ExportHub.id Dorong UMKM Indonesia Tembus Pasar Global Lewat Ekosistem Digital Terintegrasi

Oleh : Candra Mata | Senin, 24 Maret 2025 - 19:10 WIB

PT Usaha Dagang Indonesia (ExportHub.id).
PT Usaha Dagang Indonesia (ExportHub.id).

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sejak berdiri pada 2018, PT Usaha Dagang Indonesia (ExportHub.id) hadir sebagai ekosistem digital terintegrasi yang menjadi solusi satu pintu (one-stop solution) untuk mendukung produk-produk Indonesia menembus pasar global dan digital. Dengan tujuh entitas bisnis di dalamnya, ExportHub.id menawarkan layanan lengkap mulai dari pemasaran ekspor, pelatihan, hingga konsultasi bisnis bagi pelaku usaha di Indonesia.

Co-Founder dan Direktur Business Development ExportHub.id, Divera Wicaksono, menjelaskan bahwa ExportHub.id dibangun untuk menjawab tantangan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) dalam menembus pasar global yang kian kompetitif. "ExportHub.id adalah ekosistem one-stop solution dan one-stop services yang kami rancang untuk mempercepat produk Indonesia masuk ke pasar digital dan global. Sejak berdiri 2018, kami mengembangkan tujuh entitas yang masing-masing punya fokus berbeda mulai dari pemasaran ekspor di e-commerce global, pelatihan digitalisasi dan ekspor, hingga layanan konsultasi manajemen internasional," ujar Divera.

ExportHub.id hadir sebagai jawaban atas kebutuhan pasar yang semakin besar akan layanan ekspor terintegrasi. Lingkup bisnis ExportHub.id mencakup pendampingan UKM di platform e-commerce global seperti Alibaba, pelatihan digitalisasi ekspor, layanan penjualan di social commerce, bridging investor asing ke Indonesia, pengurusan perizinan ekspor-impor, hingga konsultasi manajemen bisnis untuk skala nasional dan internasional. "Kami juga punya layanan enabler yang membantu penjualan lewat live streaming di marketplace dan social commerce, serta mendampingi investor asing yang ingin masuk ke Indonesia," jelas Divera.

Divera melanjutkan, pihaknya membagi pendampingan ke dalam tiga kategori besar, yaitu perintis, pasar lokal, dan pasar ekspor. "UKM yang kami dampingi jumlahnya banyak sekali, terutama di sektor lokal dan perintis. Untuk ekspor, sejak 2018 kami sudah mendampingi ratusan UKM yang kini sustain, rutin mendapatkan buyer dari luar negeri, bahkan banyak yang sudah repeat order," ungkapnya.

ExportHub.id juga dipercaya menjadi mitra resmi (channel partner) Alibaba di Indonesia, yang berperan penting dalam mempercepat transaksi ekspor pelaku usaha di Indonesia. "Posisi kami adalah membantu percepatan transaksi ekspor, salah satu tools utamanya lewat Alibaba. Kami mendampingi mitra dari lembaga pemerintah, BUMN, hingga swasta yang ingin masuk pasar ekspor menggunakan platform digital," papar Divera.

ExportHub.id bahkan mendampingi langsung anggota Alibaba dalam pengoperasian akun mereka, termasuk negosiasi, pengurusan dokumen ekspor, hingga logistik. "Banyak lembaga pemerintah, BUMN, swasta, dan UMKM yang kami bantu mendapatkan buyer lewat platform digital," tambahnya.

Melihat tren pasar global, Divera optimistis bahwa bisnis ExportHub.id akan terus berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan pasar terhadap digitalisasi dan layanan ekspor terintegrasi. "Ke depan, semua lembaga, kementerian, perbankan, atau BUMN yang punya program mendorong UMKM pasti akan membutuhkan jalur digital untuk pemasaran ekspor. ExportHub.id hadir sebagai solusi konkret untuk itu," tegas Divera.

Dengan ekosistem yang kuat dan pengalaman mendampingi ratusan UMKM, ExportHub.id optimistis bisa menjadi mitra strategis bagi Indonesia dalam meningkatkan kontribusi ekspor nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BSKJI Kemenperin, Andi Rizaldi

Senin, 28 April 2025 - 11:09 WIB

Diikuti Ribuan Peserta, Kemenperin Latih Generasi Muda Minati Industri Kreatif

Kementerian Perindustrian berperan aktif dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk mendukung aktivitas industri kreatif. Sektor ini dinilai memiliki potensi strategis,…

 Nasabah melintasi tulisan BRImo

Senin, 28 April 2025 - 10:41 WIB

Jadi Andalan Masyarakat, Super App BRImo Digunakan Oleh 40 Juta User dan Catat Transaksi Rp1.599 Triliun Dalam 3 Bulan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kian memperkuat komitmennya dalam mendukung kemudahan akses layanan keuangan melalui inovasi digital. Pengembangan super apps BRImo menjadi bagian…

UMKM Kopi binaan BRI

Senin, 28 April 2025 - 08:08 WIB

Serius Pangan Nusantara, UMKM Kopi yang Bertumbuh hingga Go Global Berkat Pemberdayaan BRI

Serius Pangan Nusantara merupakan salah satu UMKM unggulan yang berhasil berkembang di industri kopi Indonesia. Didirikan oleh Elfira Agustina bersama suaminya, bisnis ini telah melalui berbagai…

Acaraki Jamu Festival 2025.

Senin, 28 April 2025 - 07:45 WIB

Acaraki Jamu Festival 2025 Semarakkan Warisan Budaya Indonesia di Kota Tua Jakarta

Rayakan budaya Indonesia di Acaraki Jamu Festival 2025 di Kota Tua Jakarta, nikmati parade jamu gendong, free flow jamu, fashion show budaya, dan banyak aktivitas seru lainnya.

Sejumlah karyawan PT Sompo Insurance Indonesia (“Sompo Insurance”) memeriahkan suasana kegiatan 50 Second Challenges

Minggu, 27 April 2025 - 19:33 WIB

Sompo Insurance Gaungkan 50 Second Challenges di CFD Jakarta

PT Sompo Insurance Indonesia ("Sompo Insurance") menyelenggarakan “50 Second Challenges” sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menuju perayaan ulang tahun ke-50 perusahaan yang jatuh pada…