Brand Value Meningkat Tajam, BRI Jadi Merek No.1 di Indonesia dan Urutan 323 Dunia dalam Daftar Brand Finance Global 500 2025
Oleh : Wiyanto | Senin, 17 Maret 2025 - 15:55 WIB

Direktur Utama BRI Sunarso
INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) kembali mencatat pencapaian gemilang dengan meningkatnya nilai merek (brand value) dalam laporan Brand Finance Global 500 2025. Pada laporan tersebut, BRI menjadi yang tertinggi atau berada pada urutan pertama di Indonesia dan menduduki peringkat 323 diantara 500 perusahaan dengan brand value paling berharga di dunia.
Laporan tersebut menyebutkan BRI mengalami peningkatan peringkat secara pesat dari peringkat 446 pada 2024 menjadi posisi 323 di tahun ini. Brand value BRI tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan merek-merek yang mendunia seperti Prudential, Manulife, Credit Agricole, Yahoo! Group, Jeep, Pfizer, Nokia, Prada, dan merek dunia lainnya. Sementara itu, hanya terdapat 2 perusahaan dari Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar tersebut dengan BRI menduduki peringkat tertinggi.
“Riset Brand Finance terus menunjukkan bahwa merek yang dikelola dengan baik menghasilkan value yang terukur, menjadikan diferensiasi bagi perusahaan untuk bersaing di pasar yang kompetitif dan menarik pelanggan setia. Lebih dari itu, merek yang kuat juga mendorong akuisisi talenta, meningkatkan kepercayaan investor dan membangun resiliensi di masa ketidakpastian,” tulis Chairman & CEO Brand Finance David Haigh dalam laporannya.
Riset ini dilakukan terhadap lebih dari 175.000 responden di 31 negara yang mengukur kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap merek.
Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa perseroan sangat bangga dan bersyukur atas pencapaian BRI dalam Brand Finance Global 500 2025, yang mencerminkan kekuatan merek dan kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan BRI.
“Peningkatan brand value BRI dari tahun ke tahun dan merupakan yang terbaik di Indonesia adalah bukti nyata dari komitmen BRI dalam memberikan kinerja finansial terbaik, produk dan layanan terbaik dan disaat bersamaan memperkuat inklusi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Sunarso.
Sunarso pun menegaskan BRI akan terus bertransformasi agar dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. “Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh insan BRI dalam menjalankan strategi bisnis yang berorientasi pada pertumbuhan berkelanjutan, serta dukungan penuh dari para nasabah utamanya pelaku UMKM, pemegang saham, dan seluruh pemangku kepentingan. Kami percaya bahwa merek yang kuat bukan hanya tentang aspek finansial semata, namun juga tentang dampak positif yang diberikan kepada masyarakat,” pungkas Sunarso.
Baca Juga
Zakat di Ujung Jari, Super Apps BRImo Hadirkan Solusi Praktis untuk…
Sambut Lebaran, BTN Sediakan Uang Tunai Rp30 Triliun
BSI Distribusikan Bantuan Pesantren dan Santunan Yatim di Bukittinggi
BSI dan BSI Maslahat Rayakan Ramadan dengan Berikan Santunan untuk…
Kapan Lagi Buka Bareng BRI Festival 2025 Digelar, Beragam Aktivitas…
Industri Hari Ini

Selasa, 18 Maret 2025 - 11:13 WIB
Kemenperin: AIGIS 2025 Wujud Kolaborasi Menuju Transformasi Industri Hijau
Kementerian Perindustrian terus mengakselerasi penerapan prinsip industri hijau bagi sektor manufaktur di Indonesia. Melalui pengembangan ekosistem industri hijau ini diharapkan akan dapat memperkuat…

Selasa, 18 Maret 2025 - 11:13 WIB
CEO Philip Morris Sampaikan Komitmen Sampoerna Dorong Investasi Berkelanjutan Hingga Pengembangan UMKM Pacu Ekonomi RI
PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bekerja sama dengan CNN Indonesia menggelar acara The Big Idea Forum bertema “Pahlawan Ekonomi Bangsa: Kekuatan UMKM untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi 8%”.…

Selasa, 18 Maret 2025 - 10:58 WIB
Dukung Perjalanan Mudik, PT Indomobil National Distributor Hadirkan Layanan Siaga
Dalam mendukung kenyamanan pelanggan selama bulan suci Ramadan dan mudik Lebaran, PT Indomobil National Distributor, selaku Agen Pemegang Merek (APM) Citroën dan Jeep di Indonesia, meluncurkan…

Selasa, 18 Maret 2025 - 10:53 WIB
Menperin Agus Apresiasi Kompetisi Esai Hiroshima University untuk Pengembangan SDM
Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi atas terselenggaranya The 1st Hiroshima University Japanese Essay Contest for Indonesian Students, ajang yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi…

Selasa, 18 Maret 2025 - 10:53 WIB
Ramayana Sambut Lebaran 2025 dengan Strategi Promosi Inovatif dan Gerai Baru di Palu
Sambut Lebaran 2025, Ramayana membuka kembali gerai ke-96 di Kota Palu, memberikan promo serba 50rb, merestrukturisasi gerai, kolaborasi dengan IP lokal, dan menghadirkan program belanja.
Komentar Berita