Persediaan Beras Bulog Hingga Januari Berjumlah 1.734.000 Ton

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Januari 2017 - 04:29 WIB

Bulog Tak Beli Beras Kualitas Baik, Program Sergap Kabupaten Kendal Belum Capai Target
Bulog Tak Beli Beras Kualitas Baik, Program Sergap Kabupaten Kendal Belum Capai Target

INDUSTRY.co.id - Presiden Joko Widodo mengungkapkan pemerintah tidak berencana impor beras mengingat stok beras di Bulog meningkat secara signifikan.

"Biasanya September-Oktober itu sudah rapat terbatas untuk mengatasi kekurangan stok beras. Yang kedua mengenai pengendalian harganya, berapa yang harus kita impor untuk mengendalikan harga. Ini (ratas) kok tidak ada," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian 2017 di Hotel Bidakara Jakarta pada Kamis (5/1).

Presiden juga mengungkapkan kebahagiaannya atas pencapaian Kementerian Pertanian dalam meniadakan impor beras tersebut.

Kepala Negara mengatakan stok beras di Bulog hingga Kamis pagi berjumlah 1.734.000 ton.

Sementara jumlah stok beras pada akhir 2015, menurut Jokowi, hanya sekitar 800 ribu ton.

"Artinya sudah meningkat 2 kali lebih sehingga benar pada September tidak ada ratas mau impor berapa karena stoknya sudah dua kali lipat lebih," ujar Presiden.

Dengan berlimpahnya stok beras maka dapat mengatasi potensi lonjakan harga karena pasar bisa mendapat sokongan suplai dari Bulog langsung.

Dalam sambutannya, Kepala Negara juga mengharapkan impor jagung dapat ditiadakan pada 2018 jika upaya meningkatkan produktifitas di lapangan dilakukan secara detail.

"Jagung, data yang saya peroleh ini impornya 3,2 juta ton dan data terakhir yang saya terima impor kita 2016 hanya 900 ribu ton," ujar Presiden.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan, menurunnya jumlah impor jagung itu dikarenakan terdapat produksi yang melonjak di dalam negeri.

Menurut data Kementerian Pertanian, penurunan impor jagung di Indonesia terjadi sebesar 66,6 persen.

Produksi jagung meningkat jadi 23,2 juta ton pada 2016 dari sebelumnya 19 juta ton pada 2014 atau naik sebesar 21,8 persen.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Scan QRIS menggunakan BRImo

Selasa, 29 Oktober 2024 - 05:19 WIB

Transaksi Melalui BRImo Makin Mudah dan Aman dengan Fitur QRIS Transfer

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI telah menjadi pelopor dalam penyediaan layanan digital yang inovatif, utamanya melalui Super Apps BRImo yang diluncurkan pada 2019 lalu. Salah…

Ilustrasi hukum (ist)

Selasa, 29 Oktober 2024 - 05:05 WIB

Kongkalikong Terdakwa Emas Antam Terbukti, Pintu Masuk MA Batalkan Putusan Perdata

Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Agung mendakwa Pengusaha Budi Said, melakukan korupsi terkait jual beli emas. Jaksa mengatakan Budi melakukan kongkalikong pembelian emas dengan harga di bawah…

Penyerahan plakat kerja sama PT Asuransi Tokio Marine Indonesia dan PNM yang diwakilkan Muhammad Ali, Chief Distribution Officer TMI (kiri) dan Agus Mulyono, Kepala Cabang PNM Bekasi (kanan)

Senin, 28 Oktober 2024 - 23:43 WIB

Asuransi Tokio Marine Indonesia Bersama PNM Komitmen Dorong Perlindungan Keuangan bagi UMKM

PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) bersama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyelenggarakan kegiatan Literasi Asuransi bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  yang berlokasi…

Penandatanganan kerja sama antara Danone SN Indonesia dengan APL dan RHJ

Senin, 28 Oktober 2024 - 23:37 WIB

Rayakan Hari Pangan Sedunia, Danone SN Indonesia - APL dan RHJ Jalin Kolaborasi Atasi Limbah Makanan

Dalam rangka meningkatkan komitmen terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab dalam pengelolaan limbah makanan dalam operasional bisnis sekaligus merayakan Hari Pangan Sedunia, Danone Specialized…

Dalam waktu dekat Hamawas akan memberlakukan tarif Tol Kutepat seksi 3 dan sebagian seksi 4

Senin, 28 Oktober 2024 - 21:17 WIB

Hamawas Sosialisasikan Penetapan Tarif Tol Kutepat, Pengguna Jalan Dihimbau untuk Perhatikan Kecukupan Saldo

Setelah di operasikan tanpa tarif selama lebih dari 1 (satu) bulan, PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) dalam waktu dekat segera memberlakukan tarif pada Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat…