Prudential Indonesia dan UOB Indonesia Hadirkan PRUIncome Protection

Oleh : Wiyanto | Jumat, 17 Januari 2025 - 15:34 WIB

Ilustrasi penawaran Asuransi
Ilustrasi penawaran Asuransi

INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) memperkuat komitmen untuk memberikan perlindungan keluarga Indonesia dengan meluncurkan PRUIncome Protection, produk asuransi jiwa tradisional dengan premi terjangkau dan proses yang mudah. Produk ini dirancang berdasarkan riset yang kami lakukan kepada para Nasabah yang datang dari para generasi muda, sebagai bentuk komitmen Prudential Indonesia untuk selalu mendengarkan apa yang Nasabah butuhkan.

Dari hasil riset yang dilakukan, ditemukan bahwa sebagian besar responden yang berasal dari generasi millenials dan Gen Z sudah mulai memprioritaskan hal terbaik untuk keluarga, namun masih mengharapkan yang terbaik untuk diri sendiri atau “what’s best for me” dalam hal mencari manfaat perlindungan dan produk asuransi sebagai investasi terhadap diri sendiri.

Saat ini, banyak anak muda Indonesia yang masih mengalami berbagai tantangan finansial, termasuk mereka yang menjadi tulang punggung keluarga (breadwinner) atau menanggung satu dan bahkan dua generasi (generasi sandwich). Riset Asian Development Bank (ADB) yang dirilis pada Mei 2024 menyebutkan, sebanyak 50% lansia di Indonesia masih bergantung pada anggota keluarganya, terutama anaknya, untuk kelangsungan hidupnya.

Data yang serupa juga ditemukan pada laporan Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, di mana 44,6% masyarakat Indonesia memiliki ketergantungan terhadap usia produktif. Selain itu, berdasarkan consumer research yang Prudential Indonesia lakukan tahun 2023, dilaporkan bahwa sekitar 70% konsumen Indonesia dengan usia produktif (25-45 tahun) tidak memiliki atau belum mempersiapkan proteksi sebagai safety net untuk pendapatan mereka.

Lebih jauh, jumlah kelas menengah di Indonesia menurun menjadi 47,85 juta jiwa pada tahun 2024 (turun 9,48% dibandingkan 2019). Dari total kelas menengah ini, hampir setengahnya merupakan milenial dan gen Z, masing-masing sebesar 24,6% dan 24,12%. Hal ini membuat kondisi ketahanan finansial anak muda di Indonesia yang semakin sulit, termasuk mereka yang merupakan generasi sandwich. Kondisi ini memberikan risiko yang cukup tinggi, dimana apabila sang tulang punggung keluarga jatuh sakit atau meninggal dunia, maka akan sangat berpengaruh pada kondisi finansial dan kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.

Dengan fakta ini, generasi muda sekarang sudah mengerti akan pentingnya mempersiapkan dana darurat / emergency fund sedini mungkin, dimana 82% dari mereka sudah melakukan hal tersebut, dan 65% dari mereka sudah mengalokasikan dana bulanan untuk simpanan hari tua.

PRUIncome Protection hadir sebagai solusi untuk memberikan perlindungan optimal bagi anak muda, khususnya mereka yang menjadi tulang punggung (breadwinner) keluarga. Dengan premi per bulan yang relatif lebih terjangkau, PRUIncome Protection menawarkan berbagai manfaat.

Salah satunya adalah manfaat meninggal dunia, yang akan dibayarkan setiap bulan selama 24 bulan (2 tahun) sebagai pengganti pendapatan rutin bagi keluarga yang ditinggalkan. Dengan pilihan premi yang variatif mulai dari Rp300rb/bulan hingga Rp2 juta/bulan, produk ini menawarkan pilihan penggantian pendapatan yang fleksibel hingga Rp42 juta/bulan selama 2 tahun, untuk membantu memenuhi kebutuhan utama keluarga yang ditinggalkan. Apabila Nasabah masih hidup hingga akhir masa pertanggungan, maka seluruh premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada Nasabah.

Ivy Widjaja, Chief Partnership Distribution Prudential Indonesia mengatakan, “Prudential Indonesia selalu berusaha untuk memahami apa yang menjadi kebutuhan dan tantangan bagi para Nasabah kami, termasuk anak muda. Melihat bahwa anak muda Indonesia saat ini dihadapkan dengan tantangan finansial, kami bersama UOB Indonesia berinisiatif menghadirkan PRUIncome Protection, sebuah inovasi untuk menjawab kebutuhan Nasabah akan perlindungan yang lebih komprehensif dengan harga premi yang terjangkau. Hanya dengan membayar premi selama 8 tahun, Nasabah dapat menikmati pertanggungan selama 12 tahun. Inovasi ini merupakan upaya kami untuk selalu hadir mendampingi generasi kini dan nanti, sama seperti kami mendampingi generasi sebelumnya.”

UOB Indonesia menyambut baik sinergi ini karena sejalan dengan kepedulian perusahaan akan perlindungan finansial generasi muda, salah satunya melalui produk asuransi perlindungan jiwa dari Prudential Indonesia. Bea Teh Tan, Consumer Banking Director UOB Indonesia mengungkapkan, “Peluncuran produk PRUIncome Protection menegaskan komitmen UOB Indonesia dalam menghadirkan solusi keuangan yang mudah diakses dan terjangkau bagi masyarakat, khususnya generasi dan keluarga muda. Kemitraan ini mencerminkan visi bersama untuk mendukung Nasabah kami dalam mengelola risiko dengan bijak, serta membangun fondasi keuangan yang kuat untuk masa depan yang lebih baik.”

Prudential Indonesia juga selalu mengedepankan kemudahan bagi Nasabah dalam memperoleh perlindungan diri. Nasabah yang ingin membeli polis PRUIncome Protection akan mendapatkan keuntungan proses underwriting yang mudah, hanya dengan menggunakan pernyataan kesehatan.

Berbekal pengalaman 29 tahun di Tanah Air, Prudential Indonesia selalu mendengarkan, memahami dan memberikan solusi produk perlindungan jiwa maupun kesehatan yang disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah. “Melalui PRUIncome Protection, Prudential Indonesia berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya, yang akan melindungi dan mendampingi keluarga Indonesia melewati setiap fase kehidupannya. Dengan dukungan UOB Indonesia, kami berharap dapat mendukung Nasabah merencanakan masa depan mereka dengan lebih baik sehingga memiliki ketahanan finansial yang kuat,” tutup Ivy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktor Brama Kumbara, Fendy Pradana Dukung Program Jumat Berkah Wartawan.

Jumat, 17 Januari 2025 - 21:25 WIB

Aktor Pemeran Brama Kumbara, Fendy Pradana Dukung Program Jumat Berkah Wartawan

Kehadiran Fendy Pradana memberikan nuansa berbeda bagi program PJBW yang digagas komunitas wartawan ini dalam membagikan 150 boks nasi kepada warga sekitar Babelan dan Tambun Bekasi.

Penandatanganan kerja sama Lippo Group dan PT Pertamina Retail .

Jumat, 17 Januari 2025 - 20:16 WIB

Lippo Group dan PT Pertamina Retail Jalin Kerja Sama Strategis untuk Pengembangan Bisnis

Kerja sama ini mencakup berbagai sektor, termasuk pengelolaan teknologi informasi dan konektivitas untuk SPBU yang dimiliki oleh Lippo Group, serta digitalisasi SPBU yang dikelola oleh Pertamina…

Delegasi SMA Labschool Cibubur disambut hangat di KBRI Washington DC dalam persiapan menuju CMUNCE 2025

Jumat, 17 Januari 2025 - 19:59 WIB

SMA Labschool Cibubur Disambut KBRI Washington DC Sebelum Menuju Kompetisi CMUNCE

Diterima KBRI di Washington DC Amerika Serikat, para siswa mengikuti diskusi produktif sebagai bagian dari persiapan mengikuti kompetisi CMUNCE yang digelar CIRCA.

Kerjasama Santan dan Soft Space

Jumat, 17 Januari 2025 - 19:44 WIB

Santan Gandeng Soft Space Hadirkan Pengalaman Retail dalam Penerbangan yang Lebih Baik

Upgrade yang inovatif telah membuat transaksi menjadi lebih efisien, sehingga memberdayakan para awak kabin AirAsia untuk memberikan layanan dalam penerbangan yang sempurna

PIK 2 Gelar Pelatihan PIK-Craft Class

Jumat, 17 Januari 2025 - 19:32 WIB

Tingkatkan Keterampilan Ibu-Ibu di Teluknaga, PIK 2 Gelar Pelatihan PIK-Craft Class

Pelatihan ini dikhususkan untuk ibu-ibu di kawasan Teluknaga dan bertujuan untuk memberikan keterampilan yang dapat dimanfaatkan secara produktif di waktu luang, sekaligus membuka peluang ekonomi…