Festival Bau Nyale Segera Digelar di NTB

Oleh : Wiyanto | Kamis, 22 Februari 2018 - 09:30 WIB

Festival Pesona Bau Nyale (Ist)
Festival Pesona Bau Nyale (Ist)

INDUSTRY.co.id, Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang menggalakan potensi wisata pantai. Dinas Pariwisata NTB akan menggelar festival Bau Nyale pada 6-7 Maret 2018 di Pantai Kuta Mandalika.

Pesona Bau Nyale sudah menjadi salah satu dari 100 event nasional yang diselenggarkan oleh Kementerian Pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, Festival Bau Nyale berasal dari tradisi suku Sasak asli NTB yang berburu cacing laut.

"Festival Bau Nyale akan digelar di Pantai Seger, Mandalika. Pantai yang baru direvitalisasi untuk menggaet turis," kata dia di Mataram, NTB, Kamis (22/2/2018).

Menurut dia, rangkaian Bau Nyale akan diselingi agenda lain diantaranya pada tanggal 24 Februari akan melaksanakan kompetisi voli yang diikuti oleh 24 provinsi di Indonesia dan 8 negara di Pantai Kuta Mandalika, tempat berlangsungnya Bau Nyale.

Ia menceritakan asal muasal Bau Nyale, ada legenda Putri dari pasangan Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting di NTB yang cantik jelita. Kecantikannya membuat pangeran dari berbagai kerajaan ingin melamarnya untuk menjadi permaisuri.

"Agar ia tidak menjadi rebutan para pengeran yang berujung pertumpahan darah, maka sang putri menyebur kelaut dan munculah cacing laut, dari sinilah adanya festival Bau Nyale," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 21 Oktober 2024 - 14:40 WIB

Profil Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian di Era Presiden Jokowi dan Presiden Prabowo

Agus Gumiwang Kartasasmita kembali ditunjuk untuk mengisi jabatan Menteri Perindustrian dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029, pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden…

Telkom memastikan bahwa seluruh kebutuhan komunikasi selama acara berjalan dengan baik dan prima

Senin, 21 Oktober 2024 - 13:37 WIB

Telkom Turut Andil dalam Suksesnya Gelaran Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024 - 2029

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan BUMN penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di tanah air, turut andil dalam mendukung kelancaran acara Pelantikan Presiden…

Presiden Prabowo Subianto Didampingi Wakil Presiden Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka Mengumumkan Susunan Kabinet Merah Putih, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024) malam. (Foto: Tangkapan YouTube BPMI)

Senin, 21 Oktober 2024 - 11:43 WIB

Sah! Presiden Prabowo Resmi Umumkan Kabinet Merah Putih, Berikut Nama-namanya....

Presiden Prabowo Subianto Didampingi Wakil Presiden Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka Mengumumkan Susunan Kabinet Merah Putih, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024) malam.

pabrik de heus

Senin, 21 Oktober 2024 - 11:13 WIB

Produsen Pakan Ternak, De Heus Buka Pabrik Kelima di Purwodadi Jawa Tengah

De Heus, perusahaan global terkemuka dalam nutrisi hewan, terus memperkuat kehadirannya di Indonesia dengan membuka pabrik kelimanya di Purwodadi, Jawa Tengah. Ekspansi ini menunjukkan komitmen…

The Gade Sociopreneurship Challenge 2024

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:59 WIB

The Gade Sociopreneurship Challenge 2024 Wadah Kompetisi Bagi Mahasiswa untuk Presentasikan Ide Bisnis Inovatif

Pegadaian kembali menyelenggarakan The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) 2024, wadah kompetisi bagi mahasiswa Indonesia untuk mempresentasikan ide-ide bisnis inovatif mereka yang menjawab…