Ini Keuntungan Low Cost Carrier Terminal Bagi Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 Juli 2018 - 17:45 WIB

Ilustrasi Lion Air (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Ilustrasi Lion Air (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Baru-baru ini, PT Angkasa Pura II telah berkomitmen untuk mengembangkan Low Cost Carrier Terminal (LCCT) di Indonesia. Tentunya hal ini akan berdampak langsung pada kunjungan wisatawan mancanegara. 

Hal ini tentunya disambut baik oleh maskapai penerbangan Lion Air selaku maskapai penerbangan berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC).

"Keuntungan maskapai LCC lebih efieisen dan efektif. Baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), peralatan dan lain-lainnya. Sebenarnya konsep itu sudah ada sejak tahun 2000 oleh Lion Air. Tetapi, di Indonesia baru kali ini mencanangkan LCCT," kata Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi, Managing Director Lion Air Group, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II-2018 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (26/7/2018). 

Menurut Daniel, maskapai LCC mempunyai keuntungan lainnya seperti biaya sewa ruangan, biaya parkir pesawat.  Khususnya untuk penumpamg yang diuntungkan adalah penurunan airport tax passanger atau service tax.

"Kami masih menunggu. Kami harus tanyakan juga dengan Angkasa Pura karena mereka yang nanti akan mendesain. Misalnya, airport tax Rp150 ribu. Mungkin dengan LCCT bisa diturunkan jadi Rp50 ribu," pungkasnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandiri InHealth saat berada di Kampus

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 04:16 WIB

Mandiri Inhealth Campus Fit Gelar Kegiatan 'CeritaIn' untuk 500 Mahasiswa

Perusahaan asuransi jiwa dan Kesehatan, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) menggelar kegiatan “Mandiri Inhealth Campus Fit” di Yogyakarta dan Semarang. Mandiri Inhealth…

Dua Perwira Tinggi TNI AL Dianugerahi Brevet Kehormatan Manusia Katak

Jumat, 23 Agustus 2024 - 21:57 WIB

Dua Perwira Tinggi TNI AL Dianugerahi Brevet Kehormatan Manusia Katak

Dua perwira tinggi TNI Angkatan Laut (AL) menerima brevet kehormatan Manusia Katak dari Komando Pasukan Katak TNI AL (Kopaska) dalam sebuah upacara di Dermaga Pelabuhan Pondok Dayung, Jakarta…

Menhan Prabowo Terima Kunjungan Menhan Turki

Jumat, 23 Agustus 2024 - 21:24 WIB

Menhan Prabowo Terima Kunjungan Menhan Turki

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Turki H.E. Mr. Yaşar Güler, di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (22/8). Menhan Turki tiba…

Ilustrasi rumah yang akan dibeli secara aqad syariah

Jumat, 23 Agustus 2024 - 20:42 WIB

Pembiayaan BSI Griya Tumbuh Positif, Tembus Rp54,34 Triliun

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatatkan kinerja positif pada segmen retail, termasuk sektor perumahan atau griya.

Diaspora Engagment Summit di AS

Jumat, 23 Agustus 2024 - 20:21 WIB

Diaspora Berperan Besar Sebagai 'Brand Ambassador' Diplomasi Ekonomi Indonesia

Diaspora Indonesia dapat memainkan peran besar dalam diplomasi ekonomi Indonesia dengan menjadi good storyteller dan brand ambassador untuk mempromosikan Indonesia dan menjadi agen integrasi…