaungi para lanjut usia (lansia), panti ini juga menaungi anak-anak yatim dan dhuafa. Ada belasan penghuni lansia di sini. Semuanya perempuan berusia 60 tahun ke atas. Ya, Panti Wreda…
Komentar Berita