Komitmen Ninja Xpress Dukung UMKM dan Korporasi dengan Menghadirkan Berbagai Layanan Unggulan
Oleh : Candra Mata | Rabu, 19 Maret 2025 - 07:00 WIB

Ninja Xpress menghadirkan solusi logistik yang inovatif dan andal melalui layanan Ninja B2B Restock (B2BR), Ninja International Deliveries, dan Ninja Cold.
INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menyambut bulan suci Ramadhan, Ninja Xpress terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan bisnis, baik UMKM maupun korporasi, melalui berbagai layanan unggulan. Dengan meningkatnya permintaan pasar selama bulan Ramadan, Ninja Xpress menghadirkan solusi logistik yang inovatif dan andal melalui layanan Ninja B2B Restock (B2BR), Ninja International Deliveries, dan Ninja Cold.
“Kami memahami bahwa bulan Ramadhan merupakan momen penting bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan mereka. Oleh karena itu, Ninja Xpress terus berinovasi dengan menghadirkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, baik skala kecil maupun besar. Kami ingin memastikan bahwa setiap produk dapat sampai ke pelanggan dengan aman, cepat, dan dalam kondisi terbaik,” ujar Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer, Ninja Xpress.
Ninja B2BR
Setiap tahun, transaksi jual beli di Indonesia meningkat signifikan selama bulan Ramadan. Peningkatan ini didorong oleh berbagai faktor, termasuk peningkatan konsumsi masyarakat.
Namun disisi lain, ada kendala yang dihadapi oleh pebisnis, menurut Raymond Chin, salah satu pebisnis F&B, produk yang tersimpan di gudang juga seringkali bermasalah, 46 persen masalah di gudang disebabkan karena human error, seperti salah catat tanggal masuk barang, tanggal kadaluarsa, dan lainnya.
Oleh karena itu pemilik bisnis harus mempertimbangkan opsi waktu yang sangat spesifik untuk penjemputan atau pengiriman, terutama untuk produk musiman dan saat festival.
Sebagai mitra logistik terpercaya, Ninja B2B Restock (B2BR) hadir dengan fokus pada efisiensi operasional. Ninja B2BR menawarkan solusi logistik lengkap yang mencakup semua tahap proses, dari awal hingga akhir.
Satyabudi, Operations manager Kartika Sari, mengatakan “Resiko pengiriman produk kami akan bertambah, terutama apabila jarak pengiriman jauh, misalnya toko kami yang ada di luar wilayah kota Bandung. Untuk bisnis makanan seperti kami, kami mau selalu memastikan bawa kualitas produk tetap terjaga, sehingga pembeli dapat menyajikan hidangan lezat untuk mereka sendiri ataupun keluarga di bulan ramadhan ini. Dengan handling yang baik, Ninja Xpress membantu kami memastikan bahwa produk kami sampai dengan aman”.
Ninja Cold
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Ninja Xpress dan MNC Portal Litbang pada akhir tahun 2024 kepada 1.100 responden pembeli online (e-shopaholics) di Jabodetabek dan luar Jabodetabek dengan rata-rata usia responden antara 21 hingga 30 tahun, terdapat sebanyak 93,9 persen melakukan pembelian frozen food didorong oleh meningkatnya preferensi konsumen terhadap kenyamanan dan kepraktisan.
Untuk mendukung industri makanan dan minuman yang mengalami lonjakan permintaan selama bulan Ramadan, Ninja Cold hadir sebagai solusi logistik dengan fasilitas pengiriman produk dalam suhu terkendali. Dengan layanan ini, produk makanan beku, hingga bahan makanan dapat dikirim dengan kualitas tetap terjaga, menjawab kebutuhan pelanggan selama Ramadan dan Idul Fitri.
Pada bulan Ramadhan ini, Ninja Xpress resmi memperluas jangkauan layanan Ninja Cold ke Bandung. Sebelumnya hanya tersedia di wilayah Jabodetabek, kini layanan pengiriman dengan suhu terjaga ini dapat dinikmati oleh pelanggan di Bandung untuk pengiriman antar-kota Bandung ataupun Jakarta menuju ke kota Bandung.
Layanan Ninja Cold dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang mengandalkan rantai pasokan produk segar dan beku, seperti Processed Frozen Food, Roti & adonan roti, Daging beku, Baby food & Pet food. Dengan ekspansi ini, para pelaku usaha di Bandung kini dapat mengakses layanan pengiriman yang cepat, aman, dan terjamin kesegarannya.
Ninja International Deliveries
Ramadhan bukan sekadar bulan ibadah, tetapi juga periode lonjakan konsumsi yang membuka peluang besar bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. Dari fesyen Muslim hingga makanan halal, permintaan produk khas Ramadhan melonjak drastis.
Satu survei yang dilakukan The Trade Desk mengungkapkan, 67 persen masyarakat Indonesia berencana untuk mengalokasikan setidaknya seperempat dari THR mereka untuk merayakan Ramadan 2024. Fenomena ini tidak hanya terjadi di dalam negeri tetapi juga di pasar internasional seperti Malaysia yang penduduk muslimnya mencapai lebih dari 60% dan Singapura dengan penduduk Muslim lebih dari 15%.
Berdasarkan riset Suara UKM Negeri Vol. VI: Dari Indonesia ke Asia Tenggara, lebih dari 40% responden dari Malaysia dan Singapura tertarik berbelanja online dari Indonesia. Hal ini menunjukkan besarnya potensi pasar bagi UKM Indonesia, terutama di bulan Ramadhan ketika minat belanja meningkat signifikan.
Namun, memasuki pasar internasional bukan sekadar soal menawarkan produk, tetapi juga memahami preferensi dan perilaku belanja konsumen setempat.
Agar dapat menarik perhatian pembeli di luar negeri, UKM perlu mengadopsi strategi pemasaran digital yang efektif, memanfaatkan platform e-commerce yang tepat, serta memastikan layanan logistik yang andal.
Beauty of Angel, merek kecantikan asal Tangerang yang telah menggunakan Ninja Cross Border untuk pengiriman mereka ke Malaysia dan Singapura, telah membuktikan bahwa produk lokal mampu bersaing di pasar internasional. Sejak September 2024, mereka berhasil mengekspor produk skincare dan collagen drink ke Malaysia.
"Kami melihat tren produk kecantikan di Malaysia sangat berkembang, terutama untuk produk berbahan alami. Permintaan terus meningkat, dengan harga jual yang lebih tinggi, oleh karena itu kami optimis untuk memperluas pasar ke negara lain di Asia Tenggara," ujar Awan, Founder Beauty of Angel.
Andi Djoewarsa menambahkan, dengan berbagai layanan unggulan ini, Ninja Xpress berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan UMKM dan korporasi selama bulan Ramadan.
"Sebagai perusahaan logistik yang berorientasi pada pelanggan, Ninja Xpress akan terus menghadirkan inovas untuk mendukung ekosistem bisnis yang lebih berkembang dan berdaya saing," tandasnya.
Baca Juga
J&T Cargo Sukses Catatkan Capaian Gemilang Sepanjang Tahun 2024
Bersama KiriminAja dan Anteraja, Seller Bandung dan Wonosobo Dapatkan…
HJ Karpet Bersama Kemendes Inisiasi Desa Pengrajin Karpet Handmade…
Jangkau 240 Titik Selama Ramadan, Pasar Murah Food Station Hadirkan…
PT DFI RETAIL NUSANTARA TBK (Hero), HERO Mencatatkan Pendapatan Bersih…
Industri Hari Ini

Jumat, 21 Maret 2025 - 21:23 WIB
Presiden Prabowo Resmikan KEK Industropolis Batang, Wujudkan Industrialisasi dan Hilirisasi untuk Bangun Ekonomi Nasional
Presiden Prabowo Subianto meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Industropolis Batang di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, pada Kamis, 20 Maret 2025. Kawasan ini diharapkan menjadi pusat…

Jumat, 21 Maret 2025 - 21:14 WIB
Bank Mandiri Taspen Melibatkan 380 ribu-an Nasabahnya dalam Program Tiga Pilar Mantap
Sampai Desember 2024, Bank Mandiri Taspen telah melibatkan sebanyak 380 ribu-an nasabahnya dalam sekitar 6500-an kegiatan Tiga Pilar Mantap. Tiga Pilar Mantap merupakan program unggulan yang…

Jumat, 21 Maret 2025 - 21:08 WIB
Menteri Bahlil: Pemerintah Rampungkan Revisi PP untuk Tingkatkan PNBP Sektor Minerba
Pemerintah saat ini tengah merampungkan revisi dua peraturan pemerintah (PP) guna meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari sektor mineral dan batu bara (minerba). Menteri Energi…

Jumat, 21 Maret 2025 - 21:06 WIB
KO.MO.DO: Tren Investasi Properti 2025 yang Bikin Aset Properti Bayar Cicilannya Sendiri
Pola investasi properti di 2025 mengalami perubahan signifikan. Jika sebelumnya investor mengandalkan kenaikan harga (capital gain), kini semakin banyak yang mempertimbangkan potensi pemasukan…

Jumat, 21 Maret 2025 - 20:48 WIB
Jenius Hadirkan Inovasi Cash Cow dan Bayar & Nabung di Momen 'Jagain Ramadan'
Jenius luncurkan dua inovasi terbarunya, yaitu Cash Cow dan Bayar & Nabung.
Komentar Berita