Jelajahi Pasar Footwear, A&E Tambah Kapasitas Produksi dan Tenaga Kerja Hingga 2 Kali Lipat

Oleh : Ridwan | Jumat, 10 Januari 2025 - 20:00 WIB

Jajaran direksi dan manajeman A&E dan A&E Indonesia
Jajaran direksi dan manajeman A&E dan A&E Indonesia

INDUSTRY.co.id - Bandung – American & Efird (A&E), produsen benang garmen asal Amerika Serikat secara resmi mengumumkan rencana dan strateginya menjalani tahun fiskal 2025 di Indonesia. 

Adapun, inisiatif stategisnya yaitu meningkatkan kapasitas, memperluas sumber daya, dan memperkuat kemitraan.

Pabrikan benang A&E Indonesia telah hadir sejak tahun 2018 yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Tegah dengan kapasitas produksi mencapai 80 ton per hari atau sekitar 30.000 ton per tahun, dan menyerap 200 tenaga kerja.

“Kami memiliki rencana ekspansi yaitu meningkatkan kapasitas produksi dan tenaga kerja hingga 2 kali lipat. Ini menjadi salah saru rencana investasi kami di tahun 2025,” kata Presiden A&E, Christ Alt di Bandung, Jawa Barat (10/1).

Dirinya menyebut bahwa Indonesia menjadi jaringan produksi dan pasar yang sangat penting bagi perusahaan. 

“Kami telah mengorganisir dan membangun tim disini. Kenapa Indonesia? Ini adalah pasar yang sangat penting, yang telah kami hadapi selama ini,” jelasnya.

Perseroan juga terus mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) profesional dengan melakukan berbagai pelatihan berkelanjutan. 

“Meskipun dilengkapi dengan teknologi tercanggih, perusahaan menyadari bahwa tim kami tetap menjadi aset terbesar. Mereka adalah tenaga profesional, terampil dan unggul dalam peran mereka mempromosikan pengembangan produk yang unik,” ujar Managing Director of South Asia A&E, Angelo Leneage.

Saat ini, lanjut Angelo, A&E akan berfokus pada segmen premium di pasar Indonesia, bekerja sama dengan sejumlah merek ternama, seperti Abercrombie & Fitch, GAP, Victoria’s Secret, dan VF yang merupakan induk usaha dari The North Face, Supreme, hingga Vans.

“Kami percaya bahwa kolaborasi adalah kunci inovasi dan kesuksesan. Oleh karena itu, kami secara aktif berupaya memperkuat kemitraan yang sudah ada dan menjalin aliansi baru dengan para pemimpin industri,” jelasnya.

Sementara itu, President Director A&E Indonesia, Sanjay Chadraratna mengatakan, perusahaan berkomitmen untuk terus mendorong kemitraan yang erat dengan mitra lokal, seperti yang telah dilakukan perusahaan di pasar lainnya. 

“Kami menetapkan status yang terpilih di semua pasar, dan itu yang kami harapkan di Indonesia,” jelas Sanjay.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, tantangan yang dihadapi perusahaan salah satunya adalah kecepatan dalam memasuki pasar Indonesia.

“Kami telah datang terlambat ke pasar ini, tetapi kami berada disini dan kami memiliki perkembangan yang sangat agresif, dari segi kapasitas dan tenaga kerja, untuk tahun kedepannya,” katanya.

Tak hanya memperluas kapasitas produksinya pada tahun 2025, perusahaan yang berorientasi ekspor ini juga akan terus berkembang dengan target penjualan yang ambisius dan membidik industri non-apparel, dalam hal ini footwear.

Senior Sales Manager A&E Indonesia, Janat Permana menyebut bahwa market footwear untuk sepatu sport di Indonesia mencapai 70 juta dola AS per tahun. “Ini angka yang begitu besar. Oleh karena itu, kami akan berfokus juga di industri ini, bahkan kami telah mendirikan divisi khusus untuk pengembangan di industri footwear,” jelas Janat.

Menurutnya, perusahaan telah melakukan pendekatan dengan merek-merek ternama, seperti Nike, Adidas, Hoka, New Balance hingga Converse.

“Kami jauh-jauh hari sudah melalukan pendekatan. Yang sudah pasti kita develop itu dengan Hoka. Dengan yang lainnya tingga tunggu waktu,” ungkapnya.

Janat optimis perusahaan akan membukukan pertumbuhan penjualan yang sangat signifikan di tahun 2025. Bahkan, didirnya percaya diri pertumbuhan penjualan akan naik 3 kali lipat dari tahun 2024.

“Yang jelas dari 2023 ke 2024 penjualan kami naik 97 persen. Di 2025, kami yakin penjualan bisa naik 3 kali lipat dari hasil di tahun 2024. Proyeksinya 30 persen di sumbang dari footwear,” tutup Janat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seremoni peluncuran Emas Tematik Tahun Ular Kayu dari Antam untuk rayakan Imlek 2025.

Jumat, 10 Januari 2025 - 21:24 WIB

Sambut Imlek 2025, ANTAM Hadirkan Emas Tematik Tahun Ular Kayu di Old Shanghai, Jakarta

Emas tematik edisi khusus untuk memperingati Tahun Baru Imlek 2025 dari ANTAM tersedia dalam dua varian menarik: emas batangan dan gift series.

Kepala Bakamla RI bersama delegasi kunjungi China Coast Guard (CCG) di Guangzhou, RTT

Jumat, 10 Januari 2025 - 21:06 WIB

Berikut Dua Agenda Penting Kunjungan Kepala Bakamla RI ke Guangzhou, RRT

Sebagai bagian dari rangkaian High Level Meeting antara Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., dengan China Coast Guard (CCG), Delegasi Bakamla RI melaksanakan dua…

ilustrasi Mata Uang Fiat & Bitcoin

Jumat, 10 Januari 2025 - 17:54 WIB

Pintu Academy: Perbedaan Karakteristik Mata Uang Fiat & Bitcoin

Aset crypto Bitcoin terus mencuri perhatian masyarakat dengan kenaikan harga yang signifikan. Namun masih terdapat miskonsepsi di masyarakat tentang apa perbedaan antara mata uang crypto Bitcoin…

ASPI Wellnes & SPA dan PASTI tanggapi putusan MK

Jumat, 10 Januari 2025 - 17:47 WIB

Industri SPA dan Wellnes Bernafas Lega Dimasukan Kategori Kesehatan

Asosiasi Wellness & Spa Indonesia (Perkumpulan Pengusaha Husada Tirta/Wellness & ASPI) menyambut gembira atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengakui mandi uap/spa sebagai bagian dari…

Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan perhatiannya akan peningkatan kompetensi komunikasi karyawan BUMN dalam hal pemanfaatan teknologi digital dan Artificial Intelligence (AI), dengan menggelar workshop bertema "Navigating the Future of Social Media with AI Technology."

Jumat, 10 Januari 2025 - 17:47 WIB

SIG Mendukung Inisiatif Kementerian BUMN Mewujudkan Asta Cita Melalui Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Berbasis AI

Jakarta– Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan perhatiannya akan peningkatan kompetensi komunikasi karyawan BUMN dalam hal pemanfaatan teknologi digital dan Artificial Intelligence (AI), dengan…