Terus Bertumbuh, Unilever Rambah Bisnis Saus Sambal

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 14 September 2018 - 13:05 WIB

Kantor Pusat Unilever, Grha Unilever di Green Office BSD city, Tangerang, Banten (Chodijah Febriyani/Industry.co.di)
Kantor Pusat Unilever, Grha Unilever di Green Office BSD city, Tangerang, Banten (Chodijah Febriyani/Industry.co.di)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Industri makanan minuman dinilai terus bertumbuh lebih dari 10 persen tahun ini. Pertumbuhan tersebut turut mendorong PT Unilever Indonesia Tbk untuk melakukan ekspansi di segmen saus sambal untuk memperbesar kapasitas bisnis food.

Food Director Unilever Hernie Raharja menuturkan, segmen ini terbilang baru bagi perusahaan. Produk saus akan menambah produk dari lini food yang diproduksi di Indonesia. Saat ini lini ini baru memproduksi kecap Bango dan penyedap rasa Royco.

"Market saus sambal tumbuh rata-rata 12%. Orang Indonesia suka makan (saus) sambal. Maka kami masuk," kata Hernie di sela peluncuran saus Jawara di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Hanya saja, dia enggan menyebutkan target penjualan dari segmen produk baru ini. Ia juga tidak bersedia menyebutkan target market share yang diincar perusahaan dalam 5 tahun ke depan. Akan tetapi ia mengatakan masuknya perusahaan ke bisnis saus sambal telah melalui sejumlah kajian mendalam. Proses pengembangan telah dimulai dari akhir 2017 lalu.

"Unilever akan berinvestasi di segmen yang bagus, ini memberi pemegang saham manfaat lebih," katanya.

Produk saus dari Unilever ini juga melakukan pendekatan berbeda. Selain mengandalkan cabe segar dari petani di Jawa Timur, pihaknya juga memperkaya produk dengan bawang goreng. Varian ini berbeda dengan rata-rata produk yang ada di pasar karena biasanya menggunakan bawang putih.

"Kami siapkan strategi marketing bagaimana memperkuat diri di pasar. (Misal) kami pasang (kemasan dengan nuasa) hitam merah pada kemasan. Kami akan (terlihat) berbeda di rak," katanya.

Meski begitu, ia mengakui strategi ini mengandung tantangan besar. Pada penggunaan bawang dan cabai merah misalnya, kedua produk merupakan komoditas yang harganya sangat fluktuatif. Untuk itu perusahaan akan menempatkan strategi pembinaan petani untuk memastikan kontinuitas produksi hingga kestabilan harga jual.

"Pada bisnis ini memang harga komoditas menjadi tantangan," katanya.

Hernie juga menambahkan bisnis makanan di Indonesia merupakan segmen yang sangat besar peluangnya. Selain pendapatan perkapita yang terus meningkat, angkatan muda di Indonesia juga sangat besar. Segmen ini terbuka untuk mencoba cita rasa baru seperti saus Jawara yang ditawarkan perusahaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI 2019-2024 (Dok. Wartaekonomi)

Kamis, 14 November 2024 - 21:21 WIB

Pentingnya Komunikasi Efektif dalam Kabinet yang Gemuk

Kritik terhadap gemuknya Kabinet Presiden Prabowo Subianto relatif tidak terdengar setelah para menteri dan wakilnya diumumkan dan dilantik. Berbeda dengan sebelum pengumuman dan pelantikan,…

ASABRI saat uji publik

Kamis, 14 November 2024 - 21:03 WIB

ASABRI Uji Publik Bersama Komisi Informasi Pusat

ASABRI (Persero) menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan keterbukaan informasi publik dengan melaksanakan Uji Publik Keterbukaan Informasi hari ini.

(Foto: ilustrasi) MUF GJAW 2024 sediakan shuttle bus gratis bagi pengunjung pameran

Kamis, 14 November 2024 - 20:49 WIB

MUF GJAW 2024 Sediakan Shuttle Bus Gratis untuk Kenyamanan Pengunjung

Pameran otomotif terbesar di akhir tahun Mandiri Utama Finance GAIKINDO Jakarta Auto Week (MUF GJAW) 2024 akan segera diselenggarakan pada 22 November hingga 1 Desember 2024 di ICE BSD City.…

(Ki-ka) Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK, President Director Kalbe Nutritionals Rivanda Idiyanto, Director of Adult and Specialized Nutrition Kalbe Nutritionals Robertus Parulian Purba, dan Public Figure & Healthy Lifestyle Enthusiast Anjasmara saat peluncuran kampanye edukasi GESIT (Gerakan Sadar Diabetes) bertepatan pada Hari Diabetes Sedunia untuk memperluas dampak positif dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes di Indonesia.

Kamis, 14 November 2024 - 20:18 WIB

Kalbe Nutritionals Luncurkan Kampanye GESIT, Edukasi Hidup Aktif dan Sehat bagi Diabetesi

Bertepatan dengan Hari Diabetes Sedunia, Kalbe Nutritionals melalui DiabetaCare meluncurkan kampanye GESIT (Gerakan Sadar Diabetes), inisiatif ini bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya…

dr. Rulli Rosandi, Sp.PD-KEMD – Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin dan metabolic. Viriginia Setiawan – Social media influencer @ibuhajat123_ dr. Riyanny Meisha Tarliman – Clinical Medical Regulatory Director, Novo Nordisk Indonesia

Kamis, 14 November 2024 - 20:17 WIB

Novo Nordisk dan Kementerian Kesehatan Dorong Perubahan Perawatan Diabetes melalui Edukasi, Deteksi Dini dan Pendekatan Holistik

Jakarta– Diabetes merupakan salah satu isu kesehatan yang paling mendesak di Indonesia, dengan jumlah yang terus meningkat di Indonesia dan berdampak pada jutaan nyawa. Saat ini, diperkirakan…