Pecel Ndeso, Kuliner Khas Solo Cocok Untuk Teman Berbuka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 05 Juni 2018 - 11:58 WIB

Pecel Ndeso Kuliner Khas Solo (Istimewa)
Pecel Ndeso Kuliner Khas Solo (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Di bulan Ramadan ini, Solo menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang pas banget bagi para pencari kudapan untuk berbuka puasa. Faktanya, Solo sudah populer dengan kelezatan makanannya. Salah satunya, hidangan tradisionalnya yang melegenda hingga saat ini, yakni Pecel Ndeso.

Dari banyaknya kuliner di Solo seperti nasi liwet, timlo, cabuk rambak, pecel ndeso merupakan salah satu kuliner yang sudah melegenda akan kenikmatannya. Kuliner khas Solo ini yang banyak diburu para pencinta kuliner saat berkunjung ke Solo. Makanan ini juga menjadi salah satu kuliner untuk berbuka puasa para warga Solo ataupun wisatawan di saat Ramadan.

Pada umumnya, pecel teridiri dari rebusan sayuran yang diguyur sambal kacang. Namun, Pecel Ndeso Solo menggunakan sambal yang berwarna hitam yang terbuat dari wijen hitam. Pecel ndeso juga menggunakan nasi merah dan beberapa sayuran seperti kenikir, lalapan kacang panjang, petai cina, daun kemangi, daun pepaya, kecambah, hingga jantung pisang.

Sajiannya pun juga tidak menggunakan piring, pecel khas Solo ini menggunakan pincukan daun pisang. Dari aroma daun pisang itulah yang membuat kudapan ini terasa menggiurkan. Uniknya lagi, ada tambahan bongko yang terbuat dari campuran kacang tolo atau kacang merah dan parutan kelapa serta bumbu.

Bagi kamu yang ingin mencobanya sebagai teman berbuka puasa, kamu akan menemukan Pecal Ndeso ini di setiap sudut kota Sola seperti, Stasiun Manahan, Pasar Gede serta pusat kuliner Gladag Langen Biogan (Galabo).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bazar UMKM BRILian

Selasa, 22 Oktober 2024 - 20:03 WIB

Bazaar UMKM BRILiaN Kembali Digelar, BRI Bantu Perluas Penjualan Usaha Prukades dan Klaster Usaha dari Berbagai Daerah

Berbagai insiatif terus dilakukan BRI dalam memberikan pemberdayaan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya melalui penyelenggaraan Bazaar UMKM BRILiaN yang bertujuan…

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:15 WIB

INKOWAPI Dukung Rebranding dengan Koperasi Genuine

Ketua Umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (INKOWAPI), Sharmila Yahya mendukung penuh langkah strategis ini sebagai upaya meningkatkan gairah koperasi semakin besar.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank DKI Raih The Best CFO 2024

Selasa, 22 Oktober 2024 - 18:52 WIB

Top! Lagi-Lagi CFO Bank DKI Romy Wijayanto Raih The Best CFO 2024, Ini Penjelasan Dewan Juri

Jakarta – Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto (kanan) menerima penghargaan sebagai The Best Chief Financial Officer (CFO) 2024 sekaligus sebagai Best of The Best CFO 2024…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Selasa, 22 Oktober 2024 - 18:13 WIB

Menperin Agus Optimis RPP Gas Bumi Hingga Pintu Masuk Barang Impor Disetujui Prabowo

Menperin Agus menyebut bahwa setelah dilantik pada hari pertama, dirinya bersama Wamenperin berusaha untuk gerak cepat dengan mengusulkan kembali kepada Presiden Prabowo Subianto mengenai penetapan…

Transformasi Navigasi Maritim: Peta Digital Jadi Solusi Masa Depan

Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:46 WIB

Transformasi Navigasi Maritim: Peta Digital Jadi Solusi Masa Depan

Jakarta-Saat ini, banyak tuntutan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi terutama dalam industri maritim untuk meningkatkan keselamatan (safety) dan efisiensi dalam operasional di lautan.…