Sumbang 30% Pekerja Pabrik Nike dan Adidas Global, Kemenperin: Daya Saing Industri Manufaktur Kita Makin Diakui Dunia

Oleh : Hariyanto | Senin, 17 Maret 2025 - 13:02 WIB

Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arief
Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arief

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri alas kaki dan pakaian Indonesia kembali menunjukkan tajinya di panggung global. Dalam setahun terakhir, Indonesia menjadi pilihan utama bagi merek-merek ternama dunia seperti Nike dan Adidas untuk memperluas produksi mereka.

"Indonesia sekarang menyumbang hampir 30% dari total tenaga kerja pabrik global Adidas dan Nike. Ini bukti nyata daya saing industri manufaktur kita semakin diakui dunia," ujar Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arief dalam keterangannya di Jakarta, Senin (17/3/2025).

Hal ini tidak hanya mempertegas posisi Indonesia sebagai pusat manufaktur kelas dunia, tetapi juga menghadirkan peluang lapangan kerja yang semakin luas bagi tenaga kerja dalam negeri.

Indonesia berhasil menarik lebih banyak alokasi produksi dari dua raksasa global tersebut, bahkan menggeser pusat produksi dari negara-negara seperti China, Vietnam, dan Kamboja.

Di sektor alas kaki, sebanyak 7.644 tenaga kerja baru direkrut pada tahun 2024, naik 3% dibanding tahun sebelumnya, menjadikan jumlah tenaga kerja di sektor ini mencapai 271.774 orang. Sementara di sektor pakaian, pertumbuhan perekrutan lebih pesat dengan penambahan 10.013 pekerja baru, atau melonjak 30% year-on-year, total menjadi 36.409 tenaga kerja.

Sebagian besar pabrik pemasok Adidas dan Nike di Indonesia dimiliki oleh investor asing, utamanya dari China, Korea Selatan, dan Taiwan. Mereka semakin aktif menambah tenaga kerja untuk meningkatkan kapasitas produksi. Misalnya, Ontide (Korea Selatan) dan Korrun (Vietnam) telah merekrut lebih banyak pekerja Indonesia.

Di sisi lain, PT Pancaprima Ekabrothers mengalami penurunan jumlah pekerja sebesar 10,9%, sementara Adidas tengah menjajaki pembukaan pabrik baru di Indonesia lewat mitra lokal seperti PT Adonia dan PT Aroma.

Kemenperin mencatat, kinerja ekspor alas kaki dan pakaian kian perkasa sepanjang tahun 2024. Total ekspor alas kaki dan pakaian Indonesia pada 2024 tembus USD11,2 miliar, naik 9,8% dibanding tahun sebelumnya. Amerika Serikat tetap menjadi pasar terbesar, menyerap 60% ekspor pakaian Indonesia. Untuk alas kaki, ekspor ke Negeri Paman Sam melonjak 24,6% (yoy), setara dengan USD2,9 miliar.

Kemenperin melihat tren positif ini sebagai peluang besar bagi penguatan industri dalam negeri. Tidak hanya meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global, tetapi juga membuka lapangan kerja baru dan memberikan multiplier effect yang luas.

"Kami berkomitmen untuk terus menciptakan iklim investasi yang kondusif, meningkatkan keterampilan tenaga kerja, dan memperkuat infrastruktur industri agar Indonesia semakin menjadi mitra strategis dalam rantai pasok global," tegas Febri.

Kemenperin juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga momentum positif ini, guna mendukung pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor industri yang inklusif dan berkelanjutan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sampoerna dan CNN Indonesia helat acara The Big Idea Forum bertema Pahlawan Ekonomi Bangsa: Kekuatan UMKM untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi 8%

Selasa, 18 Maret 2025 - 11:13 WIB

CEO Philip Morris Sampaikan Komitmen Sampoerna Dorong Investasi Berkelanjutan Hingga Pengembangan UMKM Pacu Ekonomi RI

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bekerja sama dengan CNN Indonesia menggelar acara The Big Idea Forum bertema “Pahlawan Ekonomi Bangsa: Kekuatan UMKM untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi 8%”.…

Media Briefing PT Indomobil National Distributor

Selasa, 18 Maret 2025 - 10:58 WIB

Dukung Perjalanan Mudik, PT Indomobil National Distributor Hadirkan Layanan Siaga

Dalam mendukung kenyamanan pelanggan selama bulan suci Ramadan dan mudik Lebaran, PT Indomobil National Distributor, selaku Agen Pemegang Merek (APM) Citroën dan Jeep di Indonesia, meluncurkan…

Menperin Agus Gumiwang apresiasi atas terselenggaranya The 1st Hiroshima University Japanese Essay Contest for Indonesian Students, ajang yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi pembelajaran bahasa Jepang dan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang.

Selasa, 18 Maret 2025 - 10:53 WIB

Menperin Agus Apresiasi Kompetisi Esai Hiroshima University untuk Pengembangan SDM

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi atas terselenggaranya The 1st Hiroshima University Japanese Essay Contest for Indonesian Students, ajang yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi…

Strategi Promosi Inovatif Ramayana di lebaran tahun 2025.

Selasa, 18 Maret 2025 - 10:53 WIB

Ramayana Sambut Lebaran 2025 dengan Strategi Promosi Inovatif dan Gerai Baru di Palu

Sambut Lebaran 2025, Ramayana membuka kembali gerai ke-96 di Kota Palu, memberikan promo serba 50rb, merestrukturisasi gerai, kolaborasi dengan IP lokal, dan menghadirkan program belanja.

400 WNI BERHASIL DIKELUARKAN DARI MYAWADDY

Selasa, 18 Maret 2025 - 10:46 WIB

Alhamdulilah! 400 WNI Berhasil Dikeluarkan dari Myawaddy

Bangkok– Sebanyak 400 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban eksploitasi online scam di Myawaddy, Myanmar, berhasil dikeluarkan dari wilayah konflik Myawaddy, Myanmar pada tanggal…