Inilah Green Village, Wisata Edukasi Seru di Bali

Oleh : Dina Astria | Senin, 12 Februari 2018 - 17:45 WIB

Green Village Bali. (Dok. GreenVillageBali)
Green Village Bali. (Dok. GreenVillageBali)

INDUSTRY.co.id - Bali - Jika berencana mengunjungi Bali, cobalah untuk menikmati keindahan pulau sekaligus provinsi ini dari perspektif yang berbeda. Anda tak harus terus-terusan sekadar menjelajahi pantai yang eksotis, menginap di vila mewah, berburu kepuasan batin melalui budaya, atau mencari ketenangan di alam hijau dan desa-desanya.

Kali ini, buat perjalanan Anda lebih menarik dengan mengunjungi salah satu tempat wisata terpadu yang edukatif, Green Village. Lokasinya berada di Jalan Tanah Ayu, Sibang Gede, Abiansemal, Badung. Di sini, Anda dapat menemukan sekolah alam yang sangat unik, beragam eco-tour, workshop, dan lain-lain.

Melihat Edukasi Masa Depan di Green School

Sumber : greenvillagebali.com

Didirikan pada tahun 2008 silam, seluruh bangunan Green School terbuat dari bambu terbaik dengan arsitektur yang mengesankan. Tak hanya bahan bangunannya yang ramah lingkungan, listrik yang digunakan untuk seluruh bangunan ini diperoleh dari proses biogas kotoran hewan. Untuk pendingin ruangan, selain ruangan terbuka yang langsung memberikan kesegaran dari hijaunya lingkungan, Green School menggunakan kincir angin yang disalurkan melalui terowongan bawah tanah.

Biaya pendidikan di sekolah ini relatif mahal dan lebih dari 80% siswanya merupakan anak dari para ekspatriat. Guru-guru yang bekerja di sini pun berasal dari sekitar 15 negara dengan tingkat mulai sarjana hingga profesor. Selain memberi pendidikan formal, murid-murid juga diajarkan untuk ikut mencintai lingkungan dengan kegiatan outdoor seperti menanam padi, beternak sapi, bermain permainan tradisional Indonesia, dan lain-lain.

Mengenal Natur Lebih Dekat di Kulkulfarm

Seperti namanya, di sini Anda dapat menyatu lebih dekat dengan alam. Kulkulfarm merupakan sentral untuk belajar mengenai ekologi melalui peternakan dan pertanian. Beragam kursus singkat mengenai permakultur pun tersedia di sini untuk dipilih sesuai keinginan.

Setiap kursus yang dibuka selalu didampingi oleh seorang mentor yang telah ahli dan berpengalaman. Kegiatan ini cocok dihadiri oleh siapa pun, mulai dari orang awam, anak-anak, petani, bahkan hingga kalangan pebisnis. Anda dapat memilih kursus apa yang ingin diikuti dengan melakukan reservasi untuk jadwal yang telah ditentukan. 

Lebih Dekat dengan Serba-Serbi Bambu

Sumber : greenvillagebali.com

Desain dan arsitektur dari bambu yang berada di kawasan ini benar-benar akan membuat takjub. Dipadu dengan tanah liat dan alang-alang, bangunan di Green Village berdiri dengan kuat meski tanpa pondasi bebatuan. Selain mengesankan, tentu saja lokasi ini sayang untuk tidak diabadikan di dalam sebuah foto.

Sebagai sedikit penawar rasa takjub, Green Village juga menyediakan beragam workshop soal bambu. Anda dapat mengikuti model making class untuk mempelajari membuat rumah bambu dengan arsitektur yang cantik, bamboo construction workshop untuk mempelajari dasar-dasar proses mendesain bamboo selama tiga hari, dan masih banyak lainnya.

DI kawasan Green Village ini, Anda juga dapat berkunjung ke pabrik bamboo PT. Bamboo Pure dan John Hard Jewelry. Eits, jangan heran mengapa ada pusat pembuatan perhiasan di sini. Alasannya tak lain adalah karena sang pendiri Green Village, John Hardy, juga merupakan pemilik perusahaan perhiasan dengan label seperti namanya yang sudah terkenal sejak lama.

Sumber : archdaily.com

Berkunjung ke tempat wisata edukasi Green Village memang perlu merogoh kocek cukup dalam, tetapi pengalaman yang Anda dapatkan lebih dari sekadar sebanding. Karena itu, agar keuangan tidak mendadak tekor, dapatkan hotel murah di Bali yang berkualitas di Airy Rooms.

Selain letaknya yang stategis dan mudah ditemukan, Airy Rooms juga menjamin tujuh kenyamanan menginap Anda: kamar yang bersih dan nyaman, televisi layar datar, AC, air minum, perlengkapan mandi, shower air panas, dan WiFi gratis. Cukup dengan memesan via website atau mobile apps, urusan akomodasi yang nyaman dengan harga terjangkau tidak lagi merepotkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center Hardjuno Wiwoho

Jumat, 05 Juli 2024 - 13:53 WIB

Skandal BLBI Bukan Masalah Ekonomi Saja tapi Penegakan Hukum

Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Hardjuno Wiwoho menegaskan obligasi rekapitalisasi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) telah merampas hak hidup dan masa depan rakyat…

MiLaRi dan Molita Lin hadirkan bra desain eksklusif

Jumat, 05 Juli 2024 - 13:10 WIB

MiLaRi - Molitan Lin Jalin Kolaborasi Hadirkan Bra Desain Eksklusif yang Menginspirasi

MiLaRi, brand bra online terkemuka dengan bangga mempersembahkan kolaborasi terbarunya dengan influencer terkenal Molita Lin. Kolaborasi ini tidak hanya menghasilkan produk fashion yang stylish…

Ibu Tribuana Tunggadewi

Jumat, 05 Juli 2024 - 13:05 WIB

Bangun Ekosistem Halal hingga Inisiatif ESG, BSI jadi Benchmark Perbankan Malaysia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) semakin mengukuhkan posisinya sebagai bank syariah terkemuka di Indonesia dan menjadi contoh bagi negara-negara lain, termasuk Malaysia.

Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

Jumat, 05 Juli 2024 - 10:58 WIB

Menteri ESDM Ungkap Kebutuhan Tenaga Listrik untuk Smelter Sangat Besar

Jakarta-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan bahwa pembangunan fasilitas pemurnian mineral (smelter) memiliki tantangan, khususnya dalam penyediaan tenaga listriknya.

Pers Conference Royale Inspiring Woman Awards 2024

Jumat, 05 Juli 2024 - 10:57 WIB

Apresiasi Perempuan Inspiratif Indonesia, Royale Inspiring Woman Awards 2024  Digelar

Untuk mengangkat lebih banyak sosok perempuan hebat dan inspiratif di Indonesia, Royale Parfum Series by SoKlin, menyelenggarakan Royale Inspiring Woman Awards 2024. Ratusan sosok inspiratif…