Lestarikan Warisan Khas Nusantara, Jamu Brama Berkhasiat Jaga Kesehatan Tubuh

Oleh : Candra Mata | Senin, 17 Februari 2025 - 10:36 WIB

Caption Foto: Jamu Brama
Caption Foto: Jamu Brama

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Hadir pada tahun 2020 silam, Jamu Brama berkeinginan untuk dapat berkontribusi dalam mendukung ekosistem minuman ramuan khas lokal Indonesia serta juga berupaya untuk memenuhi kebutuhan alternatif masyarakat Indonesia yang ingin menjaga keseimbangan tubuh dengan ramuan herbal. kini Jamu Brama telah meresmikan outlet pertamanya di Lippo Mall Nusantara di Jakarta sejak Jumat, 14 Februari lalu.

Adapun outlet Jamu Brama berada di Livin' Alun-Alun Nusantara yang berlokasi di lantai lower ground (LG) Lippo Mall Nusantara atau yang dulunya bernama Plaza Semanggi. 

Tri Karta Brata, owner Jamu Brama mengaku bersyukur kini sudah memiliki outlet pertama Jamu Brama di Lippo Mall Nusantara.

"Saya bersyukur, bahwa perjalanan panjang sudah dilalui untuk mempromosikan dan menjual Jamu Brama," ungkapnya.

"Saya ketika itu memulai usaha ini dengan cara door to door untuk memasarkan produk Jamu Brama ini," kenangnya seraya menambahkan.

Brama, begitu ia biasa disapa mengatakan, bahwa dirinya juga kerap mengikuti berbagai kegiatan mulai Jumat hingga MInggu sebelum memiliki outlet pertama di Lippo Mall Nusantara.

"Saya juga selalu mengikuti sejumlah event seperti Bazaar CFD di Pintu 5 dan Pintu 6 Gelora Bung Karno (GBK) pada waktu weekend," ujarnya.

"Saat ini saya sudah punya SPG untuk membantu menjual Jamu Brama, khususnya di GBK," ucapnya. Brama menjelaskan bahwa jamu selama ini sudah lama dikenal sebagai minuman khas Nusantara. 

Selain itu, Brama mengemukakan, walaupun identik dengan rasa pahit, minuman hasil ramuan ini banyak memberikan manfaat dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Brama pun menuturkan ide untuk membuat Jamu Brama ini bermula dari dirinya yang suka traveling ke sejumlah negara, seperti Thailand yang ternyata mempunyai banyak bahan herbal menarik yang diminati warga setempat.

"Produk Jamu Brama terinspirasi dari minuman merek lokal yang disukai oleh kalangan masyarakat yang saya jumpai saat melakukan kegiatan traveling, salah satunya di negara Thailand," ujarnya.

Brama pun bersyukur bisa memiliki outlet Jamu Brama di Lippo Mall Nusantara lantaran mall ini cocok dengan Jamu Brama. "Lippo Mall Nusantara terkesan seperti Icon Siam di Thailand. Maka tidak salah saya memilih Lippo Mall Nusantara sebab terlihat kekinian sehingga banyak orang datang ke sini dan tidak menutup kemungkinan orang juga beli Jamu Brama," terangnya.

lebih lanjut, Brama pun optimistis produk ramuan ini juga akan disukai berbagai kalangan masyarakat Indonesia sebab harganya terjangkau, relatif murah dan banyak manfaat yang diperoleh dari Jamu Brama mulai dari kesehatan hingga untuk merawat kulit.

Selain itu, Brama mengatakan bahwa dirinya hingga kini masih tetap produksi sendiri Jamu Brama sebagai upaya menjaga kualitas Jamu Brama. "Saya sejak awal terjun langsung terlibat dalam pembuatan Jamu Brama," ujarnya. 

Ia juga mengutarakan, Jamu Brama kedepan tidak hanya sekadar jamu namun juga akan menggabungkan dengan beragam buah-buahan.

"Sehingga adanya cita rasa baru itu akan semakin banyak orang suka minum Jamu Brama, termasuk anak milenial dan Gen Z," ucapnya. Brama menambahkan, cita rasa itu juga akan membuat Jamu Brama akan tampak kekinian meengikuti perkembangan zaman.

Ia mengungkapkan, selama ini Jamu Brama terbuat dari ramuan berbagai jenis rempah-rempah. " Ada yang dari kunyit, beras kencur, asam Jawa dan lainnya," tuturnya. Bahkan, lanjutnya, ada kandungan honey di Jamu Brama sehingga banyak orang asing yang jadi tertarik untuk membeli Jamu Brama.

Adapun produk Femina Care menjadi pilihan yang paling diminati oleh kaum hawa. selain itu ada juga Stamina Up Boost untuk menjaga keseimbangan tubuh dan B' Glow untuk perawatan kulit.

Sebagai informasi, istilah Jamu Brama adalah Brasa Manjur karena jamu punya khasiat yang manjur untuk kesehatan dan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM EXPORT binaan BRI

Selasa, 25 Maret 2025 - 23:18 WIB

UMKM Binaan BRI Tembus Pasar Global, Ikuti Pameran Natural Product Expo West 2025 di Los Angeles

Sebagai bank yang senantiasa berkomitmen dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) terus memperluas akses pasar bagi…

GE HEALTHCARE DAN BNI PERKUAT DUKUNGAN FINANSIAL UNTUK TRANSFORMASI TEKNOLOGI DI SEKTOR KESEHATAN INDONESIA

Selasa, 25 Maret 2025 - 23:17 WIB

Ge Healthcare dan BNI Perkuat Dukungan Finansial untuk Transformasi Teknologi di Sektor Kesehatan Indonesia

Jakarta– Penguatan infrastruktur teknologi kesehatan menjadi faktor krusial dalam meningkatkan kualitas layanan medis di Indonesia.

Direktur Utama INTP Christian Kartawijaya (tengah). Foto: dok INTP.

Selasa, 25 Maret 2025 - 22:56 WIB

Top! Indocement (INTP) Bukukan Laba Rp2 Triliun Sepanjang 2024

Jakarta: PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) dalam Public Expose dan Konferensi Pers Kinerja Indocement Tahun 2024 selasa (25/3/2025) melaporkan pencapaian selama tahun 2024.

Selasa (25/3/2025) menjadi hari yang bersejarah bagi para guru di Indonesia karena, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian PKP, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, BPS dan BP Tapera resmi berkolaborasi meluncurkan Program Rumah untuk Guru Indonesia. Program KPR ini khusus guru ini menyasar 20.000 guru di seluruh Indonesia untuk mewujudkan mimpinya memiliki rumah yang layak dan terjangkau.

Selasa, 25 Maret 2025 - 22:25 WIB

Di Tengah Tekanan Ekonomi Global, BTN Gerak Cepat Siapkan Rumah untuk Guru

Bogor– PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bersama Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Badan Pusat Statistik…

Marfis Antonius, selaku Regional Operation Head BRI Jakarta II bersama perwakilan media, Budi, di Aula Kantor BRI Kanwil Jakarta 2, Menara BRI Pens, Jakarta, Senin (24/03/2025)

Selasa, 25 Maret 2025 - 22:08 WIB

Perdalam Inklusi Keuangan di Area Urban, BRI Kanwil Jakarta 2 Perkuat Kolaborasi dengan Media

Jakarta– Dalam upaya memperdalam inklusi keuangan di area urban, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Regional 2 berkomitmen memperkuat kolaborasi dengan media masa dalam mempublikasi berbagai program…