Cerita Misteri di Balik Keindahan Ranu Klakah, Lumajang

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 29 April 2018 - 09:00 WIB

Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Ranu Klakah memiliki sejarah dan mempunyai pesona alam yang sungguh indah. Pada Senin, (9/4/2018) lalu, bersama dengan rombongan wartawan pariwisata dari Jakarta, berkesempatan mengunjungi Ranu Klakah yang memiliki latar belakang Gunung Lemongan.

Sesampai di sana, suasana masih sejuk dan Kami semua berhasil menyaksikan fenomena matahari terbit. Cahaya keemasan yang berada di balik Gunung Lemongan, mulai memancarkan kehangatan kepada Kami yang siap memburu kenangan dan keindahan yang ada di Ranu Klakah.

Ranu Klakah merupakan salah satu destinasi wisata di Lumajang yang terkenal dengan keindahan alamnya. Disarankan, Kamu bisa berkunjung ke sana pada saat matahari terbit. Karena, Kamu bisa menyaksikan matahari yang perlahan-lahan muncul dari balik Gunung Lemongan.

Gunung Lemongan merupakan gunung berapi tipe maar, yang mempunyai garis tengahnya berkisar antara 150-700 meter. Ranu Klakah berada diketinggian 1.651 mdpl. Selain Ranu Klakah, terdapat 13 kawasan yang berisi air yang terbentuk akibat aktivitas vulkanis Gunung Lemongan.

"Kedalaman Ranu Klakah mencapai 28 meter dan membentang luas hingga 30 hektar. Di dalamnya hidup berbagai jenis ikan seperti ikan mujae, ikan gabus dan ikan wader," ucap Abdullah AL-Kudus alias Aak, salah satu budayawan lokal di desa Klakah.

Menurutnya, pada saat bulan tertentu sekitar bulan Juni hingga Agustus merupakan musim Koyok. "Bulan tersebut, biasanya kandungan blerang naik. Sehingga, ikan-ikan mabuk lalu akhirnya masyrakat pesta mengambil ikan. Tapi ikannya tidak mati, cuma hanya kekurangan oksigen," sambungnya.

Ranu Klakah, merupakan salah satu sumber penghidupan bagi warga sekitar. Mereka memanfaatkannya sebagai air minum, dan mengairi 620 hekatr persawahan di beberapa desa sekitaran Lumajang. "Ada enam desa, yaitu desa Tegal Ranu, Klakah, Mlawang, Ranu Pakis, Desa Kebonan, desa Kudus," katanya.

Namun, dibalik manfaat tersebut ternyata Ranu Klakah menyimpan sejumlah cerita misteri yang melegenda. Hingga saat ini, misteri itu masih kian diceritakan oleh warga-warga setempat. Aak menceritakan, bahwa Ranu Klakah mempunyai penghuni yang cukup disegani oleh para warga, yaitu dihuni oleh ular yang bernama Selanceng yang dipercaya masih hidup dan tinggal di dasar ranu.

"Ular yang ada di sini namanya Selanceng, ular ini bisa berubah bentuk bisa kecil dan besar. Tapi, yang membedakan dengan ular lainnya yaitu bentuk kepalanya V. Terkahir muncul pada tahun 1992. Katanya, ular itu besar, kepala dan ekornya berada di ujung danau yang terpisah. Kepalanya di sini, ekornya di sana," cerita Aak.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Ranu Klakah, danau ini terletak di Kecamatan Klakah, sekitar 20-25 kilometer di sebelah utara kota Lumajang dengan perjalanan 40 menit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Produksi Alas Kaki (Foto BBC.com)

Jumat, 13 September 2024 - 06:20 WIB

Ini Wujud Komitmen Kemenperin Kembangkan Industri Alas Kaki Nasional

Industri alas kaki lokal kini semakin diminati oleh pasar dalam negeri maupun pasar global. Berbagai jenama lokal kini telah hadir dan berkembang, serta mampu bersaing dengan produk bermerek…

Para peserta CPNS (ist)

Jumat, 13 September 2024 - 06:15 WIB

Kabar Gembira! Kemenperin Buka 971 Formasi CPNS untuk Tahun 2024

Kementerian Perindustrian membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 dengan total alokasi kebutuhan sebanyak 971 formasi, yang meliputi 925 tenaga teknis, 43 tenaga guru,…

Bluebird group

Jumat, 13 September 2024 - 05:45 WIB

13 Ribu Barang Tertinggal di Armada Bluebird Group Kembali ke Pelanggan Sepanjang Tahun 2024

Di tengah persaingan layanan mobilitas yang semakin ketat, Bluebird tetap berkomitmen pada nilai integritas dan pelayanan Prima, yang dibuktikan melalui pengembalian barang ketinggalan di armada.…

Sushi Tei Gelar Talk show Halal di Kota Kasablanka beberapa hari lalu

Jumat, 13 September 2024 - 05:30 WIB

Sushi-Tei Komitmen Kehalalan Rangkul Masyarakat Pecinta Kuliner di Tanah Air

Untuk meningkatkan kenyamanan konsumen saat bersantap, PT Sushi-Tei Indonesia atau lebih dikenal dengan Sushi Tei Group, sebuah grup restoran terkemuka yang fokus pada makanan khas Jepang di…

IN2MF Paris 2024 menampilkan desainer-desainer kenamaan Indonesia

Kamis, 12 September 2024 - 22:51 WIB

Modest Fashion Indonesia Kembali Menembus Pasar Global di IN2MF Paris 2024

IN2MF Paris 2024 yang kembali digelar di Paris, Prancis menampilkan desainer-desainer kenamaan Indonesia