Menkop Budi Arie Bentuk Pos Pengaduan Permasalahan Koperasi

Oleh : Ridwan | Selasa, 28 Januari 2025 - 13:52 WIB

Menkop Budi Arie Setiadi
Menkop Budi Arie Setiadi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Langkah Menteri Koperasi (Menkop) Budi Arie Setiadi dalam membangun dan memperkuat ekosistem perkoperasian yang kondusif, semakin melaju. 

Setelah sebelumnya membentuk Satgas Revitalisasi Koperasi Bermasalah, kali ini Menkop membentuk Pos Pengaduan terkait segala permasalahan koperasi di seluruh Indonesia.

Menkop menjelaskan, dibentuknya Pos Pengaduan tersebut sebagai perpanjangan tangan dan pengembangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

"Dan itu akan terintegrasi dengan Satgas yang baru dibentuk dalam hal mediasi, audiensi, serta upaya pengawasan preventif terhadap permasalahan koperasi yang akan timbul ke depannya. Baik binaan pusat maupun permasalahan koperasi lainnya yang ada di daerah-daerah," kata Menkop Budi Arie, dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (28/1).

Bahkan, lanjut Menkop, beberapa fasilitas juga telah tersedia sebagai sarana pendukung, sehingga masyarakat bisa lebih nyaman dalam menyampaikan keluhannya.

"Pos pengaduan dapat disampaikan selain datang langsung secara offline, juga secara online melalui berbagai saluran seperti call center, email, telepon, WhatsApp, dan situs web," ucapnya.

Bagi Menkop Budi Arie, Pos Pengaduan ini adalah salah satu bentuk komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menciptakan interaksi yang lebih baik antara pemerintah dan masyarakat.

Menkop menekankan bahwa untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, seluruh pengaduan yang diterima akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Hal ini diharapkan dapat membantu menciptakan suasana yang lebih baik dan nyaman bagi masyarakat dalam berinteraksi dengan pemerintah," kata Menkop Budi Arie.

Menkop pun mengajak seluruh masyarakat untuk tidak ragu dalam menyampaikan pengaduan, saran, atau masukan yang konstruktif untuk perbaikan layanan. 

"Melalui Pos Pengaduan ini, kami berharap dapat mendekatkan layanan publik kepada masyarakat dan memastikan bahwa suara masyarakat didengar dan mempermudah proses penyelesaian setiap permasalah yang dihadapi oleh warga," ujar Menkop Budi Arie.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petugas usai melayani transaksi nasabah di kantor layanan BTN Syariah, Jakarta (ilustrasi).

Kamis, 30 Januari 2025 - 09:04 WIB

Aset Bank BUMN Syariah Ini Bakal Tembus Rp 100 Triliun dalam 3 Tahun, Diprediksi Jadi Pesaing Utama di Perbankan Syariah Nasional

Jakarta – BTN Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) diperkirakan bakal menjadi pesaing utama di industri perbankan syariah nasional setelah nantinya…

Kelola Minyak Mentah Dalam Negeri, Pangkas Impor dan Tingkatkan Kemandirian Energi

Kamis, 30 Januari 2025 - 08:50 WIB

Bahlil: Kelola Minyak Mentah Dalam Negeri, Pangkas Impor dan Tingkatkan Kemandirian Energi

Jakarta - Pemerintah Indonesia terus menunjukkan komitmen kuat dalam meningkatkan kemandirian energi nasional.

Ilustrasi Anggota Polri/ Brimob (Foto Ist)

Rabu, 29 Januari 2025 - 20:40 WIB

Memahami Secara Utuh Hasil Survei Litbang Kompas Terkait Citra Positif Polri

Jakarta-Hasil survei Litbang Kompas menempatkan Polri sebagai institusi negara dengan citra positif sebesar 65,7 persen. Angka tersebut merupakan yang paling rendah bila dibandingkan dengan…

Motor Listrik Polytron

Rabu, 29 Januari 2025 - 16:58 WIB

Polytron Hadirkan Program Diskon Spesial Imlek Rp5.000.000 Untuk Setiap Pembelian Motor Listrik

Menjelang ulang tahun ke-50 dan dalam momentum tahun baru Imlek 2025, Polytron menghadirkan promo spesial berupa potongan harga senilai Rp5.000.000 untuk setiap pembelian motor listrik.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Rabu, 29 Januari 2025 - 16:46 WIB

Kirim Uang Ke Luar Negeri Makin Mudah Lewat Fitur Kirim Uang di Pegadaian Digital

Fitur ini di Inisiasi oleh Pegadaian melihat tingginya layanan transfer uang lintas negara yang dilakukan oleh Warga Negara Indonesia ke luar negeri.