PT DFI RETAIL NUSANTARA TBK (Hero), HERO Mencatatkan Pendapatan Bersih Sebesar Rp 4,54 Triliun
Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 15 Maret 2025 - 09:43 WIB

PT DFI RETAIL NUSANTARA TBK (Hero)
INDUSTRY.co.id, Jakarta- PT DFI Retail Nusantara Tbk (HERO) mencatat perbaikan kinerja keuangan pada tahun 2024, yang terutama didorong oleh pertumbuhan penjualan dan peningkatan laba yang solid dari bisnis Guardian. Kinerja bisnis IKEA mengalami tekanan akibat penurunan permintaan permintaan furnitur rumah tangga. Secara keseluruhan, Perseroan berhasil mengurangi kerugian secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.
HERO mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp 4,54 triliun pada tahun buku 2024, meningkat 4% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 4,38 triliun.
Informasi ini disampaikan dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (13/3).
Presiden Direktur HERO, Hadrianus Wahyu Trikusumo, menyatakan bahwa perbaikan kinerja keuangan didorong oleh pertumbuhan penjualan dan peningkatan laba dari bisnis Guardian. Sebaliknya, bisnis IKEA masih mengalami tekanan akibat penurunan permintaan furnitur rumah tangga.
Pada 2024, HERO mencatatkan rugi dari operasi yang dilanjutkan sebesar Rp 146 miliar, membaik dari kerugian Rp 431 miliar pada 2023.
Perbaikan ini didorong oleh pertumbuhan laba di bisnis Guardian, penurunan kerugian di IKEA, serta keuntungan dari divestasi bisnis Hero Supermarket dan penjualan properti non-inti. Total kerugian perusahaan tercatat sebesar Rp 6 miliar, menurun signifikan dari Rp 132 miliar pada tahun sebelumnya.
Bisnis Guardian mencatatkan pertumbuhan penjualan dan laba dua digit, yang didorong oleh peningkatan volume penjualan dan meningkatnya jumlah pengunjung di mal-mal premium serta destinasi wisata.
Guardian berkomitmen untuk memperkuat proposisi nilai, mengoptimalkan rangkaian produk, dan memperluas kehadiran omnichannel guna meningkatkan aksesibilitas bagi pelanggan.
Sementara itu, kinerja IKEA masih terdampak lemahnya permintaan furnitur rumah tangga. Namun, langkah efisiensi biaya berkontribusi terhadap perbaikan hasil operasional. IKEA tetap fokus pada pertumbuhan penjualan melalui peningkatan daya tarik toko, optimalisasi tata letak, dan penyempurnaan alat belanja.
Pada Juni 2024, HERO menyelesaikan divestasi bisnis Hero Supermarket kepada PT Hero Retail Nusantara. Dengan langkah ini, perusahaan kini sepenuhnya fokus pada pengembangan bisnis Guardian dan IKEA di Indonesia.
Sebagai bagian dari strategi transformasi, HERO telah resmi mengubah nama perusahaan dari PT Hero Supermarket Tbk menjadi PT DFI Retail Nusantara Tbk.
Selain itu, perusahaan juga berhasil menjual empat properti non-inti sepanjang tahun, yang turut memperkuat kinerja keuangan dan mendukung pertumbuhan perusahaan.
Baca Juga
Jangkau 240 Titik Selama Ramadan, Pasar Murah Food Station Hadirkan…
Kiriminaja Hadirkan Promo Berkah Ramadan: Ongkir Flat Mulai dari…
Mitra10 & Atria Melanjutkan Ekspansinya, Kini Hadir di TENTH Avenue…
Lakukan Percepatan Pendistribusian Stok, ID FOOD Pastikan Kebutuhan…
Lautan Luas Sukses Bukukan Total Pendapatan Capai Rp7,72 Triliun…
Industri Hari Ini

Senin, 17 Maret 2025 - 15:28 WIB
Lazada Ramadan Mega Sale: Diskon Hingga 90% dan Umrah Gratis untuk Pelanggan Setia!
Lazada menghadirkan rangkaian Ramadan Sale yang berlangsung sejak 28 Februari hingga 3 April 2025 untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan dari awal Ramadan sampai Lebaran.

Senin, 17 Maret 2025 - 15:03 WIB
Kemenperin Gelar Pre-Event AIGIS 2025, Ajak Seluruh Pemangku Kepentingan Wujudkan Transformasi Industri Hijau
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar Sosialisasi Pre-Event The 2nd Annual Indonesia Green Industry Summit (AIGIS) 2025. AIGIS menjadi sebuah platform strategis yang dapat…

Senin, 17 Maret 2025 - 14:41 WIB
SIG Hadirkan Kenyamanan Beribadah dan Berbuka Puasa di Sundown Markette GBK
SIG menyediakan fasilitas musala, toilet portabel, serta takjil gratis di Sundown Markette, sebuah bazar kuliner yang berlangsung di Taman Softball Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Senin, 17 Maret 2025 - 14:18 WIB
ExportHub.id Perluas Ekspor Produk Indonesia ke Arab Saudi melalui Amazing Indonesia 2025
ExportHub.id kembali memperkuat perannya sebagai penggerak utama ekspor produk Indonesia dengan menjalankan misi dagang di Arab Saudi pada 21-28 Februari 2025. Misi ini bertujuan untuk memperluas…

Senin, 17 Maret 2025 - 14:12 WIB
BlueScope Indonesia Angkat Jenny Margiano Sebagai Country Director, Fokus pada Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan
Pengalaman lebih dari 30 tahun di berbagai industri, termasuk kepemimpinan di perusahaan multinasional, Jenny Margiano dipercaya untuk membawa BlueScope Indonesia menghadapi tantangan dan peluang…
Komentar Berita