Pixel Group Dorong Standarisasi Media Luar Ruang di Transportasi Publik Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 27 Maret 2025 - 11:00 WIB

Media Luar Ruang Pixel
Media Luar Ruang Pixel

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Melanjutkan rangkaian diskusi interaktif yang telah dilaksanakan bersama dengan KCIC pada Februari lalu seputar membangun ekosistem media luar ruang dengan optimasi pemanfaatan teknologi di area Kereta Cepat Whoosh, Pixel Group, salah satu pelaku industri periklanan luar ruang (Out-of-Home/OOH) di Indonesia, kembali menegaskan komitmennya dalam membangun masa depan periklanan berbasis teknologi di area transportasi publik. 

Langkah ini menjadi bagian dari strategi jangka panjang Pixel Group untuk menciptakan ekosistem media luar ruang yang semakin cerdas, interaktif, dan berbasis data, dengan cakupan lebih luas ke berbagai moda transportasi publik.

Melalui berbagai kerja sama strategis dengan sejumlah operator transportasi publik seperti bandara di Indonesia, LRT Jabodebek, TransJakarta, dan KCIC, Pixel Group menghadirkan solusi inovasi teknologi dalam ekosistem periklanan berbasis transportasi publik. Lebih dari sekadar memperkaya pengalaman penumpang, tetapi layanan yang ditawarkan diharapkan dapat memberikan efektivitas komunikasi yang lebih tinggi bagi brand dan klien melalui pemanfaatan teknologi real-time, konten dinamis, serta pemetaan audiens yang presisi.

Dengan urbanisasi yang semakin pesat dan meningkatnya penggunaan transportasi publik, periklanan berbasis moda transportasi telah menjadi salah satu platform utama bagi merek untuk berkomunikasi dengan audiens di lingkungan yang sangat terukur. Di Jakarta sendiri, data dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mencatat bahwa jumlah penumpang transportasi umum di Jakarta mencapai lebih dari 3 juta orang setiap harinya. Mengacu pada tren global di kota-kota besar lainnya seperti New York, London, Tokyo, dan Singapura, integrasi media luar ruang dengan teknologi AI, data real-time, dan interaksi digital telah menjadi standar industri modern.

“Kami percaya bahwa periklanan pada ekosistem transportasi publik di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang dengan penggunaan integrasi teknologi digital. Saat ini, kami sedang mengoptimalkan ekosistem yang kami miliki, memungkinkan brand dan klien untuk menjangkau audiens dengan strategi berbasis data, menyesuaikan iklan secara dinamis, dan meningkatkan engagement melalui interaksi digital,” ujar David Leong, Direktur Pixel Group.

Sebagai langkah strategis dalam membangun masa depan periklanan transportasi di Indonesia, Pixel Group menghadirkan berbagai inovasi berbasis teknologi yang memungkinkan pengalaman iklan lebih relevan dan menarik bagi audiens. Beberapa teknologi utama yang diimplementasikan dalam proyek ini meliputi:

● Iklan Berbasis Teknologi dan Data Real-Time: Optimalisasi penggunaan data real-time dan teknologi yang memungkinkan konten iklan berubah secara otomatis berdasarkan profil audiens, waktu perjalanan, dan kondisi sekitar.

● Sistem Penayangan Iklan Dinamis: Solusi yang memungkinkan brand dan klien lebih fleksibel dalam menayangkan konten berdasarkan lokasi, waktu, dan karakteristik penumpang.

● Integrasi Informasi dan Hiburan: Menggabungkan iklan, informasi perjalanan, serta hiburan dalam satu ekosistem interaktif yang meningkatkan pengalaman penumpang.

● Analitik Audiens Berbasis Data: Pemanfaatan data real-time untuk mengoptimalkan efektivitas kampanye dan menganalisis perilaku penumpang.

Dengan jumlah penumpang di transportasi umum yang terus meningkat serta frekuensi perjalanan yang tinggi setiap harinya, periklanan di transportasi publik menjadi salah satu strategi komunikasi paling efektif. Saat ini, Pixel Group telah menghadirkan memiliki beragam titik media luar ruang di berbagai lokasi strategis di bandara, LRT, dan moda transportasi lainnya.

“Dengan semakin tingginya volume penumpang, media iklan di transportasi publik menjadi salah satu kanal promosi yang strategis dan menjanjikan bagi para brand yang ingin menjangkau audiens dengan cara yang lebih efektif,” lanjut David. 

Periklanan di transportasi umum memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan media luar ruang konvensional. Hal ini disebabkan oleh waktu tunggu penumpang sebelum keberangkatan. Stasiun Kereta Cepat Whoosh rata-rata waktu tunggu mencapai 40 menit sebelum keberangkatan, yang memungkinkan brand dan klien menampilkan konten dengan durasi eksposur yang lebih lama dan lebih berkesan bagi audiens. Sebuah penelitian oleh Nielsen menemukan bahwa 74% responden memperhatikan iklan saat berada di transportasi umum. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan media iklan tradisional lainnya seperti koran dan majalah.

Pixel Group berkomitmen untuk terus mengembangkan standar baru dalam industri periklanan luar ruang di Indonesia dengan menghadirkan teknologi berbasis data, pemetaan audiens, serta konten dinamis yang dapat menyesuaikan waktu, lokasi, dan preferensi pengguna. Selain itu, Pixel Group juga tengah menjajaki ekspansi lebih lanjut ke berbagai moda transportasi lainnya guna memperkuat jangkauan komunikasi brand kepada masyarakat urban.

“Kami percaya bahwa masa depan periklanan luar ruang bukan sekadar space iklan, tetapi sebuah ekosistem interaktif yang mendukung pengalaman penumpang sekaligus memberikan dampak maksimal bagi brand dan klien. Melalui inovasi teknologi, kami ingin membawa media luar ruang ke era yang lebih cerdas dan lebih terukur,” tutup David Leong.

Dengan semakin berkembangnya infrastruktur transportasi di Indonesia, Pixel Group optimistis bahwa kolaborasi strategis dengan berbagai operator transportasi publik ini akan menjadi titik awal dalam membangun industri periklanan transportasi yang lebih modern, berbasis data, dan berdaya saing global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Dompet Dhuafa bersama Stimuno bagikan 150 parsel Ramadan.

Minggu, 30 Maret 2025 - 21:01 WIB

Dompet Dhuafa Bersama Stimuno Bagikan 150 Parsel Ramadan, Persiapkan Hari Kemenangan

Di bulan Ramadan, puasa bukan sekedar bentuk ketaatan kepada Allah, tetapi juga membawa manfaat bagi tubuh dan jiwa, termasuk memperbaiki sistem imun. Sebagai dukungan nyata bagi kesehatan masyarakat,…

Kolaborasi dompet Dhuafa bersama YOU berbagi paket sembako dan school kit untuk anak-anak yatim dhuafa.

Minggu, 30 Maret 2025 - 20:00 WIB

Langkah Kecil dalam Merawat Diri dan Merawat Kebaikan Lewat Change #StartsWithYOU Bersama Dompet Dhuafa

Perubahan tidak selalu dimulai dari langkah besar. Justru, setiap perubahan besar berawal dari hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari, mulai dari peduli terhadap diri sendiri hingga meluas…

Respon Cepat Dompet Dhuafa kirim bantuan bagi penyintas gempa Myanmar.

Minggu, 30 Maret 2025 - 18:41 WIB

Dompet Dhuafa Kirim Bantuan Kemanusiaan, Respons Cepat Bagi Penyintas Gempa di Myanmar

Gempa berkekuatan 7,7 magnitudo yang terjadi pada Jumat (28/3/2025), menyebabkan kerusakan infrastruktur dan menimbulkan korban jiwa, serta luka-luka bagi masyarakat Myanmar. Guncangan gempa…

Panti Asuhan Werdha Khusnul Khotimah

Minggu, 30 Maret 2025 - 18:30 WIB

Kehangatan Clean Plus Tissue Bersama Dompet Dhuafa Beri Senyuman Penghuni Panti Asuhan Werdha Khusnul Khotimah

Selain menaungi para lanjut usia (lansia), panti ini juga menaungi anak-anak yatim dan dhuafa. Ada belasan penghuni lansia di sini. Semuanya perempuan berusia 60 tahun ke atas. Ya, Panti Wreda…

Hu Baishan, Wakil Presiden Eksekutif dan Chief Operating Officer vivo

Minggu, 30 Maret 2025 - 14:47 WIB

vivo Resmikan Laboratorium Robotika dan Perkenalkan Headset Mixed Reality Pertama di Forum Boao 2025

Forum Tahunan Boao untuk Asia 2025 resmi dimulai pada tanggal 25 Maret 2025 lalu di Boao, Provinsi Hainan, Tiongkok. Sebagai mitra strategis selama empat tahun berturut-turut dan anggota baru…