Terkait Pemulihan Sistem Saat Libur Lebaran, Berikut Klarifikasi Bank DKI

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 08 April 2025 - 19:27 WIB

Terkait Pemulihan Sistem Saat Libur Lebaran, Berikut Klarifikasi Bank DKI
Terkait Pemulihan Sistem Saat Libur Lebaran, Berikut Klarifikasi Bank DKI

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Terkait dengan aktivitas pemulihan sistem yang dilakukan Bank DKI sepanjang periode libur lebaran tahun 2025, Direktur Utama Bank DKI, Agus Haryoto Widodo menyampaikan klarifikasi resmi dari manajemen Bank DKI terkait gangguan sistem layanan bank yang terjadi  tanggal 29 Maret 2025.

”Pada tanggal tersebut, sistem pengamanan internal Bank DKI secara otomatis mengaktifkan fitur pemulihan sistem keamanan, sebagai langkah proteksi untuk memastikan stabilitas layanan dan keamanan transaksi seluruh nasabah” ujar Agus pada konferensi pers di Jakarta (08/04) yang turut dihadiri oleh Direksi Bank DKI.

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa langkah ini merupakan bagian dari mekanisme kontrol internal kami dalam menjaga integritas sistem perbankan secara menyeluruh. Sebagai dampak dari aktivasi fitur tersebut, terjadi pembatasan sementara pada sebagian layanan transaksi lintas jaringan (off-us), termasuk transaksi ATM melalui jaringan bank lain. Ia juga menyampaikan bahwa sejak awal kejadian, Bank DKI langsung mengaktifkan tim teknis, operasional, dan layanan nasabah secara intensif selama 24 jam, untuk melakukan evaluasi sistem, pemulihan berjenjang, serta menjaga kelancaran layanan prioritas lainnya.

Bank DKI juga berkoordinasi secara aktif dengan mitra dan pihak regulator untuk memastikan bahwa seluruh langkah yang kami ambil sejalan dengan prinsip kehati-hatian dan keamanan perbankan. Setelah dilakukan evaluasi menyeluruh dan memastikan sistem dalam kondisi stabil dan aman, Bank DKI memulai proses pemulihan layanan secara bertahap. Tahap pertama yang dibuka adalah layanan ATM Off-Us, yang kembali dapat digunakan sejak hari Senin, 7 April 2025. Layanan ATM Bank DKI telah sepenuhnya pulih dan dapat digunakan kembali secara normal, termasuk transfer antar bank, hingga pembayaran berbagai tagihan. Bank DKI terus memantau kinerja sistem untuk memastikan layanan berjalan dengan optimal dan stabil.

Atas pemulihan sistem yang dilakukan, mewakili segenap Manajemen dan Karyawan Bank DKI, Agus menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dengan turut menyampaikan terimakasih atas pengertian yang telah diberikan. Ia pun turut memastikan bahwa data dan seluruh dana nasabah tetap aman dan tidak mengalami gangguan apapun selama proses pembatasan layanan berlangsung.

“Kami juga membuka kanal komunikasi 24/7 melalui call center dan media sosial resmi untuk menerima aspirasi, pengaduan, maupun pertanyaan dari Masyarakat”ujar Agus sekaligus menegaskan komitmen Bank DKI dalam memastikan setiap permasalahan yang dihadapi oleh nasabah,sebagai akibat dari pelaksanaan pemulihan system ini, akan diselesaikan dengan sebaik-baiknya dengan menerapkan prinsip Pelindungan Konsumen, Prudential Banking dan Good Corporate Governance sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan dan ketentuan internal yang berlaku.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang terus diberikan kepada Bank DKI. Kami meyakini bahwa keterbukaan, kecepatan respon, dan perbaikan berkelanjutan akan memperkuat posisi Bank DKI sebagai bank terpercaya, profesional, dan adaptif dalam menghadapi setiap tantangan” tutup Agus.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GA & Comrel Manager SBI Pabrik Cilacap, Dewi Hestyani (kanan) bersama Kepala Bappeda Kabupaten Cilacap, Sujito (kedua kiri) usai panen perdana padi varietas biosalin 2 di Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis (17/4/2025).

Selasa, 22 April 2025 - 06:06 WIB

Sukses Uji Coba Padi Biosalin, SIG dan Pemkab Cilacap Dorong Pertanian Berkelanjutan untuk Ketahanan Pangan

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menegaskan komitmennya untuk mendukung pemerintah mewujudkan ketahanan pangan, salah satunya melalui penanaman padi varietas biosalin 2 yang…

EF Kids & Teens Resmi Menjadi English 1.

Senin, 21 April 2025 - 22:50 WIB

EF Kids & Teens Resmi Menjadi English 1, Wajah Baru Pendidikan Bahasa Inggris Anak Indonesia

Dengan rebranding ini, English 1 semakin mempertegas posisinya sebagai penyedia kursus bahasa Inggris terbaik di Indonesia.

Kalbe Nutritionals melalui DiabetaCare dan Diabetasol menghadirkan kampanye #SejutaJari #PunyaDia

Senin, 21 April 2025 - 22:20 WIB

Gerakan DiabetaCare dan Diabetasol Ajak Masyarakat Cegah Diabetes Sejak Dini

Melalui kampanye ini, DiabetaCare dan Diabetasol mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri dengan rutin melakukan pemeriksaan gula darah.

Zaskia Adya Mecca ikut merasakan Adu Cepat Sunlight VS Whoosh.

Senin, 21 April 2025 - 21:55 WIB

Sunlight Rhamno Power Diluncurkan, Bantu Ibu Mencuci Piring Secepat Kereta Cepat Whoosh

Zaskia Adya Mecca bersama para ibu berpacu mencuci tumpukan piring yang berlemak dan berminyak menggunakan Sunlight Rhamno Power bersamaan dengan perjalanan kereta cepat Whoosh.

Cahaya Manthovani Raih Penghargaan Puspa Nawasena

Senin, 21 April 2025 - 20:37 WIB

Cahaya Manthovani Raih Penghargaan Puspa Nawasena di Hari Kartini

Cahaya Manthovani, sociopreneur muda yang juga merupakan Ketua Harian Yayasan Inklusi Pelita Bangsa, menerima penghargaan Puspa Nawasena dalam ajang Anugerah Puspa Bangsa 2025 yang diselenggarakan…