Deloitte Umumkan Aliansi Strategis dengan CleverTap untuk Definisikan Kembali Engagement dan Retensi Pelanggan
Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Maret 2025 - 13:56 WIB

Kerjasama Deloitte dan CleverTap
INDUSTRY.co.id - Jakarta – Deloitte Touche Tohmatsu India LLP telah menjalin aliansi strategis dengan CleverTap untuk membantu perusahaan mentransformasi strategi customer engagement mereka melalui insight berbasis data dan otomatisasi yang digerakkan oleh AI. Kemitraan ini bertujuan untuk membantu perusahaan mengoptimalkan interaksi mereka dengan pelanggannya, meningkatkan retensi, dan mempercepat transformasi digital.
Seiring dengan pergeseran bisnis ke arah model interaksi berbasis data dan insight, terdapat peningkatan kebutuhan akan analitik yang real-time, insight pelanggan yang bersifat prediktif, dan pengalaman yang dipersonalisasi. Kolaborasi ini akan berfokus pada sektor-sektor utama, seperti retail, layanan keuangan, quick commerce, dan traveling, di mana perusahaan-perusahaan sedang berupaya menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus, personal, dan skalabel.
“Dalam lanskap bisnis yang sangat kompetitif saat ini, menghadirkan pengalaman yang dipersonalisasi dan berfokus pada pelanggan telah menjadi faktor penentu keberhasilan. Organisasi-organisasi di berbagai industri memanfaatkan data, tools digital, dan teknologi canggih, tidak hanya untuk mengidentifikasi pelanggan mereka yang paling berharga, tetapi juga untuk tetap unggul dalam persaingan. Kemitraan ini bukan sekadar untuk menghadapi tantangan saat ini, tetapi juga tentang melengkapi bisnis dengan tools dan insight yang penting, supaya mereka tetap kompetitif di lanskap digital yang terus berkembang melalui ‘kekuatan kolaborasi.”kata Hemendra Upadhyay, Partner Deloitte India pada Kamis (20/3/2025).
"Bermitra dengan Deloitte menandai sebuah langkah penting dalam memperluas jangkauan CleverTap. Strategi inovatif dan insight lokal mereka, dikombinasikan dengan platform kami yang enterprise-grade dan digerakkan open AI, akan memberdayakan bisnis untuk menciptakan engagement yang sangat personal dan skalabel. Bersama-sama, kami mendefinisikan kembali hubungan dengan pelanggan dan mempercepat pertumbuhan di berbagai kawasan." ujar Anand Jain, Co-Founder dan Chief Product Officer CleverTap
Balaji Venkataraman, Partner, Deloitte India, menyoroti pentingnya customer engagement dalam lanskap bisnis saat ini. Dirinya menyatakan bahwa saat bisnis bergerak meninggalkan model tradisional, mereka memerlukan solusi berbasis AI yang skalabel dan terintegrasi secara mulus ke dalam strategi digital mereka untuk meningkatkan agility dan mendorong customer engagement yang bermakna.
"Kemitraan ini akan menggabungkan keahlian Deloitte dalam bidang konsultasi serta pengembangan dan bekerja dengan teknologi canggih dari CleverTap untuk membantu berbagai brand memperkaya pengalaman pelanggan mereka, meningkatkan retensi, dan menghasilkan nilai bisnis jangka panjang."ujarnya.
Sidharth Pisharoti, Chief Revenue Officer CleverTap, menambahkan, bergabung dengan Deloitte menegaskan komitmen CleverTap untuk menjawab tantangan bisnis yang krusial dengan memberikan insight berbasis data secara real-time dan engagement yang dipersonalisasi dalam skala besar.
"Melalui integrasi solusi kami dan inisiatif go-to market bersama, perusahaan-perusahaan dapat memperdalam hubungan dengan pelanggan mereka, mengoptimalkan operasional, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Bersama-sama, kami menetapkan tolok ukur baru tentang bagaimana brand dapat mempercepat transformasi digital dan mendorong kepemimpinan pasar." kata Sidharth Pisharoti
Solusi MarTech dari CleverTap, platform product experience, dan kemampuan engagement berbasis VoIP akan diintegrasikan dengan keahlian strategi digital Deloitte, supaya bisnis dapat meningkatkan personalisasi, mengotomatiskan alur kerja marketing, dan mengoptimalkan berbagai engagement dengan pelanggan.
Pada jangka pendek, aliansi ini akan berfokus pada proyek percontohan, pelatihan bersama, dan inisiatif marketing bersama untuk memvalidasi solusi terintegrasi dan memperlihatkan keberhasilan awal. Dalam jangka menengah, aliansi ini akan mengembangkan berbagai solusi yang spesifik untuk industri tertentu, memperluas strategi go-to-market, dan melakukan optimalisasi berdasarkan umpan balik.
Ke depannya, visi jangka panjang mencakup pendirian laboratorium inovasi bersama, perluasan ekosistem melalui kemitraan strategis, dan komitmen terhadap metrik pertumbuhan yang berkelanjutan untuk mendorong nilai yang terukur. Peta jalan ini akan terus berkembang melalui kolaborasi yang berkelanjutan, memastikan keselarasan dengan pasar dan transformasi digital yang berdampak bagi klien.
Baca Juga
Sinergi BUMN Muda Perkebunan Perkuat Kepedulian Sosial di Bulan Ramadhan
Gelar RUA 2025, AFTECH Perkuat Industri Fintech Nasional yang Inklusif,…
Umaroh v2.0: Transformasi Digital Bisnis Umrah, Solusi Cerdas di…
Hadir di Indonesia, Adecco Siap Bawa Standar Global dalam Solusi…
Indosat dan Bank Saqu Jalin Kolaborasi Inovatif untuk Perluas Inklusi…
Industri Hari Ini

Minggu, 23 Maret 2025 - 12:32 WIB
Hadir di Gelaran Qurma, Galeri 24 Tebar Segudang Promo Spesial
Galeri 24 terus mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi emas. Anak perusahaan PT Pegadaian ini ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki emas dengan harga yang lebih…

Minggu, 23 Maret 2025 - 11:23 WIB
Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Optimalisasi Kawasan Industri, BRI Jalin Kerja Sama dengan HKI
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menjalin sinergi untuk mendorong daya saing kawasan industri guna mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 8% pada 2025-2029. Dukungan…

Minggu, 23 Maret 2025 - 10:46 WIB
Penerbangan Perdana Jetstar, Labuan Bajo dan Singapura Makin Dekat
Labuan Bajo-Maskapai Jetstar Asia (3K) lakukan penerbangan perdana dengan Rute Singapura - Labuan Bajo pada Kamis (20/03/2025). Penerbangan perdana dengan rute baru ini kembali memperkuat komitmen…

Minggu, 23 Maret 2025 - 10:28 WIB
Infinity Care 2025: Membangun Jembatan Kebahagiaan dan Keberkahan kepada Anak-Anak Yatim dan Dhuafa di Bulan Ramadhan
Jakarta - Dalam semangat berbagi dan kepedulian sosial, yayasan Al-Azhar Kelapa Gading, Jakarta kembali menggelar Infinity Care 2025. Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen Alazka Care…

Minggu, 23 Maret 2025 - 09:44 WIB
JUFI Gelar Santunan dan Tebar Sembako di Sukabumi dan Kabupaten Kuningan
Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) kembali menyelenggarakan program Ramadhan Bahagia, Jumat-Sabtu (21-22/3/2025). Tahun 2025, merupakan penyelenggaraan kelima Ramadhan Bahagia.
Komentar Berita