Mitsubishi Fuso Catat Capaian Gemilang Sepanjang 2024, Sukses Rajai Pasar Kendaraan Niaga

Oleh : Ridwan | Sabtu, 22 Maret 2025 - 13:15 WIB

Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Aji Jaya bersama Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Daisuke Okamoto
Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Aji Jaya bersama Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Daisuke Okamoto

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corporation di Indonesia, berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di segmen kendaraan niaga di sepanjang tahun 2024. 

Kendati kondisi pasar sempat mengalami tantangan, Mitsubishi Fuso berhasil mempertahankan posisi sebagai truk kepercayaaan bisnis konsumen di Indonesia.

Terlepas dari kondisi pasar yang mengalami penurunan, Mitsubishi Fuso tetap mampu menjaga stabilitas pangsa pasarnya dengan meraih 38,1% pangsa pasar kendaraan niaga atau setara dengan 27.683 unit.

Penyumbang terbesar penjualan tersebut berasal dari varian Canter di kelas Light Duty Truck (LDT) yang mencatatkan dominasi pasar sebesar 53,1% atau setara dengan 25.219 unit. Sementara itu, di kategori Medium Duty Truck (MDT), Fighter X mencatatkan perolehan pangsa pasar sebesar 13,3% atau sebanyak 2.436 unit.

Tidak hanya dari segi penjualan, beragam aktivitas layanan purna jual telah dilakukan oleh Mitsubishi Fuso seperti perluasan layanan After Sales Service, diantaranya menambah jaringan diler yang saat ini berjumlah 223 outlet untuk lebih menjangkau konsumen. Juga menambah lokasi Bengkel Siaga 24 Jam menjadi 19 lokasi, 5 Service Point, 21 Parts Depo, 135 armada Mobile Workshop Service dan lebih dari 7000 outlet Spare Parts. 

Tidak hanya itu, inovasi digital pun terus diperkenalkan dengan meluncurkan Fuso Spare Parts Official di Shopee, Tokopedia, dan Lazada, serta mengembangkan aplikasi MyFUSO dan Runner Telematics guna memudahkan konsumen mengatur operasional bisnisnya dengan efektif.

Aji Jaya, selaku Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors menyampaikan, perjalanan Mitsubishi Fuso 55 tahun di Indonesia menjadi sebuah milestones bersejarah bagi kami, dan kami sangat bangga bisa tetap mempertahankan Mitsubishi FUSO sebagai market leader 2024 di tengah kondisi pasar yang cukup menantang. 

"Tentunya ini memotivasi kami untuk siap melaju lebih jauh di tahun 2025, kami sudah menyiapkan berbagai strategi agresif serta line-up terbaru untuk penetrasi pasar kendaraan niaga," kata Aji di Jakarta (21/3).

Selain tetap mempertahankan posisi sebagai market leader, Mitsubishi Fuso juga meraih berbagai penghargaan bergengsi salah satunya adalah Top Brand 100 Award 2025 dan WOW Brand 2025 sebagai Gold Champion, yang semakin mempertegas posisi Mitsubishi Fuso sebagai merek kendaraan niaga terpercaya dan terkemuka di Indonesia. 

Strategi Tahun 2025

Tahun 2025 diproyeksikan sebagai tahun yang lebih menjanjikan bagi industri kendaraan niaga yang didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil, peningkatan aktivitas logistik dan konstruksi, serta permintaan komoditas Indonesia di pasar global. Mitsubishi Fuso akan menargetkan pangsa pasar sebesar 40% atau tumbuh sebesar 1,9% di segmen kendaraan niaga di momentum penting yaitu hadirnya Mitsubishi Fuso selama 55 tahun di Indonesia.

Mitsubishi FUSO optimis bisa meningkatkan penjualan kendaraan niaga dengan lebih fokus memberikan pelayanan yang berkualitas selayaknya Andalan Bisnis Sejati. 

Dalam sambutannya, Daisuke Okamoto, selaku Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengatakan,  Andalan Bisnis Sejati akan menjadi kunci bagi Mitsubishi Fuso menuju 55 tahun dengan sukses dan memberikan nilai tambah untuk konsumen!! 

Adapun, strategi yang pertama yaitu, KTB akan fokus memperkuat Zero Down Time dengan mengoptimalkan fungsi seluruh fasilitas After Sales Service. Layanan purna jual adalah senjata utama kami untuk memenangkan persaingan.

"Dalam hal ini, KTB telah menyiapkan beberapa program untuk mewujudkan pelayanan terbaik untuk konsumen dimanapun dan kapanpun," ungkapnya.

Kedua, KTB akan memberikan pelayanan penuh layaknya seorang Konsultan Bisnis Konsumen yang turut mendampingi kesuksesan bisnis mereka dari awal hingga akhir dengan profesional. 

"Ketiga, kami akan memberikan pengalaman berbisnis dengan Nilai Masa Guna Terbaik dengan menyediakan solusi yang bisa dicustomes dengan karakter, area, dan bisnis konsumen untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka”, ujarnya.

Menyongsong tahun 2025, Mitsubishi FUSO tidak hanya akan bergerak agresif dalam menerapkan strategi penjualan yang inovatif, tetapi juga memastikan seluruh konsumen mendapatkan pengalaman berbisnis yang menguntungkan bagi mereka. 

Pada kesempatan tersebut, Mitsubishi Fuso juga meluncurkan logo perayaan 55 Tahun kiprahnya di Indonesia. Logo yang mengandung simbol infinity (tak terbatas) berwarna emas tersebut, melambangkan pelayanan yang tidak akan pernah putus dari hulu hingga ke hilir untuk seluruh konsumennya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ramadhan HNI Muda: Glow & Grow Up Your Faith

Minggu, 23 Maret 2025 - 09:25 WIB

Ramadhan ala HNI Muda, Makin Glowing Lahir Batin

Ramadhan jadi bulan yang paling dinantikan oleh umat Muslim di dunia, tak terkecuali jejaring mitra HNI Muda yang tersebar se-Nusantara. Pasca Grand Launching HNI Muda di akhir tahun 2024, konsolidasi…

BRI berkomitmen untuk mendorong terciptanya tempat kerja yang inklusif dan setara dengan menjunjung tinggi prinsip kesetaraan, keberagaman, dan non-antidiskriminasi dalam pengembangan karier.

Minggu, 23 Maret 2025 - 09:14 WIB

Komitmen BRI Terapkan Budaya Kerja Inklusif, Bawa BRI Raih Penghargaan Anugerah Avirama Nawasena dari SBM ITB

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan pengakuan atas komitmennya dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan berkelanjutan.

Siloam Hospitals Lippo Cikarang gelar Seminar Medis Optimalisasi Endoskopi dalam Diagnosis dan Terapi Gastrointestinal

Minggu, 23 Maret 2025 - 08:00 WIB

Siloam Hospitals Lippo Cikarang Gelar Seminar Medis Optimalisasi Endoskopi dalam Diagnosis dan Terapi Gastrointestinal

Seminar ini digelar Siloam Hospitals Lippo Cikarang untuk membahas perkembangan terkini dalam teknologi dan prosedur endoskopi guna meningkatkan diagnosis serta terapi pada gangguan saluran…

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Andi Rizaldi.

Minggu, 23 Maret 2025 - 07:00 WIB

Tilik Prinsip Keberlanjutan, Balai Kemenperin Audit Surveilans Industri Pangan

Keberlanjutan, Balai Kemenperin Audit Surveilans Industri Pangan Jakarta, Kementerian Perindustrian terus mendorong perusahaan manufaktur di Indonesia untuk menerapkan standar industri hijau,…

Dalam rangka mendorong inovasi, daya saing global serta upaya keberlanjutan lingkungan, Danone memperluas kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) di bidang kesehatan, pendidikan, sosial dan ekonomi melalui program Indonesia - MENA (Middle East and North Africa) Expert Exchange Program yang bertujuan mempromosikan pemahaman bersama, meningkatkan keterampilan kepemimpinan, dan membangun kemitraan berkelanjutan antara pemimpin muda Indonesia dan negara-negara Timur Tengah.

Minggu, 23 Maret 2025 - 06:15 WIB

Danone Tandatangani Nota Kesepahaman dengan PBNU

Danone dengan bangga mengumumkan pengembangan kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di bidang kesehatan, pendidikan, sosial, dan ekonomi untuk mendorong inovasi, daya saing…