Telkom Solution Hadirkan Solusi Digital Inovatif untuk Segmen Market Enterprise Business di Indonesia
Oleh : Wiyanto | Kamis, 20 Maret 2025 - 20:58 WIB

(Kiri - kanan )OVP Enterprise Product Development, Tanto Suratno bersama OVP Enterprise Marketing & Regional Management, Reni Yustiani dan Andri Herawan Sasoko, VP Corporate Communication PT Telkom Indonesia Tbk
INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Telkom Solution, terus memperkuat perannya sebagai penyedia solusi digital terdepan untuk market B2B di Indonesia.
Kehadiran Telkom Solution, menjadi langkah strategis bagi Telkom untuk mendominasi pasar B2B yang potensinya masih terbuka lebar, seperti segmen perusahaan swasta (private sector), BUMN dan pemerintahan.
Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Venusiana menjelaskan, saat ini, Telkom Solution fokus pada tiga solusi unggulan dengan layanan yang lebih inovatif dan terintegrasi, meliputi Connectivity+, Cyber Security, dan Artificial Intelligence (AI).
“Telkom Solution merupakan bentuk komitmen kami dalam menyediakan layanan digital yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Kami ingin memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan solusi terbaik untuk mendukung transformasi digital mereka,” ujar Venusiana.
OVP Enterprise Marketing & Regional Management, Reni Yustiani melanjutkan, potensi market enterprise business di Indonesia masih terbuka lebar. Reni mengurai, di segmen market perusahaan swasta, termasuk di dalamnya terdapat 136 grup usaha swasta atau konglomerasi bisnis yang memiliki jaringan lebih dari 4.800 entitas perusahaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
“Selain menggarap market konglomerasi perusahaan swasta, Telkom Solution juga akan mendorong digitalisasi di seluruh BUMN Group yang tersebar di 12 klaster BUMN dan juga mendukung akselerasi digitalisasi pemerintahan di 48 kementerian, 120 lembaga pemerintahan dan 553 pemerintahan daerah,” jelas Reni saat buka puasa bersama awak media di Jakarta.
Menyambung penjelasan Reni, OVP Enterprise Product Development, Tanto Suratno menyampaikan, ada tiga solusi unggulan yang siap dihadirkan untuk potensial market di segmen enterprise business Telkom Solution. “Ketiga solusi unggulan yang Telkom Solution hadirkan antara lain: Connectivity+ (Advanced Connectivity), Cyber Security dan Artificial Intelligence (AI),” jelas Tanto.
Tanto melanjutkan, Connectivity+ adalah layanan konektivitas end-to-end yang mencakup SD-WAN, Cloud, Data Center, dan IT Services untuk mendukung operasional bisnis yang lebih efisien. Kedua layanan Cyber Security. Menurut Tanto, Telkom bersama beberapa global giant tech company siap menghadirkan layanan keamanan digital operasional pelanggan dengan pengamanan digital multi-layered untuk melindungi data dan operasional bisnis pelanggan. Dan yang terakhir adalah layanan Artificial Intelligence (AI) berbasis use case yang dapat memberikan insight mendalam guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis pelanggan.
Reni menambahkan, kehadiran Telkom Solution semakin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia. “Segmen B2B Telkom dibagi menjadi dua. Untuk segmen market small medium enterprise (SME) menggunakan brand Indibiz. Sedangkan untuk market enterprise business seperti pemerintahan, BUMN, dan perusahaan swasta yang membutuhkan solusi digital yang lebih advance kami menggunakan brand Telkom Solution,” ucap Reni menjelaskan perbedaan Telkom Solution dan Indibiz di market B2B Telkom.
Baca Juga
Tegaskan Komitmen Keberlanjutan, Peringkat ESG Telkom Meningkat
Top! Fore Coffee Siap Melantai di Bursa Efek Indonesia
PTPP Wujudkan Komitmen TJSL melalui Program Rebuild Tomorrow Project…
Inovasi Stunting Hub dari Telkom, Mudahkan Posyandu Ujung Berung…
Bank Jatim Sukses Catatkan Laba Bersih Terbesar di Antara BPD
Industri Hari Ini

Sabtu, 22 Maret 2025 - 15:26 WIB
SharkNinja Hadir di SEIBU Grand Indonesia: Pengalaman Langsung Produk Rumah Tangga dengan Teknologi Canggih
Hadirnya offline store pertama ini menjadi langkah awal komitmen SharkNinja dalam memberikan solusi perlengkapan rumah, dapur dan kecantikan bagi pelanggan di Indonesia.

Sabtu, 22 Maret 2025 - 13:15 WIB
Mitsubishi Fuso Catat Capaian Gemilang Sepanjang 2024, Sukses Rajai Pasar Kendaraan Niaga
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corporation di Indonesia, berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di…

Sabtu, 22 Maret 2025 - 12:14 WIB
Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag: Program Hutan Wakaf Perkuat Ekoteologi dan Ekonomi Umat
Jakarta– Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag., menegaskan bahwa Program Hutan Wakaf bukan sekadar inisiatif lingkungan, tetapi…

Sabtu, 22 Maret 2025 - 10:50 WIB
AXA Mandiri Luncurkan Asuransi Mabrur Insan Syariah, Solusi Perlindungan dan Pelunasan Biaya Haji dan Umrah
Asuransi Mabrur Insan Syariah diluncurkan AXA Mandiri sebagai solusi perlindungan sekaligus perencanaan keuangan untuk pelunasan biaya ibadah haji dan umrah.

Sabtu, 22 Maret 2025 - 10:39 WIB
vivo V50 Resmi Meluncur di Indonesia, Abadikan Momen Ramadan dengan Kamera Ultra Wide 50MP
Kebersamaan Ramadan semakin sempurna dengan kamera Wide-Angle Resolusi paling tinggi di kelasnya pada vivo V50.
Komentar Berita